jelaskan Bahan Isolasi sebagai bahan non logam alami?

 on Friday, May 1, 2015  

Bahan Isolasi
Merupakan bahan yang menyekat, artinya yang tidak menghantarkan. Terdapat bahan penyekat listrik, penyekat suara, penyekat getaran, penyekat panas, penyekat bangunan, dan bahan penyekat konstruksi bangunan mesin.
1) Bahan penyekat listrik
Harus tahan terhadap tegangan, arus listrik dan tidak menghantarkan listrik, walaupun lembabnya udara dan buruknya keadaan suhu. Bahan-bahan penyekat listrik yaitu
  1.  Mika, berwarna bening dan tidak bisa terbakar, dipakai pada alat pemanas, kondensator dan elemen pemanas setrika
  2. Asbes, dipakai pada oven listrik
  3. Keramik yaitu porselen dan steatif, dipakai sebagai isolator, Steatif yang dipres kemudian dibakar sebagai bahan isolasi alat pemanas, setrika, solder, sakelar dan busi motor.
  4.  Kaca, dipakai pada lampu dan pipa
  5.  Lak isolasi, dipakai pada kawat
  6. Tekstil dan kertas yang diintegrasikan/prespan, digunakan sebagai isolasi alur; Kain lena dan blacu untuk menggulung lilitan motor, dynamo, travo, kawat dan kabel. Kain sutera digunakan untuk lilitan kecil, kawat halus dan isolator listrik.
  7. Kertas isolasi, kertas dicelup dalam paraffin dipakai sebagai penyekat kondensator, jika menggunakan kertas prespan untuk membuat lilitan sebagai bahan isolasi stator dan transformator.
  8. Tekstil isolasi, dipakai sebagai kumpar
  9. Polietin, polivinil khlorida, polisterin dan karet, dipakai pada kawat dan kabel
  10. Formaldehida, dipakai sebagai bahan penghubung

2) Bahan penyekat suara
Harus sedikit mungkin dapat ditembus suara dan bahan ini sangat penting dalam konstruksi bangunan kapal.Zat penyekat suara yang paling baik ialah udara dinding. Sifat ini digunakan pada konstruksi dinding berganda yaitu terdiri dari dua dinding terpisah sama sekali. Bahan penyekat suara yang lain adalah pelat serat kayu, pelat kumparan lunak (soft brand plate), dan pelat jerami.

3) Bahan penyekat getaran
Harus dapat meredam getaran dalam konstruksi bangunan-bangunan mesin dan kendaraan.Bahan penyekat getaran yang terpenting adalah kulit dan karet.

4) Bahan penyekat panas
Bahan ini tidak boleh menghantarkan panas dari konstruksi bangunan gedung dan konstruksi bangunan mesin.Bahan penyekat panas harus memenuhi syarat koefisien panas harus rendah, daya tahan lembabnya baik, daya tahan suhu yang tinggi, dan masa jenis yang rendah.Bahan isolasi panas diantaranya:
  1. Tembaga dan aluminium, dapat memantulkan panas kembali dengan sempurna, dipakai sebagai isolasi pancaran panas pada motor bensin dan motor diesel.
  2.  Wol terak dan wol kaca, tidak tahan getaran, koefisien daya hantar rendah, dipakai untuk plat dan cetakan.
  3. ) Tanah kersik, koefisien daya hantar rendah, dicampur dengan serat asbes untuk pelat dan cetakan.

5) Bahan penyekat bangunan
Udara diam mempunyai koefisien daya hantar yang paling rendah yaitu 0,02 J/det 0Cm. Konstruksi dinding berlapis dimana udara diam terdapat suara yang baik, juga bekerja sebagai isolasi panas yang sempurna. Bahan penyekat panas yang lain ialah, kayu, pelat serat kayu, pelat gabus, pelat damar buatan, pelat beton batu apung, pelat semen asbes, dan kertas yang dipreparasikan.

;
jelaskan Bahan Isolasi sebagai bahan non logam alami? 4.5 5 tati Friday, May 1, 2015 Bahan Isolasi Merupakan bahan yang menyekat, artinya yang tidak menghantarkan. Terdapat bahan penyekat listrik, penyekat suara, penyekat get...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.