Permainan Bola Basket

 on Sunday, February 2, 2014  

Permainan Bola Basket
Teknik dalam permainan bola basket terdiri atas bermacammacam gerakan. Teknik dasar yang dipelajari di kelas IX inimerupakan materi lanjutan dari kelas VII dan VIII. Adapun teknik dasar yang perlu dipelajari sebagai latihan lanjutan adalah sebagai berikut.
a. Teknik dasar passing dan menangkap bola
Istilah passing mengandung pengertian mengoper bola, sedang menangkap bola berarti menerima bola. Kegiatan menangkap dan melempar bola dapat berlangsung silih berganti secara berpasangan.

Adapun teknik dasar passing dan menangkap bola dapat dilakukan dengan cara sebagai beriku
  1. Melempar dan menangkap bola secara berpasangan dengan gerakan di tempat, maju, mundur dan menyamping.
  2.  Melempar dan menangkap bola dengan formasi berbanjar.
  3. Melempar dan menangkap bola dengan formasi lingkaran, lakukan secara bergantian untuk pemain di tengah
b. Teknik dasar menggiring bola
Menggiring bola merupakan suatu usaha untuk membawa bola menuju ke depan ke daerah lawan. Cara menggiring bola adalah dengan satu tangan dengan tangan kiri atau kanan. Adapun teknik dasar menggiring bola dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
  1.  Menggiring bola dengan gerakan maju mundur dan menyamping ke arah kanan dan kiri yang dilakukan secara bergantian arah.
  2.  Menggiring bola dengan mengikuti teman yang di depannya
  3.  Menggiring bola dengan lari berantai berputar melalui rintangan (zig-zag) dalam bentuk kelompok (menggunakan tangan kanan dan kiri secara bergantian).
c. Teknik dasar menembak bola (shooting)
Keberhasilan suatu regu dalam permainan selalu ditentukan oleh keberhasilan dalam menembak. Dasar-dasar teknik menembak sebenarnya sama dengan teknik lemparan. Jadi jika pemain menguasai teknik passing maka pelaksanaan teknik menembak bagi pemain tersebut sangat mudah dan cepat dilakukan.


Adapun teknik dasar menembak bola dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Menembak bola dengan satu tangan sambil bergerak maju, mundur dan menyamping kemudian lakukan melewati atas tali yang melintang, lakukan secara berpasangan atau kelompok dengan formasi berbanjar.
  2.  Menembak ke arah depan ring basket pada formasi berbanjar dengan menggunakan satu dan dua tangan, lakukan gerakan secara bergantian
  3. Menembak ke arah samping ring basket pada formasi berbanjar dengan menggunakan satu dan dua tangan, lakukan secara bergantian.
d. Teknik dasar lay up shot
Tembakan lay up adalah tembakan yang dilakukan dengan jarak dekat sekali dari ring basket, sehingga seolah-olah bola itu diletakkan ke dalam ring basket, tembakan lay up dapat dilakukandi sebelah kiri dan kanan ring. Seorang pemain yang melakukan lay up dari sisi kanan makamenggunakan tangan kanan dan dari sisi kiri menggunakan tangan kiri. Tolakan kakipun harus berlawanan, jika tolakan dengan kaki kiri maka tembakan oleh tangan kanan dan sebaliknya.

Adapun teknik dasar layup dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  1. Melakukan lay up dari posisi melangkah, dilanjutkan dua langkah sambil memegang bola, lakukan gerakan secara berpasangan dan bergantian.
  2. Melakukan lay up dari arah depan dan samping ring basket, lakukan secara berpasangan atau kelompok dan secara bergantian
;
Permainan Bola Basket 4.5 5 tati Sunday, February 2, 2014 Permainan Bola Basket Teknik dalam permainan bola basket terdiri atas bermacammacam gerakan. Teknik dasar yang dipelajari di kelas IX inime...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.