RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan :
SEKOLAH DASAR
Kelas / semester : 1 / 2
Tema / topik :
Lingkungan bersih dan sehat
Petemuan ke : 1
Semester : 2
(dua)
Alokasi waktu :
1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1.1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar,
sebagai bentuk pemahaman terhadap Qur’an, Surat Alfatehah
2.1
Memiliki perilaku bersih badan,
pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci
PPKn
1.2
Menerima
keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.3.. Mengenal tata tertib
dan aturan yang berlku dalm kehidupan
sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2.. Melaksanakan tata
tertib di rumah dan di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia
yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman
bahasa daerah
2.3
Menunjukkan perilaku
pola hidup sehat (perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main
dan istirahat yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
2.4
Memiliki kedisiplinan dan tanggung
jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfatan bahasa indonesia dan
atau Bahasa Daerah
2.5 Memiliki
perilaku santun dan jujur dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
dan/atau bahasa daerah
2.3 Memahami isi cerita melalui
mendengarkan cerita yang dibacakan orang lain
dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
4.3
Menyampaikan teks
terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
MATEMATIKA
2.1. Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata
benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun
ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.4.. Menunjukkan
perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan
memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat
3.2.. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda
yang ada di sekitar ruah, sekolah, atau tempat bermain.
4.2.. Membentuk berbagai
bangun ruang dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya
PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN
KESEHATAN
2.2
Menunjukkan perilaku santun kepada
teman dan guru selama pembelajaran penjas.
SENI, BUDAYA, DAN
PRAKARYA
1.1
Merasakan keindahan alam dan karya
seni sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan
2.1
Menunjukkan percaya diri untuk
mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
2.2
Menunjukkan rasa ingin tahu untuk
mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
3.2
Mengenal pola irama lagu bervariasi
dengan alat musik ritmis
C. INDIKATOR
AGAMA
1.
Mengulang bacaan do’a sebelum belajar
2.
Mengulang bacaan do’a sesudah belajar
3.
Menyatakan dalam sikap berdo’a sebelum
belajar
4.
Menunjukkan perilaku patuh kepada
orang tua
PPKn
1.
Menunjukkan perilaku baik (jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh
pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah.
3.
Memberikan contoh sikap perilaku patuh
pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
4.
Melaksanakan
tata tertib di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam
mendengarkan doa
2.
Mengambil sikap duduk atau berdiri
dengan berdiam diri
3. Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Melafalkan kata-kata teks doa
dengan jelas
5. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Menyebutkan
kapan harus mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7. Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8.
Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat
9.
Menyebutkan nama-nama tempat dalam
cerita
10.
Menyebutkan urutan peristiwa
11. Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12. Membedakan
lingkungan sehat dan tidak sehat
13.
Menuliskan kalimat yang didiktekan
guru dengan pemisahan kata yang tepat
14. Berposisi
duduk secara benar
15.
Meletakkan bacaan dengan jarak mata
yang benar
16.
Memegang teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Menata
dengan rapi benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan kriteria
lainnya (warna atau lainnya)
2. Memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3. Menceritakan bentuk bangun ruang
dan bangun datar
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Mempraktikan gerak melangkah ke
berbagai arah berirama
SENI
BUDAYA, DAN PRAKARYA
1.
Memiliki kepekaan terhadap keindahan
alam hasil ciptaan Tuhan
2.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam
dan karya seni sebagai anugerah Tuhan
3.
memperhatikan lingkungan sekitar
secara seksama
4.
merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
menunjukkan kepedulian pada alam
lingkungan sekitar dengan berkarya
6.
Mengenal judul lagu dan iringannya
D. TUJUAN
1.
Berperilaku baik (jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam
berinteraksi dengan guru
2.
Berperilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di sekolah.
3. Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
4. Menyebutkan
kebutuhan tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup,
makan makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
5.
Menuliskan kalimat yang didiktekan
guru dengan pemisahan kata yang tepat
6.
Menata
dengan rapi benda-benda di lingkungan sekitar ruang kelas berdasarkan
kriteria lainnya (warna atau lainnya)
9.
Mempraktikan gerak melangkah ke
berbagai arah berirama
10.
Menjelaskan keindahan-keindahan alam
tentang kebersihan lingkungan sebagai
anugerah Tuhan
E. MATERI
AGAMA
1.
Bacaan do’a sebelum belajar
2.
Bacaan do’a sesudah belajar
3.
