RPP SD KELAS IV

 on Monday, January 27, 2014  



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan          :  SEKOLAH DASAR
Kelas / semester              :  IV/1
Tema                                     :  1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                            :  1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Petemuan ke                     :  2
Alokasi waktu                   :  1x pertemuan (30 menit)

A.      KOMPETENSI INTI
1.       Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.      KOMPETENSI DASAR

Bahasa indonesia
3.1   Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi    
panas,bunyi,dan cahaya,dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru
 MATEMATIKA
3.6  Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang berbeda
SBdP
3.4  mengenal tari  daerah dan keunikan gerakanya

C.      INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang di sajikan
Matematika
Membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan gerakan,)salah satu tarian adat (tari kipas)

D.      TUJUAN
1.       Setelah membaca teks dan mengamati gambar,siswa mampu menjelaskan perbedaan  antara dua rumah adat dengan benar
2.       Setelah bereksplorasi ,siswa mampu membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan benar
3.       Setelah membaca teks dan berdikusi,siswa mampu menjelaskan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan benar 
E.       MATERI
Bahasa indonesia
Bacaan rumah adat panjang dan rumah adat lontik
Matematika
Membedakan sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena
F.         PENDEKATAN & METODE
Pendekatan       : Scientific
Strategi                                : Cooperative Learning
Metode                               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·   Guru memberi salam dan mengajak berdoa ( relegius )
·   Guru mengecek  kehadiran peserta didik
·   Tanya jawab dengan peserta didik, tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan jenis – jenis rumah adat
·   Menginformasikan tema dan tujuan yang akan di belajarkan yaitu tentang keberagaman budaya bangsaku

    5 menit
Inti
·   (Observing)siswa mengamati gambar rumah adat gadang dan lontik
·   (Questoning)Bertanya jawab tentang perbedaan rumah adat panjang dan lontik.
·   (Observing)siswa mengamati gambar rumah adat gadang dan lontik.
·   Guru Memberikan kesempatan siswa untuk menemu tunjukan sudut sudut yang ada pada gambar
·   Penilaian proses
·   Memperhatikan cara siswa menunjukan sudut yang ada pada rumah adat panjang dan rumah adat lontik
·   Jika ada siswa yang salah dalam menunjukan sudut pada gambar rumah adat panjang dan rumah adat lontik guru memberikan petunjuk/penguatan terhadap siswa
·   (Experimeting)guru mengelompokan siswa menjadi 2 kelompok yang anggotanya 5 anak
·   Guru meminta siswa untuk mengamati gambar sebuah tari kipas pakarena
·   Guru meminta siswa untuk bisa menirukan gerakan tari kipas pakarena sesuai yang ada pada gambar sebisanya dengan kipas bukunya masing- masing
·   Guru meminta siswa untuk membaca  bacaan teks tari kipas pakarena


    20 menit    
Penutup
·      Bersama siswa menyimpulkan materi yang disampaikan,tentang rumah adat sudut,dan tari pakarena.
·      Guru melakukan penilaian hasil belajar
·      Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa mencintai budaya asli indonesia.
·      Salam dan doa penutup

         5 menit




H.                 SUMBER DAN  MEDIA
SUMBER :
·         Buku Tematik Kelas IV.
·         Buku referensi .
·         Gambar rumahadat dan gambar tari kipas pakarena

I.          PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)

  1. Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Proses
1)    Penilaian Kinerja
b.      Penilaian Hasil Belajar
1)      Mengerjakan evaluasi


Mengetahui                                                                                                       yogyakarta,25 september 2013
Instruktur                                                                                                           Peserta


                                                                                                                                             
Rasuti
                                                                                                                                                     13032602710518         










LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No
Nama Benda
Cara menghasilkan bunyi
1.
Seruling
Ditiup
2.
........................
................................
3.
........................
................................
4.
........................
...............................
5.
........................
...............................


LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga hubungan yang baik dengan teman di sekolah sebagai
bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!

No
Sila ke
Pengalamanmu
1.
................
................................................................................................
2.
................
................................................................................................
3.
................
................................................................................................
4.
................
................................................................................................
5.
................
................................................................................................


LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan kamu lakukan agar tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



PENILAIAN NON TES:

Penilaian Kinerja
1.  Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
           Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi

KRITERIA
KETERANGAN
SUDAH
BELUM
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.


Aku sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta.


Aku dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.



              2. Daftar periksa cerita pengamalan nilai-nilai Pancasila.

KRITERIA
KETERANGAN
SUDAH
BELUM
Isi cerita sesuai dengan tema.


Isi cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.



Kr 3. Rubrik Diskusi :

KRITERIA
BAGUS SEKALI ( 3 )
CUKUP ( 2 )
BERLATIH LAGI ( 1 )
Mendengarkan
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.

Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)

Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.

Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
Keruntutan
berbicara
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.

Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.









