Apa yang dimaksud dengan kemampuan penjiwaan dalam menari dan apa saja kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang penari?

 on Tuesday, December 2, 2014  

Penjiwaan dalam menari merupakan kemampuan penari dalam menghayati dan mengekpresikan karakter peran dan karakter tari, pada waktu menari. Penjiwaan dalam menari dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah wirasa. Penjiwaan dalam menari dapat dicapai apabila seseorang dalam menari melibatkan passion, yaitu melakukan dengan perasaan senang, bersungguh-sungguh (bersemangat) mencurahkan segala perasaannya dalam kegiatan menari. Menari dengan hati seperti itu, akan menghasilkan penghayatan dan ekspresi karakter peran dan karakter tari yang dapat berkomunikasi dengan penonton.

Kemampuan penjiwaan ini merupakan tanda yang tampak dari diri seseorang sebagai seorang penari yang baik. Koreografi yang indah tidak akan menjadi indah apabila penarinya tidak memiliki keterampilan teknis, tidak memiliki kepekaan musikal dan tidak dapat menjiwai tariannya. Pernyataan ini menunjukkan betapa pentingnya peran penari dalam memperkuat penampilan sebuah tari dan dalam menciptakan keindahan sebuah tari atau dalam sebuah koreografi. Penari mempunyai tugas tidak hanya mengkomunikasikan gagasan dalam tari, namun tugas utamanya adalah memberikan nyawa kepada tari, melalui bahasa tubuhnya dan melalui ekspresinya, sehingga segala pesanyang terkandung dalam tari dapat juga dihayati, dipahami dan dapatdiinterpretasikan oleh penontonnya. Untuk sampai kepada kemampuan penjiwaan dalam menari, ada beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang penari, yaitu :
  1. Memiliki keterampilan teknis gerak , mencakup: kemampuan menghafal urutan gerak, kemampuan olah tubuh, kemampuan mentaati gaya tari dan kelenturan.
  2. Memiliki kepekaan musikal, yaitu kepekaan dalam menyelaraskan ritme gerak tubuh dengan ritme musiknya atau menyelaraskan ritme gerak dengan penari lainnya.
  3. Mampu menghayati dan mengekpresikan karakter peran dan karakter tari.
Di beberapa wilayah budaya di Indonesia kemampuan seorang penari yang baik, dikenal dengan beberapa istilah. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang penari tari gaya Surakarta dan Yogyakarta (Jawa ) dikenal dengan istilah kemampuan wiraga, wirama dan wirasa. Wiraga adalah keterampilan menari, kaitannya dengan penguasaan teknis gerak, wirama adalah kepekaan musikal, dan wirasa adalah penjiwaan penari terhadap karakter peran dan karakter tari.
;
Apa yang dimaksud dengan kemampuan penjiwaan dalam menari dan apa saja kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang penari? 4.5 5 tati Tuesday, December 2, 2014 Penjiwaan dalam menari merupakan kemampuan penari dalam menghayati dan mengekpresikan karakter peran dan karakter tari, pada waktu menari. ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.