Sikap berdo’a sebelum belajar
4.
Perilaku patuh kepada orang tua
PPKn
1.
Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari, siswa dapat
berperilaku
baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan percaya
diri) dalam berinteraksi dengan guru
2.
Dengan
mengamati contoh
sikap perilaku patuh pada aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari hari di rumah, siswa dapat berperilaku patuh di sekolah.
3.
Contoh sikap perilaku patuh pada
aturan/kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari di sekolah.
4.
Dengan
mengamati kegiatan sehari-hari siswa dapat menceritakan pelaksanaan tata tertib
di sekolah
BAHASA INDONESIA
1.
Sikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan
doa
2.
Sikap duduk atau berdiri dengan
berdiam diri
3. Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
4. Lafal teks doa
dengan jelas
5. Lafal & kata-kata
teks doa dengan intonasi yang sesuai
6. Waktu
mandi, makan, sikat gigi dan cuci tangan.
7. kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
8.
lingkungan
sehat dan tidak sehat
9.
Nama-nama tempat dalam cerita
10.
Urutan peristiwa
11. Kebutuhan
tubuh agar tetap sehat, yaitu : main dan istirahat/tidur yang cukup, makan
makanan bergizi, minum yang cukup, udara dan lingkungan bersih.
12. Lingkungan
sehat dan tidak sehat
13.
Kalimat yang didiktekan guru dengan
pemisahan kata yang tepat
14. Posisi
duduk secara benar
15.
Letak bacaan dengan jarak mata yang
benar
16.
Teks bacaan dengan tepat
MATEMATIKA
1.
Dengan
mengamati cara penataan benda di sekitar, siswa dapat menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang
kelas berdasarkan kriteria lainnya (warna atau lainnya)
2.
Dengan
mengamati benda-benda di sekitar siswa dapat
memilih
jenis tas, wadah atau tempat yang digunakan untuk menaruh benda atau sekelompok
benda sesuai dengan beratnya
3.
Dengan
mengamati benda siswa dapat menceritakan bentuk bangun ruang dan bangun datar
PENDIDIKAN
JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
1.
Praktik gerak melangkah ke berbagai
arah berirama
SENI, BUDAYA,
DAN DESAIN
1.
Kepekaan terhadap keindahan alam hasil
ciptaan Tuhan
2.
Keindahan-keindahan alam dan karya
seni sebagai anugerah Tuhan
3.
Lingkungan sekitar secara seksama
4.
Cara merawat lingkungan sekitar secara
sadar
5.
Kepedulian pada alam lingkungan
sekitar dengan berkarya
6.
Lagu
Lihat Kebunku
F.
PENDEKATAN
& METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
2. Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
4. Mengajak
Semua Siswa menyanyi “SELAMAT PAGI GURU”
5. Dilanjutkan
dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan
apa bedanya di kalau pagi
6. Meminta
informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada
pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan
kenyamanan kegiatan pembelajaran.
7. Menginformasikan
Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
“LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT”
|
10
menit
|
|
Inti
|
1. (OBSERVING)
mengamati gambar tentang lingkungan
bersih dan sehat dan lingkungan
rumah yang tidak bersih /tidak
sehat. (sesuai dengan LKS) eksplorasi, mengamati, menyimak, mendengar)
Gambar
rumah sehat mencakup ciri-ciri:
·
Rumah kecil dengan ventilasi cukup
·
Ada teras rumah
·
Ada halaman cukup
·
Taman mungil yang asri
·
Tidak ada sampah yang bertebaran
·
Di pojok halaman ada peralatan untuk membersihkan halaman
(ember tempat air untuk menyiram tanaman, sapu lidi dll)
Gambar rumah tidak sehat mencakup
ciri-ciri:
·
Tidak memiliki ventilasi yang cukup
·
Tidak memiliki teras/berbatasan langsung dengan jalan raya
·
Tidak memikliki taman atau tanaman hijau
·
Tidak terdapat alat-alat kebersihan
·
Tidak terawat, kotor, dan banyak sampah bertebaran
Jawaban berkembang sesuai dengan lingkungan sehari-hari hasil eksplorasi serta kemampuan siswa
|
150 menit
|
|
2. (QUESTIONING)
Bertanya jawab tentang ciri-ciri rumah
dan halaman yang sehat dan tidak sehat, (eksplorasi,
menyimak, menanya, menalar) al:
·
Mendengarkan jawaban siswa
tentang rumah yang bersih sehat dan yang tidak bersih dan tidak
sehat.
