Bagaimana cara Membuat Karya Seni Kriya Tekstil?

 on Thursday, August 28, 2014  

Kreativitas seni tidak terbatas pada kreasi menggambar atau melukis saja. Berbagai cara dan bentuk dapat dimunculkan menjadi sebuah karya seni.  Kreasi yang dibuat dengan menggunakan jalinan benang disebut makrame. Makrame berasal dari bahasa Turki, yaitu makrama yang berarti rumbai-rumbai atau miqrama yang berarti penyelesaian (penyempurnaan) garapan benda dan selubung muka dengan simpul. Makrame merupakan teknik kerajinan klasik dengan ciri utama menampilkan bentuk-bentuk simpul dari jalinan tali atau benang. Dalam perkembangannya marame digunakan juga untuk membuat bendabenda fungsional dan benda hias yang memiliki nilai seni dan kreasi yang sangat
indah. Ragam simpul juga mengalami perubahan dan perkembangan sejalan dengan beragamnya jenis-jenis tali yang ada. Selain itu dalam pembuatannya, makrame juga memanfaaatkan bentuk-bentuk monte, manik-manik, gelang plastik, atau model kombinasi lainnya.

1. Alat dan Bahan Membuat Makrame
Untuk membuat makrame diperlukan alat dan bahan yang cukup beragam, yaitu sebagai berikut.
a. Alat
Peralatan yang digunakan untuk membuat makrame antara lain gunting, cutter, alat penyimpul (coban), meteran kain, jarum T, dan kaitan tali (gesper, tongkat, dan kayu)

b. Bahan
Bahan utama untuk membuat makrame adalah tali yang memiliki sifat lentur, padat/ kenyal, dan kuat. Jenis tali tersebut bisa berasal dari bahan alami atau dari bahan buatan (sintetis). Tali dari bahan alami dapat dibuat dari serat-serat tumbuhan seperti serat kulit pohon, serat sabut kelapa, dan serat rami (karung goni). Adapun tali buatan atau imitasi adalah jenis tali hasil olahan pabrik. Jenis tali ini diperdagangkan dalam berbagai warna dan ukuran. Contoh tali ini adalah tali plastik, tali nylon, tali rafia, tali koor, tali sepatu, sumbu kompor, dan benang wol.

2. Macam-macam Bentuk Simpul
Dalam membuat makrame, ada beberapa simpul yang digunakan, yaitu simpul awal, simpul dasar, simpul kombinasi, dan simpul mati.
a. Simpul Awal
Simpul awal dilakukan dengan cara mengikatkan tali yang digunakan pada alat pembantu, misalnya tongkat, gelang, atau gesper.

b. Simpul Dasar
Simpul dasar merupakan kelanjutan dari simpul awal yang diikuti dengan simpul sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Bentuk simpul dasar terdiri atas simpul persegi dan simpul kait setengah atau simpul pipih ganda.

c. Simpul Kombinasi
Simpul kombinasi merupakan perkembangan dari simpul dasar. Di antara simpul ini adalah simpul kait mendatar dan tegak, simpul kait mendatar dan miring, simpul kait mendatar ganda, serta simpul
kait dan persegi miring.

d. Simpul Mati
Simpul ini berbentuk jalinan tali yang
dibuat pada akhir pembuatan simpul atau makrame dengan cara melingkarkan
ujung-ujung tali dan mengancingkannya agar tidak lepas dan kendur.

3. Langkah-Langkah Pembuatan
Untuk membuat makrame, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti. Pertama, persiapkan rancangan atau contoh bentuk makrame yang akan dibuat, termasuk mempelajari simpul-simpul yang digunakan. Pada tahap ini, kamu juga harus menentukan bahan tali yang akan digunakan beserta bahan pembantu dan alat-alat kerja yang dibutuhkan. Kedua, ikuti cara-cara membuat makrame dari
sumber yang kamu pilih yang dimulai dari pemasangan atau pembuatan simpul awal pada tali atau alat bantu. Hal tersebut dilanjutkan dengan menyimpulkan tali-tali secara bertahap sesuai dengan contoh yang diberikan. Buatlah bentuk simpul yang rapi menurut arah, warna rangkaian, dan jarak antarsimpul yang dibuat. Langkah ini diakhiri dengan simpul mati dan diikat. Makrame yang telah kita buat dirapikan dengan memotong kelebihan tali yang masih ada.

Praktik Membuat Sabuk
Pada bagian ini kamu akan mencoba untuk membuat sabuk makrame.
a. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan adalah sebagai berikut.
• Tongkat kayu ukuran panjang 20–25 cm, diameter 2 cm sebanyak 1 buah
• Tali koor dengan panjang 3 meter sebanyak 12 potong dengan warna sesuai dengan keinginan.

b. Langkah kerja
Berikut ini langkah-langkah untuk membuat sabuk.
• Tali dipasang pada sepotong tongkat dengan menggunakan simpul awal.
• Setelah dikencangkan, tali disimpul menggunakan simpul kombinasi.
• Selanjutnya, ujung tali dibentuk simpul sesuai kreasi yang diinginkan .
• Untuk mengakhiri pembuatan sabuk dilakukan dengan cara ujung tali disimpul mati.
• Tambahkan gesper atau pelengkap sabuk.
• Jadilah sabuk makrame.
;
Bagaimana cara Membuat Karya Seni Kriya Tekstil? 4.5 5 tati Thursday, August 28, 2014 Kreativitas seni tidak terbatas pada kreasi menggambar atau melukis saja. Berbagai cara dan bentuk dapat dimunculkan menjadi sebuah karya se...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.