Gaya hidup SEHAT

 on Tuesday, January 28, 2014  


Gaya hidup SEHAT


Gaya hidup sehat seseorang akan tercermin pada kegiatan sehari-harinya. Dan hal itu akan
 diekspresikan lewat apa yang ia makan, bagaimana ia makan, hal-hal apa yang dihindarinya dalam makanan, bagaimana menjaga kesehatan tubuhnya dengan berolah raga dan lain sebagainya.
Semua itu dilakukan dengan penuh perhitungan. Termasuk bagaimana menjaga kesehatan psikologisnya. Dan akhirnya apa lagi yang didapat kecuali sehat jiwa dan raga. Bebas dari penyakit menakutkan dan bersyukur serta bahagia karena telah diberi kesempatan hidup di dunia.
Mungkin kita bisa bercermin pada kehidupan penduduk di Okinawa Jepang. Mereka pantas dijadikan teladan.  Sehari-harinya mereka kelihatan bahagia. Mereka pun masih mampu bekerja pada saat usianya sudah senja. Gaya hidup  yang mereka terapkan bisa menorehkan prestasi fantastis di dunia. Di tempat itulah terdapat sekelompok orang dalam jumlah banyak, yang usia sudah tua tapi masih tetap sehat dan ceria. Dan ternyata, resep kehidupan bahagia mereka adalah :
1. Taat aturan agama.
2. Sopan santun yang tetap dijunjung tinggi. Orang yang sudah tua dihormati sebagai senior yang pantas diteladani. Tak mengherankan mengapa terjadi demikian. Di sana para lanjut usia masih produktif  bekerja. Misalnya nenek berusia 80 tahun masih bisa bertani.
3. Selalu berpikir positif.
4. Pantang berputus asa. Mereka jarang sekali mengeluh atau marah. Makanya di Okinawa sangat jarang sekali orang yang depresi sehingga menjadi tempat yang paling rendah sekali angka bunuh dirinya di Jepang.
5. Hidup dinikmati dengan perasaan senang dan bahagia.
Dari sisi makanan yang dikonsumsi, mereka melakukan:
1. Diet yang bergizi dan bervariasi.
2. Banyak mengkonsumsi  makanan bergizi seperti tofu, ganggang, rumput laut dan lain sebagainya.
3. Mengurangi makanan berlemak seperti daging.
4. Hanya sedikit mengkonsumsi garam.
5. Banyak minum air putih dan menghindari minuman keras.
6. Suka sekali makan biji-bijian, ikan dan sayuran.
Selain gaya hidup sehat di Okinawa Jepang, kita juga bisa mengintip bagaimana gaya hidup sehat orang China. Di sana sangat jarang orang terkena obesitas dan penyakit degeneratif. Ternyata alasannya karena mereka sangat menggemari sayuran. Porsinya saja jauh lebih banyak dibanding daging atau nasi.
Mereka juga jarang mengkonsumsi makanan dengan cara pengolahan digoreng. Hal itu berkaitan dengan prinsip ‘yin’ yang memberikan efek menenangkan. Dan itu didapatkan dari makanan yang dikukus. Begitu juga makanan ‘yang” yang diolah dengan cara dibakar, dianggap sebagai cara untuk menghangatkan tubuh.
Gaya Hidup Sehat
Dan minuman yang mereka sukai adalah teh. Tapi bukan teh dingin melainkan yang hangat. Karena menurut kepercayaan mereka teh hangat bisa membantu penguraian lemak di dalam tubh. Sedangkan teh dingin efeknya justru meningkatkan risiko obesitas. Bahkan dapat menimbulkan kelesuan tubuh juga.
Lain Okinawa, berbeda dengan China, lain lagi kita di Indonesia. Pola hidup sehat yang bisa kita kembangkan di Indonesia adalah dengan :
1. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi fast food, junk food, minuman kesehatan, minuman bersoda dan alkohol.
2. Tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat. Misal makan nasi dengan lauk berupa mie. Padahal keduanya sama-sama karbohidrat.
3. Lebih baik stop merokok karena lebih banyak dampak buruknya daripada dampak baiknya bagi kesehatan. Selain merugikan diri sendiri, rokok pun bisa merugikan orang lain di sekitarnya. Malah pengaruh asap rokok itu lebih buruk bagi perokok pasif dibanding yang melakukan kegiatan merokoknya itu sendiri.
4. Perhatikan makanan dan minuman tertentu jangan sampai kelebihan dosis. Misalnya mengkonsumsi  kopi dan teh akan berpengaruh baik jika hanya dikonsumsi satu-dua cangkir sehari. Tetapi akan menganggu kesehatan jika lebih dari dua takaran itu.
5. Jangan pernah melupakan sarapan.
6. Rutin berolahraga.
7. Mempunyai waktu tidur yang cukup.
8. Porsi waktu yang cukup untuk melakukan aktivitas keagamaan,
9. Punyailah sikap mental yang baik dalam menghadapi masalah hidup.
10. Punyailah waktu untuk relaks ditengah kesibukan yang tinggi. Misal dengan rekreasi bersama keluarga seminggu sekali.
11. Makanlah dengan gizi seimbang.
12. Minumlah cukup air putih sebanyak 8 gelas sehari.
Memang gaya hidup sehat bagi satu orang dengan lainnya bisa berbeda. Tetapi secara umum gaya hidup yang sudah dicontohkan di atas bisa diaplikasikan. Semoga sehat bisa menjadi milik kita selamanya.

;
Gaya hidup SEHAT 4.5 5 tati Tuesday, January 28, 2014 Gaya hidup SEHAT Gaya hidup sehat seseorang akan tercermin pada kegiatan sehari-harinya. Dan hal itu akan  diekspresikan lewat apa ya...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.