·
Memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menjawab.
·
Pemerataan siswa dalam menjawab (tidak di dominasi oleh
salah satu siswa saja).
·
Memperhatikan siswa lain yang tidak berani memberikan
jawaban.
·
Mendorong keberanian siswa dalam menjawab
dan sikap siswa dalam memberikan klarifikasi tentang benar dan tidaknya jawaban.
|
|||
3. Murid
membaca TEKS tentang RUMAHKU (membaca, mendengar) meliputi
S: jedanya, lafalnya, tanda bacanya, dan kata-kata yang dibaca (mengamati/
mendengar), (semua siswa menirukan cara membaca dengan benar)
4. Setelah membaca
TEKS dilakukan penilaian
·
(penilaian proses : Memperhatikan
cara siswa membaca (sekaligus menilai keberanian dan kebenaran dalam membaca)
(Jika ada siswa yang salah dalam melafalkan bacaan langsung
dibenarkan sebelum dilanjutkan kepada siswa yang lain )
5. (ASOCIOTIING)
Murid bertanya jawab tentang makna bacaan / Teks ( menalar ) Melalui pengamatan gambar rumah
sehat siswa diminta membandingkan rumah yang bersih dan sehat dengan rumahnya
sendiri-sendiri, (rumah yang bersih tidak harus besar). (eksplorasi dan elaborasi, menyimak dan menalar)
|
|||
6. Murid
membentuk kelompok berdasarkan teman
satu bangku/2 orang (asumsi 1 kelas 32 siswa) dengan cara siswa mengambil nomor di meja guru. (nomor merupakan penanda
dari kelompok)
7. Masing-masing siswa mengidentifikasi gambar dan mencatat
hasil identifikasi (benda-benda yang ada di
lingkungan sekitar, yang besar dan yang kecil, yang bersih). (eksplorasi,
elaborasi, menyimak, menalar, mengkomunikasikan)
8. Murid
berelaborasi dengan teman sebangku tentang rumah yang bersih dan sehat dengan
rumah yang tidak sehat, (rumah yang bersih tidak
harus besar menginditifikasikan hasil identifikasi kepada teman sebangku (mengkomunikasikan)
9. Setelah
tercapai kesepakatan dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan dengan
kelompok pasangan yang lain (Think Pair Share)
|
|||
Penilaian proses:
a. Guru berkeliling
mengamati kerjasama anak dalam mengerjakan tugas.
b. Menilai
kerjasamanya, tanggung jawabnya, kedisiplinannya, ke aktifannya, mendominasi
atau tidak dsb)
c. Menilai
dengan lembar pengamatan perilaku.
|
|||
Gambar-gambar
untuk Example non Example
Kelompok
gambar kebersihan kelas
·
Gambar kegiatan menyapu kelas
·
Gambar kegiatan membersihkan debu
·
Gambar kegiatan menata buku
·
Membersihkan jendela kelas
Kelompok
gambar kebersihan rumah
·
Gambar kegiatan menyapu rumah
·
Gambar kegiatan mengepel lantai
·
Gambar kegiatan menata tempat tidur
·
Gambar kegiatan
membersihkan/menyapu kebun
Kelompok gambar
kebersihan lingkungan/kerja bakti kampung
Keterangan:
Diharapkan diskusi akan berkembang pada pembahasan kebersihan lingkungan,
ruang, kelas, rumah, sekolah akan berdampak pada kesehatan. Kegiatan
membersihkan lingkungan merupakan cerminan dari kerukunan dan saling
membantu, dan bekerjasama. Siswa yang sedang berdiskusi (berpikir
berpasangan) akan berdampak pada kerjasama yang baik, dan hasilnya merupakan
cerminan dari sikap bertanggung jawab.
|
|||
10. Semua kelompok mengamati, memikirkan dan menganalisis
gambar dikaitkan dengan tema yang sedang dipelajari.
