Cara mengunakan Alat Ukur Presisi Rendah mistar baja ?

 on Saturday, May 2, 2015  

Alat Ukur Presisi Rendah
1. Mistar Baja
Jenis alat ukur panjang ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk mengukur jarak yang relatif pendek dan alat ukur ini merupakan alat ukur linier langsung yang paling sederhana karena hasil pengukurannya dapat dibaca langsung pada bagian penunjuk ukuran (skala) alat ukur tersebut, secara umum panjang mistar baja yang banyak dipakai berukuran 150 mm hingga 300 mm. Skala yang dicantumkan adalah dalam satuan metrik dan inci, dengan skala metrik terkecil dari mistar adalah 1 mm (0.1 cm) dengan ketelitiannya 0.5 mm (0.05 cm). Pada skala inci tercantum dalam pecahan dan persepuluhan misalnya 1/64, 1/32, 1/16, dan 1/8 inci. Pada persepuluhan dapat dibaca ukuran yang lebih kecil dari1/64 inci, karena mistar jenis ini memiliki ketelitian 0.10 inci, Adapun penggunaan dari mistar baja adalah mengukur jarak, memeriksa kerataan permukaan benda kerja, dan melukis garis lurus (sebagai penggaris).

Mistar baja terbuat dari baja tahan karat atau baja perkakas


Cara menggunakan mistar baja
  1. Rapatkan benda ukur pada landasan tumpuan /balok landas
  2. Letakan mistar baja di atas benda ukur, letakan titik nol atau ujung mistar bertumpu pada balok landas.
  3. Baca dimensi/ukuran panjang benda ukur.



Mistar baja fungsinya selain untuk mengukur dapat pula digunakan untuk memeriksa permukaan material/benda kerja seperti pada contoh gambar berikut ini.



Roll meter tersedia dalam ukuran 3 meter sampai 50 meter. Pengukuran dengan roll meter memiliki ketelitian rendah, yaitu 1 mm.
;
Cara mengunakan Alat Ukur Presisi Rendah mistar baja ? 4.5 5 tati Saturday, May 2, 2015 Alat Ukur Presisi Rendah 1. Mistar Baja Jenis alat ukur panjang ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk mengukur jar...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.