Sistematika Bahan ajar                                                                             Nama:Rasuti
Kelas/semerter:IV/1                                                                                   No absen 15
Tema                 :Indahnya kebersamaan


J.        KOMPETENSI DASAR

Bahasa indonesia
3.1   Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi   
panas,bunyi,dan cahaya,dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru
 MATEMATIKA
3.6  Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang berbeda
SBdP
3.4  mengenal tari  daerah dan keunikan gerakanya

K.      INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat yang di sajikan
Matematika
Membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan gerakan,)salah satu tarian adat (tari kipas)

L.       TUJUAN
4.       Setelah membaca teks dan mengamati gambar,siswa mampu menjelaskan perbedaan  antara dua rumah adat dengan benar
5.       Setelah bereksplorasi ,siswa mampu membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan benar
6.       Setelah membaca teks dan berdikusi,siswa mampu menjelaskan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan benar 
M.    MATERI POKOK
Bahasa indonesia
Bacaan rumah adat panjang dan rumah adat lontik
Matematika
Membedakan sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena

URAIAN DAN MATERI

BAHASA INDONESIA
Rumah Panjang merupakan rumah tradisional suku
Dayak Kalimantan. Rumah ini memiliki bentuk
memanjang dengan panjang kurang lebih 50 meter.
Keunikan rumah ini terlihat dari bentuk bangunannya
yang panjang. Banyak kepala keluarga yang tinggal di
dalamnya. Namun sayang sekali, rumah unik seperti ini
sudah jarang ditemukan. Hanya beberapa bangunan
saja yang bertahan dan masih berpenghuni.
Rumah Lontik merupakan rumah adat Riau, disebut
juga rumah lancang. Bentuk atapnya melengkung ke
atas, agak runcing, seperti tanduk kerbau. Dindingnya
miring seperti perahu atau lancang. Hal itu
melambangkan penghormatan kepada Tuhan dan
sesama.
Rumah adat Lontik dipengaruhi oleh kebudayaan
Minangkabau. Rumah ini banyak terdapat di daerah
perbatasan Sumatra Barat. Jumlah anak tangga ru

MATEMATIKA

1. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika ukuran sudutnya antara 0 dan 90 derajat
(0 < sudut lancip < 90
2. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku jika ukurannya adalah 90 derajat.
3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jika ukuran sudutnya antara 90 dan 180 derajat
(90 < sudut tumpul < 180 ).
SBdP
Tari kipas pakarena merupakan kesenian
tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi
Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi
di kalangan masyarakat Gowa yang
merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan antara
penghuni Boting Langi (negeri khayangan)
dan penghuni Lino (bumi) pada zaman
dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni
Boting Langi sempat mengajarkan kepada
penghuni Lino cara menjalani hidup

RANGKUMAN MATERI
Dari gambar rumah adat siswa dapat menemukan beberapa sudut,di antaranya sudut lancipyaitu suatu sudut di sebut lancip jika ukuranya antara 0 dan 90 derajat,sudut tumpul adalah sudut jika ukuranya antara 90 dan 180,sudut siku siku jika ukuranya adalah 90 derajat

SUMBER BAHAN
-Buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV tema indahnya kebersamaan Terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan.

.
BAHASA INDONESIA

LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul, dan ditekan).
Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No
Nama Benda
Cara menghasilkan bunyi
1.
Seruling
Ditiup
2.
........................
................................
3.
........................
................................
4.
........................
...............................
5.
........................
...............................


LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga hubungan yang baik dengan teman di sekolah sebagai
bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila!

No
Sila ke
Pengalamanmu
1.
................
................................................................................................
2.
................
................................................................................................
3.
................
................................................................................................
4.
................
................................................................................................
5.
................
................................................................................................


LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan kamu lakukan agar tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................



PENILAIAN NON TES:

Penilaian Kinerja
1.  Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
           Daftar periksa eksplorasi benda yang menghasilkan bunyi

KRITERIA
KETERANGAN
SUDAH
BELUM
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan bunyi.















                                                                          DESKRIPSI MEDIA


KOMPETENSI DASAR

Bahasa indonesia
3.1   Mengenali infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi   
panas,bunyi,dan cahaya,dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru
 MATEMATIKA
3.6  Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya dengan sudut yang berbeda
SBdP
3.4  mengenal tari  daerah dan keunikan gerakanya



Tema                                             :Idahnya kebersamaan
Jenis/nama media                   :Gambar rumah adat dan gambar tari pakarena
Bahan yang di gunakan          :Kertas bufalo
                                                          Kertas manila
                                                           Gunting
                                                          Lem
Cara penggunaan                     :Gambar di pasang di papan tulis,siswa mengamati gambar lalu
                                                          Siswa menunjukan sudut yg ada pada gambar







Penilai                                                                                                                           peserta plpg



                                                                                                                                                        

;
RPP SD KELAS IV 4.5 5 tati Monday, January 27, 2014 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Satuan pendidikan          :   SEKOLAH DASAR Kelas / semester              :   IV/1 Te...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.