Teknik pengumpulan spesimen (material herbarium) untuk jenis flora yang dilindungi

 on Sunday, February 22, 2015  

 Material herbarium (spesimen) yang diambil dari jenis flora yang dilindungi harus memenuhi tujuan pembuatan herbarium yakni untuk identifikasi dan dokumentasi. Dalam pekerjaan identifikasi flora yang dilindungi diperlukan ranting, daun, kuncup kadang-kadang bunga atau buah dalam satu kesatuan. Spesimen yang lengkap mengandung ranting, daun muda dan tua, kuncup, bunga muda dan tua yang mekar serta buah muda dan tua. Spesimen dengan bunga dan buah jauh lebih berharga dan biasa disebut herbarium fertile. Sedangkan spesimen tanpa bunga dan buah disebut herbarium steril. Dalam hal ini perlu dihindari pengambilan spesimen yang hanya setangkai daun karena identifikasinya akan sulit dilakukan. Kekeliruan sering terjadi manakala orang awam mengambil sehelai daun untuk identifikasi, padahal yang diambil bukanlah sehelai daun melainkan sehelai anak daun dari jenis pohon yang berdaun majemuk. Yang diambil adalah seranting daun (coba buka kembali modul tentang Pengenalan Jenis Pohon).
 
Untuk keperluan dokumentasi ilmiah, dianjurkan agar dibuat spesimen (material herbarium) fertile dan untuk setiap nomor koleksi dibuat beberapa spesimen sebagai duplikatnya (3 spesimen atau lebih per nomor koleksi). Untuk membuat spesimen dari pohon berdiameter besar maupun kecil agar dipilih ranting yang berbunga atau berbuah. Apabila hal ini sulit dilakukan, cukup diambil ranting dengan daun-daun dan kuncup utuh dalam satu kesatuan. Untuk spesimen dari tumbuhan terna dan rumput-rumputan, batang dan akarnya harus dikumpulkan pula. Demikian pula halnya dengan bamboo, spesimennya tidak hanya berupa ranting daun berbunga, tetapi ruas batang dan pelepahnyaharus disertakan.

Spesimen rotan sangat sulit dikumpulkan karena selain berdaun majemuk bersirip yang panjangnya lebih dari 1(satu) meter, bahkan ada yang mencapai 4 (empat) meter misalnya rotan manau, harus disertakan pula batang dan pelepahnya yang banyak durinya itu. Selain material herbarium harus lengkap, perlu diperhatikan pula bahwa pada saat pengambilan dan pengumpulan material herbarium harus dilakukan pula pencatatan data tumbuhannya. Material herbarium tanpa catatan tumbuhannya dianggap sangat tidak ada artinya. Bersamaan dengan pencatatan identitas tumbuhan tersebut, perlu dengan segera dibuat label gantung yang diikatkan pada material herbarium.

Teknik pengumpulan spesimen (material herbarium) untuk jenis flora yang dilindungi 








Dianjurkan agar untuk penulisan pada label gantung tersebut digunakan pensil, supaya tulisan tidak larut bila kena siraman alkohol ataupun spiritus. Keterangan lain tentang tumbuhan yang dikumpulkan (misalnya warna daun muda, warna dan bau bunga, rasa buah) dicatat pada buku catatan khusus atau pada blangko isian yang telah disiapkan dan disesuaikan dengan material herbarium.
;
Teknik pengumpulan spesimen (material herbarium) untuk jenis flora yang dilindungi 4.5 5 tati Sunday, February 22, 2015  Material herbarium (spesimen) yang diambil dari jenis flora yang dilindungi harus memenuhi tujuan pembuatan herbarium yakni untuk identifi...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.