RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan          :  SEKOLAH DASAR 
Kelas
/ semester              :  1 / 2
Tema /
topik                      :  Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan
ke                     :  1
Semester                            : 
2   (dua)
Alokasi waktu                   :  1 Hari
A.     
KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya 
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru 
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
B.     
KOMPETENSI DASAR
 AGAMA
1.1   Berdoa sebelum dan sesudah belajar, sebagai bentuk
pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah 
2.1   Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang,
dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci 
 PPKn
1.2   Menerima keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah 
2.1  
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri  dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila 
3.3..
Mengenal tata tertib dan aturan yang 
berlku dalm kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2..
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
  
BAHASA INDONESIA
1.1  
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah 
2.3   Menunjukkan perilaku pola hidup
sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan
istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup 
2.4   Memiliki kedisiplinan dan tanggung jawab merawat tubuh
agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan
dan bermain di lingkungan melalui 
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 
2.3 Memahami isi cerita melalui mendengarkan cerita yang dibacakan orang
lain  dengan penuh perhatian dan
mengajukan pertanyaan 
4.3  
Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 
     MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti
dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan
dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil
sampai terbesar 
2.4.. Menunjukkan perilaku disiplin
tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda
saat jam belajar dan jam istirahat 
3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun
ruang menggunakan benda-benda yang ada 
di sekitar   ruah, sekolah, atau
tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau
media lainnya
     PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
2.2   Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama
pembelajaran penjas. 
    
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA 
1.1   Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai wujud
rasa syukur kepada Tuhan 
2.1   Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan diri
dalam berkarya, bernyanyi, dan menari 
2.2   Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di
lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni 
3.2   Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat musik ritmis
C.     
INDIKATOR
 AGAMA
1.       Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.       Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3.       Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum belajar
4.       Menunjukkan perilaku patuh kepada orang tua
 PPKn
1.       Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.      
Memberikan
contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari – hari di rumah.
3.       Memberikan contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.       Melaksanakan
tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.      
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.      
Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.      
Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri  
4.      
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
5.      
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.      
Menyebutkan kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.      
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.      
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
9.       Menyebutkan nama-nama tempat dalam cerita
10.   Menyebutkan urutan peristiwa
11.  
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.  
Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan
kata yang tepat
14.  
Berposisi duduk secara benar
15.   Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang benar
16.   Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.       Menata  dengan
rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna
atau lainnya)
2.      
Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3.      
Menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI
BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.      
Memiliki
kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.       Menjelaskan keindahan-keindahan alam dan karya seni
sebagai anugerah Tuhan
3.      
memperhatikan
lingkungan sekitar secara seksama 
4.      
merawat
lingkungan sekitar secara sadar
5.      
menunjukkan
kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.       Mengenal judul lagu dan iringannya
D.     
TUJUAN 
1.       Berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.       Berperilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku
dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3.      
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4.      
Menyebutkan kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
5.       Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan
kata yang tepat
6.       Menata  dengan
rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria lainnya
(warna atau lainnya)
9.       Mempraktikan gerak melangkah ke berbagai arah berirama
10.   Menjelaskan keindahan-keindahan alam tentang kebersihan
lingkungan  sebagai anugerah Tuhan
E.      
MATERI
 
AGAMA
1.       Bacaan do’a sebelum belajar
2.       Bacaan do’a sesudah belajar
3.       Sikap berdo’a sebelum belajar
4.       Perilaku patuh kepada orang tua
 
PPKn
1.       Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat 
berperilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.      
Dengan mengamati contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari  hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3.       Contoh sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang
berlaku dalam kehidupan sehari  hari di
sekolah.
4.       Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib
di sekolah
 
