TEKNIK LEMPAR CAKRAM DAN LEMPAR LEMBING

 on Saturday, February 22, 2014  

 TEKNIK LEMPAR CAKRAM
Lempar cakram dengan awalan memutar adalah suatu gerakan melempar cakram yang dilakukan dengan memutar badan 1,5 lingkaran. Cakram adalah suatu alat yang terbuat dari kayu atau
bahan lain dengan pinggiran dari logam. Cakram berbentuk bulat pipih dan cembung ke tengah. Tepi cakram dibuat membulat.mBerat cakram adalah 1 kg untuk putri dan 2 kg untuk putra.

1. Teknik Memegang Cakram
Cara memegang cakram adalah sebagai berikut.
- Renggangkan jari-jari dengan jarak yang sama antara jari satu dengan yang lain.
- Letakkan tepi cakram pada lekuk pertama dari jari-jari. Telapak tangan agak dicekungkan.
- Setelah cakram dapat dipegang dengan baik, turunkan di samping badan dengan lengan lurus

2. Teknik Melempar Cakram
Teknik melempar cakram dengan awalan memutar adalah sebagai berikut.
- Berdiri tegak membelakangi arah lemparan.
- Kaki kiri lurus ke belakang sedangkan lutut kaki kanan agak ditekuk, badan agak condong ke depan.

- Tangan yang membawa cakram di samping badan dengan tangan lurus ke bawah, sedangkan tangan satunya ditekuk di depan badan.
- Selanjutnya cakram diayun-ayunkan ke depan dan ke belakang sambil memutar badan ke kiri dan ke kanan untuk mengatur konsentrasi melempar.

- Tanpa berhenti dari posisi awalan, pada saat cakram berada di belakang, secepatnya badan diputar ke depan (ke arah lemparan) dan bersamaan dengan itu tangan yang memegang cakram di belakang diayunkan ke depan.

- Cakram dilemparkan pada saat posisi tangan berada di depan wajah dalam keadaan lurus ke arah atas dan badan dilonjakkan ke atas depan.

- Setelah cakram dilepas, ikuti dengan kaki kanan ke depan dan kaki kiri diangkat di belakang sebagai gerak lanjutan untuk menjaga keseimbangan dan agar tidak keluar lingkaran lapangan cakram.


TEKNIK LEMPAR LEMBING
Lempar lembing merupakan permainan yang dilakuka dengan menggunakan lembing yang harus  didaratkan pada sektor yang telah diberi tanda. Lembing terbuat dari kayu atau logam yang berbentuk panjang dan pada ujungnya dipasang mata lembing yang runcing agar saat dilemparkan bisa menancap ke tanah.

1. Teknik Memegang Lembing
Ada tiga cara memegang lembing yaitu cara Amerika, cara Finlandia, dan cara menjepit (tang):

2. Teknik Membawa Lembing
Ada 3 cara membawa lembing pada saat melakukan awalan dengan menggunakan gaya langkah silang, yaitu membawa lembing di bawah, membawa lembing di atas bahu, dan membawa lembing di depan dada.

3. Teknik Melempar Lembing dengan Langkah Silang Cara melempar lembing dengan langkah silang adalah sebagai berikut.

- Larilah secepatnya dengan membawa lembing di atas bahu atau di depan dada.

- Satu langkah sebelum melakukan langkah silang, lembing diturunkan sehingga posisi tangan lurus.

- Ketika kaki kanan melangkah silang di depan kaki kiri tangan yang memegang lembing ditarik ke belakang lurus dan kencang.

- Badan diputar miring ke kanan pada saat kaki kanan menapak tanah, selanjutnya kaki kiri melangkah ke depan dan badan diputar ke kiri dengan posisi condong ke belakang. Tangan yang memegang lembing lurus ke belakang dengan mata lembing serong ke atas di samping kepala.

- Bersamaan dengan itu lembing dilempar sekuat-kuatnya ke atas depan dibantu dengan lonjakan badan ke atas depan dan tolakan kaki kanan.

- Setelah lembing dilempar kaki kanan ditapakkan dan kaki kiri menggantung di belakang untuk menjaga keseimbangan.


;
TEKNIK LEMPAR CAKRAM DAN LEMPAR LEMBING 4.5 5 tati Saturday, February 22, 2014  TEKNIK LEMPAR CAKRAM Lempar cakram dengan awalan memutar adalah suatu gerakan melempar cakram yang dilakukan dengan memutar badan 1,5 ling...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.