Sebutkan Faktor-faktor Penyebab Perubahan Suatu Benda?

 on Tuesday, February 18, 2014  

Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda
Suatu benda dapat mengalami perubahan. Ada yang berubah bentuknya. Ada yang berubah warnanya. Ada juga yang berubah kekerasannya.
Beberapa faktor tersebut adalah pemanasan, pendinginan, pembakaran, dan pencampuran

1.pemanasan
lilin akan mencairKetika dipanaskan, . Pemanasan akan mengubah wujud lilin dari padat menjadi cair. Perubahan itu hanya berlangsung sementara. Ketika didinginkan, lelehan lilin tadi akan memadat kembali.Es batu yang didiamkan di udara terbuka akan mencair. Es batu dapat menyerap panas dari sekelilingnya sehingga mencair. Pemanasan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Benda padat dapat berubah menjadi cair. Benda cair dapat berubah menjadi gas

2. Pendinginan
bila air disimpan di dalam freezer Air akan membeku dan berubah menjadi es batu. Uap air yang mengalami pendinginan dapat berubah menjadi titik-titik air kembali.
Pendinginan menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Air berubah menjadi es. Uap air berubah kembali menjadi air. Air dapat berada dalam tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Perubahan wujud dari es - air - uap air - air - kembali lagi ke es adalah perubahan wujud bolak-balik.




3. Pembakaran
setelah dibakar? Kertas yang semula berwarna putih menjadi hitam. Kertas yang tadinya dapat ditulisi dan dilipatlipat menjadi hancur seperti debu. Akibatnya, kertas tidak dapat lagi digunakan. Bau kertas juga berbeda dengan bau abu. Demikian juga dengan karet yang dibakar. Ketika dibakar, warna karet berubah menjadi hitam. Sifatnya yang lentur juga berubah menjadi keras. Dari pembakaran itu juga timbul bau menyengat.

4. Pencampuran

campuran tepung kanji dan air  Semula, tepung kanji berwarna putih, kering, dan berupa butiran
halus. Setelah dicampur air dan dimasak, campuran itu akan menjadi bubur dan lengket. Jika tidak terlalu kental, campuran bubur itu dapat dimakan. Campuran itu juga dapat dimanfaatkan sebagai lem.


;
Sebutkan Faktor-faktor Penyebab Perubahan Suatu Benda? 4.5 5 tati Tuesday, February 18, 2014 Faktor-faktor Penyebab Perubahan Benda Suatu benda dapat mengalami perubahan. Ada yang berubah bentuknya. Ada yang berubah warnanya. Ada jug...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.