Teknik Dasa Lari Jarak Jauh

 on Friday, February 14, 2014  

Lari jarak 

Lari jarak jauh adalah lari yang menempuh jarak 5.000 meter dan 10.000 meter. Start pada lari jarak jauh menggunakan start berdiri. Seseorang atlet yang melakukan kesalahan dalam melakukan start akan mengalami kerugian waktu. Oleh karena itu konsentrasi dalam melakukan start harus diperhatikan.
1. Teknik Dasar Start Teknik start yang biasa digunakan oleh pelari jarak jauh hampir sama dengan teknik start lari jarak menengah, yaitu start berdiri.
2. . Teknik Dasar Lari
Pada lari jarak jauh diupayakan supaya pelari mampu berlari dengan cepat dan lebih lama. Teknik lari jarak jauh adalah sebagai berikut.

- Proses kaki menapak tanah dimulai dari tumit lalu ke ujung kaki.
- Lutut diangkat tidak terlalu tinggi.
- Lengan diayunkan dengan santai.
- Badan dalam keadaan santai dan agak condong ke depan + 10 – 15 derajat.
- Bernapas dengan wajar dan disesuaikan dengan irama langkah kaki

3. Teknik Melewati Garis Finish
Biasanya sebelum mencapai garis finish, pelari berlari lebih cepat untuk memperebutkan posisi terdepan. Ketika mencapai garis finish pelari menjatuhkan salah satu bahu ke depan, membungkukkan badan atau membusungkan dada


;
Teknik Dasa Lari Jarak Jauh 4.5 5 tati Friday, February 14, 2014 Lari jarak  Lari jarak jauh adalah lari yang menempuh jarak 5.000 meter dan 10.000 meter. Start pada lari jarak jauh menggunakan start ber...


2 comments:

  1. mkasih banyak ya mbak infonya sudah berbagi mengenai lari jarak menengah

    ReplyDelete
  2. untuk para pecinta lari di http://www.sukaoutdoor.com ada banyak variant perlengkapan lari lho

    ReplyDelete

Powered by Blogger.