BAHASA INDONESIA
1.      
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
2.      
Sikap
duduk atau berdiri dengan berdiam diri
3.      
Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri  
4.      
Lafal
teks doa dengan jelas
5.      
Lafal & 
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6.      
Waktu mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7.      
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
8.      
lingkungan sehat dan tidak sehat
9.       Nama-nama tempat dalam cerita
10.   Urutan peristiwa
11.  
Kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan
istirahat/tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan
lingkungan bersih.
12.  
Lingkungan sehat dan tidak sehat
13.   Kalimat yang didiktekan guru dengan pemisahan kata yang
tepat
14.  
Posisi duduk secara benar
15.   Letak bacaan dengan jarak mata yang benar
16.   Teks bacaan dengan tepat
  MATEMATIKA
1.       Dengan
mengamati cara penataan
benda di sekitar, siswa dapat menata 
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2.       Dengan
mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat 
memilih jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan
untuk menaruh benda atau sekelompok benda sesuai dengan beratnya
3.       Dengan
mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.       Praktik gerak melangkah ke berbagai arah berirama
SENI,
BUDAYA, DAN DESAIN
1.       Kepekaan terhadap keindahan alam hasil ciptaan Tuhan
2.       Keindahan-keindahan alam dan karya seni sebagai anugerah
Tuhan
3.       Lingkungan sekitar secara seksama 
4.       Cara merawat lingkungan sekitar secara sadar
5.       Kepedulian pada alam lingkungan sekitar dengan berkarya
6.       Lagu  Lihat
Kebunku
F.        
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan              :
Scientific
Strategi                       :
Cooperative Learning
Teknik                         :
Example Non Example
Metode                      :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.       
KEGIATAN 
PEMBELAJARAN
Kegiatan 
 | 
   
Deskripsi
   Kegiatan 
 | 
   
Alokasi 
Waktu 
 | 
  
Pendahuluan 
 | 
  
1.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
  keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 
2.       Melakukan komunikasi  tentang
  kehadiran siswa 
3.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak 
4.       Mengajak Semua Siswa menyanyi  “SELAMAT
  PAGI GURU” 
5.       Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu,
  mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi  
6.       Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket
  yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara
  kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran. 
7.       Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan yaitu
  tentang  
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT” 
 | 
  
10 menit 
 | 
 
Inti 
 | 
  
1.       Menayangkan gambar tentang lingkungan  bersih dan sehat  dan lingkungan rumah yangtidak bersih /tidak sehat.  (eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar) 
Gambar rumah sehat mencakup
  ciri-ciri: 
·        
  Rumah
  kecil dengan ventilasi cukup 
·        
  Ada
  teras rumah 
·        
  Ada
  halaman cukup 
·        
  Taman
  mungil yang asri 
·        
  Tidak
  ada sampah yang bertebaran 
·        
  Di
  pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman (ember tempat air
  untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)  
Gambar rumah tidak sehat mencakup ciri-ciri: 
·        
  Tidak
  memiliki ventilasi yang cukup 
·        
  Tidak
  memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan raya 
·        
  Tidak
  memikliki taman atau tanaman hijau 
·        
  Tidak
  terdapat alat-alat kebersihan 
·        
  Tidak
  terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran 
Jawaban berkembang sesuai
  dengan lingkungan sehari-hari  hasil
  eksplorasi serta kemampuan  siswa  
 | 
  
150 menit 
 | 
 
2.       Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah  dan halaman yang sehat dan tidak
  sehat,  (eksplorasi, menyimak, menanya, menalar) al: 
·        
  Mendengarkan jawaban siswa tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak sehat. 
·        
  Memberikan
  kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab. 
·        
  Pemerataan
  siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh salah satu siswa saja). 
·        
  Memperhatikan
  siswa lain yang tidak berani memberikan jawaban. 
·        
  Mendorong  keberanian  siswa dalam menjawab dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi  tentang benar
  dan tidaknya jawaban.  
 | 
  ||
3.       Guru menugaskan siswa untuk membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar)  
4.       Diawali dengan memberi contoh cara membaca TEKS:
  jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/
  mendengar), semua siswa menirukan cara membaca dengan benar 
5.       Selanjutnya menugaskan siswa secara bergantian untuk
  membaca TEKS 
·        
  (penilaian proses : Memperhatikan cara siswa membaca
  (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca) 
·        
  Jika
  ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung dibenarkan sebelum
  dilanjutkan kepada siswa yang lain  
6.       Bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks  ( menalar ) 
7.       Melalui pengamatan gambar rumah sehat siswa diminta
  membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya sendiri-sendiri,
  (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi
  dan elaborasi, menyimak dan menalar) 
 | 
  ||
8.       Guru mengelompokan siswa berdasarkan teman satu
  bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor
  merupakan penanda dari kelompok) 
9.       Siswa berkelompok sesuai dengan nomor yang dimiliki. 
10.   Guru membagi gambar kepada masing-masing kelompok 
11.   Masing-masing
  siswa diminta untuk mengidentifikasi gambar dan mencatat hasil identifikasi
  (benda-benda yang ada di lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang
  bersih). (eksplorasi,
  elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan) 
12.   Siswa diminta untuk menceritakan hasil identifikasi
  kepada teman sebangku (mengkomunikasikan) 
13.   Setelah tercapai kesepakatan dengan teman sebangku,
  diminta untuk mendiskusikan dengan kelompok pasangan yang lain (TPS) 
 | 
  ||
Penilaian proses: 
a.       Guru berkeliling mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan
  tugas.  
b.      Menilai kerjasamanya, tanggung jawabnya,
  kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi atau tidak dsb) 
c.       Menilai dengan lembar pengamatan perilaku. 
 | 
  ||
Gambar-gambar untuk Example non
  Example  
Kelompok gambar kebersihan kelas 
·        
  Gambar
  kegiatan menyapu kelas 
·        
  Gambar
  kegiatan membersihkan debu 
·        
  Gambar
  kegiatan menata buku 
·        
  Membersihkan
  jendela kelas 
Kelompok gambar kebersihan rumah 
·        
  Gambar
  kegiatan menyapu rumah 
·        
  Gambar
  kegiatan mengepel lantai 
·        
  Gambar
  kegiatan menata tempat tidur 
·        
  Gambar
  kegiatan  membersihkan/menyapu kebun 
Kelompok  gambar kebersihan lingkungan/kerja bakti
  kampung 
 
