Jelaskan alat ukur Mikrometer?

 on Saturday, May 2, 2015  

Mikrometer
Adalah alat ukur linier yang mempunyai ketelitian atau kecermatan yang lebih tinggi, lebih presisi daripada jangka sorong, komponen terpenting dari mikrometer adalah ulir utama. Dengan memutar silinder putar satu kali putaran, maka poros ukur akan bergerak secara linier sepanjang satu kisar sesuai dengan kisar dari ulir utama (umumnya memiliki kisar 0.5 mm). Pada mikrometer umumnya jarak gerak dari poros ukurannya dibuat sampai 25 mm, yang bertujuan untuk membatasi kesalahan kumulatif kisar. Mikrometer luar biasanya mempunyai kapasitas ukur :
  •  0 – 25 
  •  25 – 50 mm
  • 0 – 75 mm
  • 5 – 100 mm dan bahkan sampai 100 mm.


Mikrometer memilki beberapa jenis yaitu mikrometer luar, mikrometer dalam, mikrometer kedalaman, dan mikrometer ulir. Skala pada mikrometer dibuat dalam satuan metrik dan inci. Mikrometer dilengkapi skala vernier (nonius) yang dapat mengukur dengan ketelitian sampai 0.001 mm. bahkan sampai 0.0005 mm dan dengan skala inci sampai ketelitian 0.0001 inci.


Cara membaca mikrometer metrik
Tiap garis diatas garis indeks pada tabung skala utama (sleeve) bagian atas melambangkan 1 mm dan tiap garis dibawah garis indeks melambangkan pembagian tiap 0.5 mm. Pada tabung putar (thimble) terdapat 50 garis dan setiap garis melambangkan 0.01 mm. Contoh pada gambar berikut, pembacaan ukuran adalah 8.90 mm

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mikrometer adalah :
1. Permukaan benda ukur dan landasan ukur harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran
     yang menempel.
2. Sebelum dipakai kedudukan nol dari mikrometer harus diperiksa.
3. Masukkan benda ukur ke mulut ukur dengan perlahan-lahan.
4. Pada saat mengukur penekanannya jangan terlalu keras yang dapat menyebabkan kesalahan
    ukur akibat adanya deformasi dari benda ukur atau dari alat ukurnya.

Mikrometer luar ketelitian 0,01
Ulir dari mikrometer standar mempunyai pitch sebesar 0,05 mm dan keliling bidal dibagi atas 50 bagian yang sama, maka perubahan satu bagian pada graduasi bidal menyebabkan perpindahan poros pengukur bergerak sebesar 0.01 mm (0.5 x 1/50)= 0,01. Atau dengan cara lain, jika ulir dari mikrometer standar tidak dapat diketahuinya : pada tabung putar terdapat garisgaris ukur yang banyaknya 50 buah. Jika tabung putar 1 kali (dari 0 sampai dengan angka 0 lagi), maka poros geser akan bergerak 0.05 mm. Oleh karena itu tabung diputar dibagi dalam 50 bagian, maka 1 bagian jaraknya 0.5 : 50 = 0.01 mm langkah poros geser

Mikrometer luar ketelitian 0.001 mm.Mikrometer standar dengan skala vernier padaselubungnya dapat dibaca sampai 0.001 mm. Padamikrometer ini pembacaan sampai 0.001 mm, dilakukan pada bidal seperti halnya pada mikrometer dengan ketelitian 0.01 mm, hanya disini ada verniernya yang segaris dengan graduasi bidal dan kalikanlah nilai pembacaan tersebut  dengan 0.001 mm.


Mikrometer dalam tiga kaki (Holtest, Triobor)
Mikrometer dalam tiga kaki untuk mengukur diameter dalam cermat, karena kedudukan mikrometer selalu tetap ditengah lingkaran.






Mikrometer Kedalaman(Depth mikrometer)
Mikrometer kedalaman untuk mengukur kedalaman suatu lubang atau permukaan bertingkat. Batang ukur dapat diganti untuk mengubah kapasitas ukur.

;
Jelaskan alat ukur Mikrometer? 4.5 5 tati Saturday, May 2, 2015 Mikrometer Adalah alat ukur linier yang mempunyai ketelitian atau kecermatan yang lebih tinggi, lebih presisi daripada jangka sorong, kompon...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.