Apa Flora yang dilindungi berdasarkan jenisnya?

 on Wednesday, February 18, 2015  

 Jenis-jenis flora/ tumbuhan yang dilindungi di Indonesia tertuang dalam Lampiran Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Dalam peraturan tersebut terdapat 58 jenis tumbuhan yang dilindungi di Indonesia yang digolongkan kedalam 5 (lima) famili, yaitu : 14 jenis dari famili Palmae (Arecaceae), seluruh jenis dari famili Rafflessiaceae, 29 jenis dari famili Orchidaceae, semua jenis dari famili Nepenthaceae dan 13 jenis dari famili Dipterocarpaceae. Ke 58 jenis flora yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tersebut adalah sebagai berikut: Jenis-jenis flora/tumbuhan dari famili Palmae (Arecaceae) atau palempalemanyang dilindungi, meliputi:
  1. Amorphophallus decussilvae; Bunga bangkai jangkung; (Bunga bangkai tidak termasuk dalam famili Arecaceae (Palmae) melainkan dalam famili Araceae (talas-talasan). Nama ilmiah tumbuhan ini seharusnya Amorphophallus decus-silvae)
  2.  Amorphophallus titanum; Bunga bangkai raksasa; (Bunga bangkai tidak termasuk dalam famili Arecaceae (Palmae) melainkan dalam famili Araceae (talas-talasan)).
  3.  Borrassodendron borneensis; Bindang, Budang; (nama ilmiah yang benar Borassodendron borneense)
  4. Caryota no; Palem raja
  5. Ceratolobus glaucescens; Palem Jawa
  6. Cystostachys lakka; Pinang merah Kalimantan; (Nama ilmiah yang benar Cyrtostachys lakka; dan merupakan sinonim dari Cyrtostachys renda).
  7. Cystostachys ronda; Pinang merah Bangka; (Nama ilmiah yang benar Cyrtostachys renda. Menilik dari nama ilmiah C. lakka yang sinonim dari C. renda seharusnya kedua tumbuhan ini masih satu spesies atau jenis.
  8. Eugeissona utilis; Bertan.
  9. Johanneste ijsmaria altifrons; Daun payung; (Nama ilmiah yang benar Johannesteijsmannia altifrons. Tumbuhan ini lebih terkenal dengan nama Daun sang).
  10.  Livistona spp.; Palem kipas Sumatera. Semua jenis dari genus Livistona;
  11. Nenga gajah; Palem Sumatera
  12. Phoenix paludosa; Korma rawa
  13. Pigafatta filaris; Manga. (tidak pernah tertera dalam literatur flora dunia).
  14. Pinanga javana; Pinang Jawa
;
Apa Flora yang dilindungi berdasarkan jenisnya? 4.5 5 tati Wednesday, February 18, 2015  Jenis-jenis flora/ tumbuhan yang dilindungi di Indonesia tertuang dalam Lampiran Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan J...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.