jelaskan apa saja perlengkapan pribadi yangwajib dibawa untuk berkemah?

 on Saturday, June 14, 2014  

Perlengkapan Berkemah
Perlengkapan berkemah meliputi perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok. Perlengkapan pribadi adalah segala keperluan yang dibutuhkan diri sendiri selama berkemah. Sedangkan perlengkapan kelompok adalah segala keperluan yang dibutuhkan secara kelompok.

a. Perlengkapan pribadi
Hendaknya kita harus betul-betul teliti dalam mempersiapkan perlengkapan pribadi. Prinsip yang harus diterapkan dalam mempersiapkan perlengkapan pribadi adalah lengkap, praktis dan
ringan. Jadi semua perlengkapan harus mempertimbangkan manfaat dan tingkat kesulitan dalam kita membawanya. Ada beberapa perlengkapan pribadi yang pada umumnya sering kita butuhkan dalam kegiatan perkemahan, yaitu:

1) Ransel
Ransel adalah alat yang dipergunakan untuk membawa keperluan selama kegiatan perkemahan. Ransel yang baik adalah berbahan kuat dan ringan serta tidak mudah basah (tahan air).

2) Pakaian perjalanan
Pakaian perjalanan sebaiknya juga menggunakan bahan yang kuat, tidak mudah basah dan mudah kering. Jangan menggunakan pakaian yang berat dan mudah basah, misalnya pakaian jeans,
karena kain jeans bila basah akan semakin berat dan lama keringnya. Pakaian juga tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.

3) Sepatu dan kaos kaki
Sepatu yang baik adalah terbuat dari kulit, karena tidak mudah sobek dan melindungi kaki secara maksimal. Diusahakan menggunakan sepatu yang sampai menutup mata kaki. Bagian
bawah sepatu harus kuat dan bisa mencengkeram ke segala arah agar tidak menggangu mobilitas selama kegiatan perkemahan. Kaos kaki juga diusahakan yang berbahan tebal dan menyerap
keringat. Ini berguna untuk menjaga suhu tubuh saat kita kedinginan di alam bebas

4) Jaket (baju hangat)
Jaket ini sangat berguna ketika kita kedinginan. Dianjurkan menggunakan jaket dengan bahan berlapis, yaitu kain nilon di bagian luar dan kain wol (tebal) di bagian dalam. Serta disertai penutup kepala (ponco).

5) Sleeping bag (kantung tidur) dan matras (alas tidur)
Peralatan ini berguna ketika kita tidur, supaya kita bisa beristirahat dengan baik dan untuk menahan udara yang dingin.

6) Jas hujan
Jas hujan sangat dibutuhkan ketika kegiatan perkemahan dilakukan pada musim penghujan. Tetapi pada musim kemarau juga bisa dipergunakan untuk melapisi tenda bagian luar pada waktu malam hari agar embun tidak meresap ke dalam tenda.

7) Pakaian cadangan
Bawalah pakaian cadangan secukupnya saja, sesuaikan denganlamanya waktu berkemah. Dianjurkan untuk memasukkan pakaian cadangan ke dalam kantung plastik terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam ransel.

8) Peralatan mandi
Bawalah peralatan mandi seperlunya saja, yaitu sabun mandi, shampo, sikat gigi, pasta gigi dan handuk. Sebaiknya untuk meminimalkan penggunaan sabun dan pasta gigi untuk menghindari pencemaran lingkungan.

9) Peralatan makan
Peralatan makan yang kita bawa juga seperlunya saja, yaitu piring, sendok dan gelas

10) Lampu senter
Dipergunakan ketika kegiatan pada malam hari sebagai alat penerangan dan memberikan isyarat.
 

11) Peluit
Berguna untuk alat komunikasi dan untuk memberikan isyarat.
 

12) Topi rimba
Yaitu topi yang terbuat dari kain dan mempunyai tepi yang lebar di sekelilingnya.
 

13) Korek api
Berguna untuk menyalakan kompor ketika akan memasak dan menyalakan lilin atau lentera pada malam hari.
 

14) Obat-obatan pribadi
Obat-obatan ini biasanya dibawa oleh peserta yang mempunyai penyakit spesifik, misalnya asma.
 

15) Alat tulis
Dipergunakan ketika ada kegiatan yang berhubungan dengan tulis menulis
;
jelaskan apa saja perlengkapan pribadi yangwajib dibawa untuk berkemah? 4.5 5 tati Saturday, June 14, 2014 Perlengkapan Berkemah Perlengkapan berkemah meliputi perlengkapan pribadi dan perlengkapan kelompok. Perlengkapan pribadi adalah segala kepe...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.