Bagaiamana Melakukan perawatan spesimen flora yang dilindungi?

 on Thursday, February 19, 2015  

Pembuatan spesimen herbarium untuk jenis flora yang dilindungi bertujuan selain untuk keperluan identifikasi juga untuk dokumentasi. Nilai suatu koleksi spesimen herbarium akan semakin tinggi apabila penyimpanan dan pemeliharaannya semakin sempurna. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyimpanan koleksi herbarium:
 
1) Ruangan penyimpanan koleksi spesimen herbarium harus diatur sedemikian rupa sehingga keadaan ruangan tidak pengap, terang dan menyenangkan bagi petugas atau bagi para ahli botani yang bekerja dengan spesimen herbarium.

2) Tempat penyimpanan koleksi spesimen herbarium dapat berupa kotak yang terbuat dari seng, alumunium, triplek atau karton tebal ataupun berupa lemari yang dilengkapi dengan rak.
 
3) Kemudian kotak koleksi herbarium disimpan pada rak-rak/lemari
yang dilengkapi dengan suatu alat bantu penggerak sehingga lemari satu dengan lemari lainnya dapat saling bersinggungan ataupun berjarak tertentu secara mudah Cara penyimpanan dan pemeliharaan spesimen herbarium adalah sebaga berikut:

1) Penyusunan spesimen herbarium
  • Spesimen-spesimen herbarium yang telah diplak dan berlabel identifikasi, dikelompokkan berdasarkan jenis (species) yang sama dan secara berurutan mulai dari nomor koleksi terkecil sampai nomor terbesar.
  • Setiap kelompok spesimen dalam tiap jenis tersebut dibungkus dengan kertas tebal seperti karton manila atau stofmap. Sebaiknya, jumlah spesimen dalam tiap bungkus dibatasi agar tidak terlalu banyak, misalnya 10 spesimen dalam tiap bungkus. Jadi jika misalnya jenis Shorea leprosula telah dikoleksi dari berbagai lokasi sebanyak 25 nomor spesimen, maka sebaiknya dibuat menjadi 3 bungkus. Pada setiap bungkusan dicantumkan nama jenis dan nomor-nomor koleksi yang ada di dalamnya

3) Pemeliharaan koleksi herbarium
Pemeliharaan dilakukan dengan cara memberikan 2 (dua) butir kapur barus ke dalam tiap dus koleksi herbarium sekitar tiap 2 (dua) bulan atau dapat pula dilakukan dengan cara memasukkan dus-dus tersebut ke dalam ruang pendingin -300C selama 72 jam setiap 6 bulan sekali. Selain itu jika spesimen herbarium lepas dari kertas alasnya maka harus segera diperbaiki dan jika kertas alasnya sudah usang atau rapuh maka kertas tersebut harus segera diganti.
;
Bagaiamana Melakukan perawatan spesimen flora yang dilindungi? 4.5 5 tati Thursday, February 19, 2015 Pembuatan spesimen herbarium untuk jenis flora yang dilindungi bertujuan selain untuk keperluan identifikasi juga untuk dokumentasi. Nilai ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.