Apa saja Ragam Olah Tubuh?

 on Friday, February 27, 2015  

Ragam Olah Tubuh
Olah tubuh dibedakan menjadi tiga bagian besar, yaitu olah tubuh ketahanan, olah tubuh kelenturan dan olah tubuh keterampilan. Dari tiga besaran olah tubuh diuraikan menjadi beberapa bagian, yang disesuaikan dengan kebutuhan calon pemeran.
a. Olah Tubuh Ketahanan
Olah tubuh ketahanan adalah suatu proses melatih toleransi otot terhadap stress, dimana otot dapat mempertahankan penampilannya pada beban kerja tertentu. Latihan ini bertujuan untuk mengembangkan kekuatan respon otot. Latihan olah tubuh ketahanan difokuskan pada kekuatan otot perut, tangan, dan kaki. Pedoman melakukan latihan olah tubuh ketahanan adalah sebagai berikut.
  1. Coba konsentrasi dan konsekuen dalam latihan.
  2. Ajaklah teman sebagai patner atau sebagai pengawas latihan.
  3. Untuk latihan gerak tertentu, gunakan matras sebagai pelindung atau sebagai alas latihan.
  4. Lakukan dengan rileks dan jangan terburu-buru. Prinsip dasar latihan olah tubuh ketahanan adalah pengulangan secara rutin.

b. Olah Tubuh Kelenturan
Olah Tubuh kelenturan adalah suatu proses untuk melatih kelemah-lembutan atau kekenyalan otot dan kemampuannya, sehingga otot dapat meregang cukup jauh dan memungkinkan persendian dapat beraksi dengan lengkap dalam jarak normal, dan gerakan otot tidak menyebabkan cedera. Kelenturan tubuh manusia sangat dipengaruhi oleh kelenturan tulang punggung, kaki, dan  tangan. Latihan difokuskan pada latihan tulang punggung, kaki, dan tangan.
Pedoman melakukan latihan olah tubuh kelenturan adalah sebagai berikut.
  1. Lakukan latihan olah kelenturan dalam tempo yang lambat pada tahap permulaan, dan yang terpenting adalah dapat merasakan pergerakan ruas demi ruas tulang punggung. Setelah dapat merasakan tingkatkan kecepatan dan secara bertahap melambat kembali sampai diam.
  2. Latihan olah tubuh kelenturan tidak ada patokan waktu dan hitungan, tetapi lebih pada pencapaian hasil.
  3. Latihlah setiap sesi latihan dengan benar, jangan terburu-buru pindah ke sesi selanjutnya.
  4.  Bila anda melakukan gerakan menunduk, usahakan kepala lebih dahulu merendah. Sedangkan kalau gerakan menaik usahakan gerakkan berawal dari bagian dasar tulang punggung.

c. Olah Tubuh Keterampilan
Olah tubuh keterampilan merupakan suatu bentuk latihan olah tubuh yang difokuskan pada keterampilan, kecepatan, dan kegesitan. Olah tubuh keterampilan adalah hasil pertumbuhan alami dari latihan olah tubuh kelenturan dan olah tubuh ketahanan. Latihan keterampilan banyak ragamnya, misalnya latihan bela diri, senam alat, dan permainan alat (tombak, pedang, toya, kipas, pisau, tali/rantai ). Latihan olah tubuh keterampilan difokuskan pada konsentrasi gerak dan latihan bela diri, baik dengan tangan kosong maupun dengan pisau.
Pedoman sebelum melakukan latihan olah tubuh keterampilan adalah sebagai berikut.
  1. Olah tubuh keterampilan bisa dilakukan sendiri, berpasangan dan kelompok.
  2. Ajaklah pasangan berlatih untuk melatih teknik yang ada dengan penuh ketelitian dan kesabaran, sehingga posisi dan gerak yang dilaksanakan benar-benar tepat.
  3. Latihlah setiap teknik dalam suatu rangkaian gerak mulai dari gerak lambat menuju gerak cepat.
  4. Teknik yang dilatih harus dilakukan dari kanan atau dari kiri, sehingga benar-benar dikuasai dari semua sudut.
  5. Lakukan pergantian posisi antara penyerang dan yang diserang.
  6. Lakukan dengan tangan dan kaki atau sebaliknya.
;
Apa saja Ragam Olah Tubuh? 4.5 5 tati Friday, February 27, 2015 Ragam Olah Tubuh Olah tubuh dibedakan menjadi tiga bagian besar, yaitu olah tubuh ketahanan, olah tubuh kelenturan dan olah tubuh keterampi...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.