Jelaskan pengertian Pressure gauge dalam bidang teknik?

 on Saturday, May 2, 2015  

Pressure gauge
Bagi orang yang awam dengan bidang teknik, maka istilah pressure gauge bisa jadi adalah sebuah istilah yang sangat asing di telinga mereka. Pressure gauge sendiri merupakan sebuah alat yang dapat digunakan sebagai penanda besarnya tekanan fulida yang terdapat dalam sebuah alat proses atau perpipaan. Banyak orang yang berposisi sebagai pengawas atau petugas pengecekan menggunakan pressure gauge saat melakukan penelitian terhadap kerja dari alat-alat industri. Pressure gauge dapat memantau apakah alat-alat tersebut dapat bekerja sesuai dengan kapasitasnya atau apakah suhu yang diperlukan dalam proses kerja telah sesuai atau belum.

Kelebihan dari pressure gauge adalah alat ini juga dilengkapi dengan batasan minimum dan maksimum. Hal ini tentu saja sangat membantu operator dalam memantau besarnya tekanan operasi apakah masih dalam keadaan yang normal atau malah dalam kondisi yang tidak normal karena melampaui batas-batas tersebut

Banyak sekali contoh dari pengunaan dari pressure gauge ini.Hal ini dikarenakan luasnya cakupan bidang industri yang menggunakan alat ini, sebagai contoh dalam industri seperti perminyakan, semikonduktor, bioteknologi, HVAC, atau bahkan industri seperti pengolahan makanan dan farmasi. Sebagai contoh penggunaannya di industri pengolahan makanan, pressure gauge ini bisa sangat berguna dalam hal pengukuran tekanan yang cocok sehingga makanan dapat diolah menjadi lebih awet. Dalam industri farmasi, pressure gauge ini juga dapat digunakan dalam proses sanitasi atau proses aplikasi cairan yang baik. Cakupan penggunaan yang cukup banyak terdapat pada bidang industri kilang minyak, dimana pressure gauge dapat sangat membantu dalam pengukuran variasi pada suhu daerah, ataupun dalah hal-hal seperti media korosif, atmosfer korosif, getaran, dan tekanan denyut.

Satuan dari alat ukur tekanan ini berupa psi (pound per square inch), psf (pound per square foot), mmHg (millimeter of mercury), inHg (inch of mercury), bar, atm (atmosphere), N/m2 (pascal).

Pembagian tekanan :
  1. Absolute Pressure yaitu tekanan yang dihitung berdasarkan tekanan referensi 1 atm. Besaran tekanan absolute lebih dikenal dengan PSIA. (PSIA = PSIG + Patm).
  2. Gauge pressure yaitu tekanan positif terhadap tekanan referensi 1 atm, yang berarti tekanan ini lebih besar dari 1 atm. Besaran tekanan gauge lebih dikenal dengan PSIG. Dalam kondisi ini maka PSIG > 1 atm.
  3.  Vaccum pressure yaitu tekanan negatif terhadap tekanan atmosfir atau bisa juga dikatakan tekanan vaccum ini berada dibawah tekanan atmosfir sehingga bernilai negatif. PSIA < 1 atm.
  4. Hydrostatic pressure adalah tekanan yang terjadi di bawah air. Tekanan ini terjadi karena adanya berat air yang membuat cairan tersebut mengeluarkan tekanan. Tekanan sebuah cairan bergantung pada kedalaman cairan di dalam sebuah ruang dan gravitasi juga menentukan tekanan air tersebut. Hubungan ini dirumuskan sebagai P = ρgh, dimana ρ adalah masa jenis cairan, g (10 m/s2) adalah gravitasi, dan h adalah kedalaman cairan.
  5. Differential pressure yaitu tekanan yang diukur terhadap tekanan lain. Besarannya PSID.
;
Jelaskan pengertian Pressure gauge dalam bidang teknik? 4.5 5 tati Saturday, May 2, 2015 Pressure gauge Bagi orang yang awam dengan bidang teknik, maka istilah pressure gauge bisa jadi adalah sebuah istilah yang sangat asing d...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.