Keterangan: 
Diharapkan diskusi akan
  berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan, ruang, kelas, rumah,
  sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan membersihkan lingkungan
  merupakan cerminan dari kerukunan dan saling membantu, dan bekerjasama. Siswa
  yang sedang berdiskusi (berpikir berpasangan) akan berdampak pada kerjasama
  yang baik, dan hasilnya merupakan cerminan dari sikap bertanggung jawab. 
 | 
  ||
14.   Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis gambar dikaitkan
  dengan tema yang sedang dipelajari. 
15.   Guru memanggil salah satu kelompok untuk
  mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan
  dan konfirmasi),  
Memberi kesempatan kelompok lain
  untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya 
 | 
  ||
16.   Mengajak semua siswa berdiri dan menyanyikan lagu “banyak
  nyamuk dirumahku”  untuk
  mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar beberapa jam: 
·        
  Guru
  mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu 
·        
  Memberi
  contoh sikap yang benar dalam menyanyi 
·        
  Menilai
  siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair lagunya, cara menyanyi, sikap
  menyanyi, semangatnya dsb) 
·        
  Menggunakan
  format pengamatan 
 | 
  ||
17.   Guru mengajak bertanya jawab tentang makna lagu.  Bahwa salah satu dampak dari rumah yang
  tidak sehat, adalah banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan
  penyakit. Dsb 
 | 
  ||
18.   Menugaskan siswa untuk bercerita (berdasarkan gambar)
  (mengkomunikasikan) 
 | 
  ||
       Guru Mengamati cara siswa dalam BERCERITA (penilaian proses) 
 | 
  ||
19.   Guru dan siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan
  tentang rumah yang bersih dan sehat 
 | 
  ||
20.   Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang 
 | 
  ||
Dilanjutkan dengan menasehati siswa
  agar membiasakan hidup sehat 
 | 
  ||
Penutup 
 | 
  
1.       Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
  hasil belajar selama sehari 
 | 
  
15 menit 
 | 
 
2.       Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
  (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 
3.       Melakukan penilaian hasil belajar 
 | 
  ||
4.       Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
  keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran) 
 | 
  ||
  | 
  
H.                
SUMBER DAN  MEDIA
·        
Diri
anak
·        
Lingkungan
keluarga
·        
Lingkungan
sekolah
·        
Buku
Tematik Kelas I
·        
Buku
Pengembangan Diri Anak
·        
Video/slide/gambar
tentang teknik cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting,
lipat dan tempel
·        
Gambar/contoh
langsung karya cetak  dengan berbagai
bahan alam dan bentuk
·        
Gambar/contoh
langsung hasil karya gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan
alur sederhana
·        
Buku
kirigami (seni mengunting)
·        
Buku
Pengembangan Diri Anak
I.         
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
 
a.      
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.     
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
 
a.      
Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk
b.     
Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda
·       Isian singkat
·       Esai atau uraian
Mengetahui
                                                                                                      Guru
Kelas 1
Kepala
Sekolah,                                                                                               
....................................................                                                           ...............................................                                                 
NIP
.............................................                                                            NIP  ........................................
No comments:
Post a Comment