Apa Saja Metode Latihan Olah Tubuh

 on Monday, February 23, 2015  

Latihan olah tubuh harus diawali dengan pemanasan agar suhu tubuh secara perlahan dapat menerima atau melakukan gerakan yang lebih rumit. Pemanasan dimulai dari lari-lari kecil kemudian pelemasan persendian yang dimulai dari tubuh bagian atas atau bagian bawah kemudian di akhiri dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh untukmenuju ke latihan inti.

Latihan berikutnya setelah olah tubuh adalah latihan inti yaitu latihan dengan pemilihan gerak sesuai dengan tema yang ditentukan, misal kelenturan, kekuatan dan lain-lain, gerakan inti ini akan mudah dilakukan oleh tubuh yang telah siap menerima gerakan yang rumit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal persiapan tubuh harus maksimal, yaitu dengan melakukan pemanasan yang baik Latihan selanjutnya adalah pendinginan. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan tubuh agar dapat kembali melakukan aktifitas berikutnya. Pendinginan dalam olah tubuh tentunya berbeda dengan pendinginan yang dilakukan untuk senam kebugaran. Pemilihan geraknya tidak dengan bentuk gerak yang indah, tetapi cukup dengan melemaskan otot dandiakhiri dengan melemaskan seluruh beban dengan bentuk loncatandisertai dengan suara sekerasnya.

Syarat Olah Tubuh
a. Persiapan Tubuh atau Fisik
Tubuh adalah media dalam melakukan olah tubuh. Sebelum melakukan kegiatan olah tubuh, penari harus mempersiapkan sebaikbaiknya. Apabila tidak dipersiapkan secara baik, maka akan berakibat fatal, misalnya cedera, hasil yang tidak maksimal, latihan yang tidak   serius, bahkan meganggu semangat pelaku olah tubuh. Untuk menjaga agar siap melakukan olah tubuh maka persiapan yang dilakuka adalah jangan tidur terlalu malam, makan dan minum secukupnya danmemastikan bahwa tubuh dalam keadaan sehat dan siap melakukanolah tubuh.

b. Semangat yang Tinggi
Semangat yang tinggi merupakan modal utama dalam berolah tubuh. Bahkan penari yang tubuhnya kaku, dengan melakukan proses olah tubuh dengan benar dan penuh semangat akan ada perubahan dalamtubuhnya serta perilakunya yaitu lebih percaya diri.

c. Sarana Tempat
Pada umumnya tempat praktik olah tubuh adalah studio berukuran memadai dengan dinding kaca dan lantai kayu yang didalamnya dilengkapi engan pendukung olah tubuh lain. Namun, sesekali latihan dilakukan di ruangan terbuka misalnya tanah lapang, pantai, dan lainlain menyesuaikan dengan tujuan serta tema dari olah tubuh tersebut.

d. Waktu yang Cukup
Belajar Olah tubuh akan lebih berhasil jika diikuti dengan kesadaran serta sepenuh hati dalam melakukannya, sehingga tidak ada perhitungan soal waktu, waktu yang tidak terbatas sangat menguntungkan pelaku olah tubuh. Dengan waktu yang cukup akan  lebih bisa leluasa mengeksplorasi tubuh secara maksimal.

e. Player, CD (apabila dibutuhkan)
Latihan olah tubuh memerlukan musik irigan untuk menunjang suasana sehingga menjadi semangat dalam melakukan gerakan. Akan tetapi musik iringan eksternal seringkali juga tidak dibutuhkan, karena dalam emosi kita sudah ada irama yang akan mengatur tempo gerak. Gerak yang dilakukan tanpa musik internal adalah untuk menganalisa detaildetail gerak yang dilakukan, sehingga pelaku olah tubuh dapat mengontrol kemampuan tubuhnya secara maksimal.

f. Pakaian Latihan
Pakaian latihan sebaiknya dipilih yang tidak mengganggu gerak tetapi juga enak dipandang. Dipilih bahan lentur, menyerap keringat, pas untuk ukuran tubuh. Apabila pakaian terlalu kedodoran atau terlalu ketat akan menganggu keluwesan gerak dan akan memperngaruhi ruang gerak pelaku olah tubuh.

g. Rencana Latihan yang Jelas
Sebaiknya rencana latihan diatur yang jelas atau sesuai dengan kesepakatan, agar pemain dapat menyiapkan keperluannya baik secara emosional maupun keperluan fisiknya. Sehingga latihan olah tubuh akan bermanfaat secara maksimal.
;
Apa Saja Metode Latihan Olah Tubuh 4.5 5 tati Monday, February 23, 2015 Latihan olah tubuh harus diawali dengan pemanasan agar suhu tubuh secara perlahan dapat menerima atau melakukan gerakan yang lebih rumit. P...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.