11. Salah satu
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya (mengkomunikasikan dan konfirmasi),
12. Kelompok
lain untuk mendengarkan dan memberikan pendapatnya
|
|||
13. Murid bersama
guru berdiri dan menyanyikan lagu “banyak
nyamuk dirumahku” (boleh memakai bentuk lain, menggambar, menari atau
yang lainnya) untuk mencairkan suasana dan kepenatan setelah belajar
beberapa jam:
·
Guru mengamati sikap siswa dalam menyanyikan lagu
·
Memberi contoh sikap yang benar dalam menyanyi
·
Menilai siswa dalam menyanyikan lagu: (lafal syair
lagunya, cara menyanyi, sikap menyanyi, semangatnya dsb)
·
Menggunakan format pengamatan
|
|||
14. Siswa bertanya jawab tentang makna lagu.
(Bahwa salah satu dampak dari rumah yang tidak sehat, adalah
banyak nyamuk, rumah kotor, tidak sehat, mendatangkan penyakit). Dsb
|
|||
15. siswa
bercerita (berdasarkan gambar) (mengkomunikasikan) Guru Mengamati cara siswa
dalam BERCERITA (penilaian
proses)
|
|||
16. Guru dan
siswa bersama-sama siswa membuat kesimpulan tentang rumah yang bersih dan
sehat
|
|||
17. Hasil kegiatan dan pekerjaan siswa ditempel di papan yang
|
|||
Dilanjutkan
dengan menasehati siswa agar membiasakan hidup sehat
|
|||
Penutup
|
1. Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
|
15
menit
|
|
2. Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
3. Melakukan penilaian hasil belajar
|
|||
4. Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk
mengawali kegiatan pembelajaran)
|
|||
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
·
Diri anak
·
Lingkungan keluarga
·
Lingkungan sekolah
·
Buku Tematik Kelas I
·
Buku Pengembangan Diri Anak
·
Video/slide/gambar tentang teknik
cetak sederhana dan bentuk pola dan alur sederhana gunting, lipat dan tempel
·
Gambar/contoh langsung karya
cetak dengan berbagai bahan alam dan
bentuk
·
Gambar/contoh langsung hasil karya
gunting, lipat dan tempel dengan berbagai bentuk pola dan alur sederhana
·
Buku kirigami (seni mengunting)
·
Buku Pengembangan Diri Anak
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
2)
Penilaian Produk
b. Penilaian Hasil Belajar
· Pilihan
ganda
· Isian
singkat
· Esai atau
uraian
Mengetahui Guru
Kelas 1
Kepala Sekolah,
.................................................... ...............................................
NIP
............................................. NIP ........................................
PENILAIAN NON TES:
A. Penilaian
Kinerja
1. Kinerja
dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
Kerja sama
|
Keaktifan
|
Menghargai
pendapat teman
|
Tanggung
jawab
|
||||
Keterangan
Skor:
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat
Baik
Skor
maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
2. Penilaian
Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Komuni-kasi
|
Sistematika penyampaian
|
Penguasaan pengetahuan/Materi
|
Keberanian
|
Antusi-as
|
||||
Keterangan Skor :
Komunikasi: Sistematika
Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1
= Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar,
tetapi sulit dimengerti 2
= Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi
kurang jelas dimengerti 3
= Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi sangat lancar, benar dan jelas 4 = Sistematis,
uraian luas, jelas
Wawasan: Keberanian:
1 =
Tidak menunjukkan pengetahua/ materi 1
= Tidak ada keberanian
2 =
Sedikit memiliki
pengetahuan/materi 2
= Kurang berani
3 =
Memiliki pengetahuan/materi
tetapi kurang luas 3
= Berani
4 =
Memeiliki pengetahuan/materi yang
luas 4
= Sangat berani
Antusias:
1 = Tidak antusias
2 = Kurang antusias
3 = Antusias tetapi kurang kontrol
4 = Antusias dan terkontrol
Skor maksimal=20
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
B. Penilaian
Produk
1. PRODUK GAMBAR BANGUN DATAR DAN BANGUN
RUANG
No.
|
Nama Peserta Didik
|
A s p e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|||
Ketepatan menentu kan benda dengan persegi
|
Ketepatan menggam-bar persegi
|
Banyaknya benda dan gambar yang dibuat
|
Kerapian
|
||||
Keterangan Skor:
Aspek ke-1 dan ke-2
1=Kurang
2=Cukup
3=Baik
4=Sangat Baik
|
Aspek ke-3
1=Jika mengidentifikasi 3 -4
2=Jika mengidentifikasi ≥5
|
Skor
maksimal=10
Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
MEDIA: LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT (Benda Yang Terkait Dengan
Lingkungan Bersih Dan Sehat seperti: Tempat Sampah, Tempat Kapur, Tempat Pensil
tempat penghapus, Papan Tulis dsb )
No comments:
Post a Comment