Jelaskan tentang macam-macam Bahan bakar?

 on Friday, May 1, 2015  

Bahan bakar
Bahan bakar merupakan sumber energy yang dipakai pada berbagai motor bakar, baik motor pembakaran dalam maupun pembakaran luar. Ditinjau dari wujudnya ada bahan bakar padat, bahan bakar cair dan bahan bakar gas.

Bahan bakar padat dipakai pada motor pembakaran luar, seperti mesin uap, dapur baja, dan dapur tinggi. Bahan bakar padat misalnya arang kayu, arang kokas dan batu bara. Bahan bakar cair dan gas banyak dipakai pada motor pembakaran dalam seperti motor bensin, motor diesel dan motor pancar gas.

1) Bensin
Nilai pembakaran bensin 10.000 kkal artinya bila 1 kg bensin terbakar sempurna akan menghasilkan kurang lebih 10.000 kalori. Bensin mudah menguap pada suhu biasa, tidak berwarna, jernih dan berbau merangsang, titik nyala rendah, berat jenis rendah (0,60 – 0,78), melarutkan minyak dan karet, menghasilkan panas yang tinggi (9.500–10.500 kkal/kg)dan meninggalkan sedikit sisa karbon (sisa pembakaran).

2) Solar
Bahan bakar ini diperoleh dengan mendestilasi minyak tanah kasar, setelah dikeluarkan ligroline, bensin dan kerosin selanjutnya bahan bakar solar.Nilai bakarnya + 9000 kkla/kg bahan bakar, sangat cocok untuk bahan bakar motor diesel.
Bahan bakar bensin, solar dan minyak bakar termasuk minyak mineral.Minyak mineral terdapat di bumi sehingga disebut minyak bumi, yang dipergunakan untuk motor, seperti bensol, bensin, petroleum (minyak tanah) minyak gas, dan minyak diesel.

3) Bahan bakar gas
Bahan bakar gas banyak dipergunakan untuk keperluan rumah tangga dan industry.
1) Gas dari sumber minyak
Bahan bakar ini disebut gas bumi, nilai bakarnya 6500 kkal/m3, baik digunakan sebagai bahan bakar motor gas.

2) Gas air
Merupakan campuran dari monoksida arang (CO), dioksida arang (CO2) dan air(H2). Gas Air diperoleh dari uap air yang dialirkan melalui kokas yang menyala dan mempunyai suhu 1200°C sampai 1600°C.

3) Gas generator
Didapat dari pembakaran kokas didalam dapur generator, mempunyai nilai bakar 700 -1.000 kkal/m3.

;
Jelaskan tentang macam-macam Bahan bakar? 4.5 5 tati Friday, May 1, 2015 Bahan bakar Bahan bakar merupakan sumber energy yang dipakai pada berbagai motor bakar, baik motor pembakaran dalam maupun pembakaran luar....


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.