Bagaimana cara untuk mendapatkan informasi secara lisan?

 on Tuesday, August 26, 2014  

Informasi dapat kita peroleh melalui berbagai cara, baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan informasi secara lisan yaitu melalui kegiatan menyimak dialog interaktif. Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon.

Ada pun narasumber yang dipilih adalah orang tahu yang persis tentang informasi yang ingin disampaikan. Selain itu, kita juga dapat memperoleh informasi dengan bertindak sebagai pihak yang pasif, yaitu mendengarkan dengan saksama suatu kegiatan dialog interaktif yang dilakukan oleh orang lain.

Dari kegiatan mendengarkan tersebut kalian dapat mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan
isi dialog yang kita dengarkan itu. Sama halnya dengan berita, dalam dialog interaktif kita juga harus menerapkan prinsip 5W + 1H berikut ini.

what   : apa yang didialogkan
who    : siapa yang berdialog
when  : kapan dialog dilakukan
where : di mana dialog dilakukan
why    : mengapa dialog dilakukan
how    : bagaimana hasil dialog tersebut
;
Bagaimana cara untuk mendapatkan informasi secara lisan? 4.5 5 tati Tuesday, August 26, 2014 Informasi dapat kita peroleh melalui berbagai cara, baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendapat...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.