Apakah yang dimaksud dengan gaya dan sebutkan jenis jenis gaya?

 on Tuesday, February 18, 2014  

Apakah yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah kemampuan untuk melakukan usaha.
Jenis-jenis Gaya
Gaya tidak dapat dilihat. Kita hanya dapat melihat efek atau akibat dari gaya. Gaya yang bekerja pada suatu benda dapat berupa tarikan dandorongan. Gaya dapat merubah bentuk suatu benda. Gaya dapat mengubah arah benda. Gaya dapat menggerakkan benda yang diam. Gaya dapatmengubah kecepatan gerak benda dan menghentikan benda.

1. Gaya magnet
Magnet adalah bahan yang dapat menarik beberapalogam tertentu. Benda-benda yang terbuat dari besi atau baja dapat ditarik oleh magnet.Gaya magnet merupakan gaya tak sentuh atau gaya tak kontak. Gaya ini dapat bekerja meski tidak bersentuhan.


a. Benda-benda magnetis dan tidak magnetis
Tidak semua benda mengalami gaya magnet. Benda yang menerima gaya magnet dikatakan bersifat magnetis. Benda yang menolak gaya magnetdikatakan bersifat nonmagnetis. Ada benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Ada benda yang ditarik lemah oleh magnet. Ada pula benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Berdasarkan sifat kemagnetannya, benda digolongkan menjadi 3 jenis,
yaitu:

* Feromagnetik, yaitu benda yang memiliki sifat kemagnetan kuat.
* Paramagnetik, yaitu benda yang memiliki sifat kemagnetan lemah.
* Diamagnetik, yaitu benda yang tidak memiliki sifat kemagnetan.

2. Gaya gravitasi
Jika kita melempar bola setinggi-tingginya, bola itu akan kembali ke tanah. Gerakan bola kembali ke tanah disebabkan oleh adanya gaya tarik bumi. Gaya tarik bumi itu disebut gaya gravitasi. Ketika benda jatuh ke bawah dan mengalami gaya gravitasi, benda tersebut membutuhkan energi. Energi yang dikeluarkannya digunakan untuk bergerak menuju ke bawah mengikuti arah tarikan gaya gravitasi. Gaya gravitasi selalu mempengaruhi benda, meskipun benda tersebut mulanya diam dan tanpa energi. Tetapi ketika benda akhirnya bergerak mengikuti gaya gravitasi, maka benda tersebut mengeluarkan energi.




3. Gaya Gesek
Mobil-mobilan yang dijalankan di atas lantai akhirnya akan berhentiAntara ban mobil-mobilan itu dengan lantai terjadigesekan. Gaya gesek inilah yang menghentikan mobil-mobilan.Gaya gesek adalah gaya yang ditimbulkan oleh gesekan antara duapermukaan benda. Gaya gesek yang terjadi pada sebuah benda jugamengakibatkan timbulnya energi. Benda yang bergerak akan membutuhkanenergiUntuk menghentikan juga membutuhkan energi.

;
Apakah yang dimaksud dengan gaya dan sebutkan jenis jenis gaya? 4.5 5 tati Tuesday, February 18, 2014 Apakah yang dimaksud dengan gaya? Gaya adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Jenis-jenis Gaya Gaya tidak dapat dilihat. Kita hanya dapat m...


1 comment:

  1. Makasih artikel tentang gayanya Mba Tati, ini sangat membantu PR anak saya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.