RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas /
semester : IV/1
Tema : 1. Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema : 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Petemuan ke : 2
Alokasi waktu : 1x pertemuan (30 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
indonesia
3.1 Mengenali
infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi
panas,bunyi,dan cahaya,dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru
MATEMATIKA
3.6 Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya
dengan sudut yang berbeda
SBdP
3.4 mengenal tari daerah dan
keunikan gerakanya
C.
INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan
antara dua rumah adat yang di sajikan
Matematika
Membedakan
jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan
gerakan,)salah satu tarian adat (tari kipas)
D.
TUJUAN
1.
Setelah
membaca teks dan mengamati gambar,siswa mampu menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan benar
2.
Setelah
bereksplorasi ,siswa mampu membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan
benar
3.
Setelah membaca teks dan berdikusi,siswa mampu
menjelaskan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan
benar
E.
MATERI
Bahasa indonesia
Bacaan rumah
adat panjang dan rumah adat lontik
Matematika
Membedakan
sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas pakarena
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru
memberi salam dan mengajak berdoa ( relegius )
· Guru
mengecek kehadiran peserta didik
· Tanya
jawab dengan peserta didik, tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan
jenis – jenis rumah adat
· Menginformasikan
tema dan tujuan yang akan di belajarkan yaitu tentang keberagaman budaya
bangsaku
|
5 menit
|
Inti
|
· (Observing)siswa
mengamati gambar rumah adat gadang dan lontik
· (Questoning)Bertanya
jawab tentang perbedaan rumah adat panjang dan lontik.
· (Observing)siswa
mengamati gambar rumah adat gadang dan lontik.
· Guru Memberikan
kesempatan siswa untuk menemu tunjukan sudut sudut yang ada pada gambar
· Penilaian
proses
· Memperhatikan
cara siswa menunjukan sudut yang ada pada rumah adat panjang dan rumah adat
lontik
· Jika
ada siswa yang salah dalam menunjukan sudut pada gambar rumah adat panjang
dan rumah adat lontik guru memberikan petunjuk/penguatan terhadap siswa
· (Experimeting)guru
mengelompokan siswa menjadi 2 kelompok yang anggotanya 5 anak
· Guru meminta
siswa untuk mengamati gambar sebuah tari kipas pakarena
· Guru
meminta siswa untuk bisa menirukan gerakan tari kipas pakarena sesuai yang
ada pada gambar sebisanya dengan kipas bukunya masing- masing
· Guru
meminta siswa untuk membaca bacaan
teks tari kipas pakarena
|
20 menit
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyimpulkan materi yang disampaikan,tentang
rumah adat sudut,dan tari pakarena.
· Guru melakukan penilaian hasil belajar
· Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa mencintai
budaya asli indonesia.
·
Salam dan doa penutup
|
5 menit
|
H.
SUMBER
DAN MEDIA
SUMBER :
·
Buku Tematik
Kelas IV.
·
Buku referensi
.
·
Gambar
rumahadat dan gambar tari kipas pakarena
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja
b. Penilaian Hasil Belajar
1)
Mengerjakan
evaluasi
Mengetahui yogyakarta,25 september 2013
Instruktur Peserta
Rasuti
13032602710518
LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di
sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda
yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul,
dan ditekan).
Catatlah
hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No
|
Nama Benda
|
Cara menghasilkan bunyi
|
1.
|
Seruling
|
Ditiup
|
2.
|
........................
|
................................
|
3.
|
........................
|
................................
|
4.
|
........................
|
...............................
|
5.
|
........................
|
...............................
|
LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu
menjaga hubungan yang baik dengan teman di sekolah sebagai
bentuk pengamalan
nilai-nilai Pancasila!
No
|
Sila ke
|
Pengalamanmu
|
1.
|
................
|
................................................................................................
|
2.
|
................
|
................................................................................................
|
3.
|
................
|
................................................................................................
|
4.
|
................
|
................................................................................................
|
5.
|
................
|
................................................................................................
|
LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan kamu lakukan agar
tercipta keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PENILAIAN NON TES:
Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Daftar periksa eksplorasi benda yang
menghasilkan bunyi
KRITERIA
|
KETERANGAN
|
|
SUDAH
|
BELUM
|
|
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan
bunyi.
|
||
Aku sudah dapat menyebutkan cara menghasilkan bunyi dari 5 benda yang diminta.
|
||
Aku dapat menuliskan kesimpulan dari hasil percobaan.
|
2. Daftar
periksa cerita pengamalan nilai-nilai Pancasila.
KRITERIA
|
KETERANGAN
|
|
SUDAH
|
BELUM
|
|
Isi cerita sesuai dengan tema.
|
||
Isi cerita dihubungkan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila.
|
Kr 3. Rubrik Diskusi :
KRITERIA
|
BAGUS
SEKALI ( 3 )
|
CUKUP ( 2
)
|
BERLATIH
LAGI ( 1 )
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Mendengarkan teman
yang berbicara namun
sesekali masih perlu
diingatkan
|
Masih perlu
diingatkan untuk
mendengarkan
teman yang sedang
berbicara.
|
Komunikasi
nonverbal (kontak
mata, bahasa
tubuh, postur,
ekspresi wajah,
suara)
|
Merespons dan
menerapkan komunikasi
nonverbal dengan tepat.
|
Merespons dengan tepat
terhadap komunikasi
nonverbal yang
ditunjukkan teman.
|
Membutuhkan
bantuan dalam
memahami bentuk
komunikasi nonverbal
yang ditunjukkan
teman.
|
Partisipasi
(menyampaikan
ide, perasaan,
pikiran)
|
Isi pembicaraan
menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat
diskusi.
|
Berbicara dan
menerangkan secara
rinci, Merespons sesuai
dengan topik.
|
Jarang berbicara
selama proses diskusi
berlangsung.
|
Keruntutan
berbicara
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut dari awal hingga
akhir.
|
Menyampaikan
pendapatnya secara
runtut, tetapi belum
konsisten.
|
Masih perlu berlatih
untuk berbicara
secara runtut.
|
Sistematika Bahan ajar Nama:Rasuti
Kelas/semerter:IV/1 No
absen 15
Tema :Indahnya kebersamaan
J.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
indonesia
3.1 Mengenali
infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi
panas,bunyi,dan cahaya,dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru
MATEMATIKA
3.6 Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya
dengan sudut yang berbeda
SBdP
3.4 mengenal tari daerah dan
keunikan gerakanya
K.
INDIKATOR
Bahasa indonesia
Menjelaskan perbedaan antara
dua rumah adat yang di sajikan
Matematika
Membedakan
jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku
SBdP
Menjelaskan(asal,keunikan
gerakan,)salah satu tarian adat (tari kipas)
L.
TUJUAN
4.
Setelah
membaca teks dan mengamati gambar,siswa mampu menjelaskan perbedaan antara dua rumah adat dengan benar
5.
Setelah
bereksplorasi ,siswa mampu membedakan jenis sudut lancip,tumpul,dan siku siku dengan
benar
6.
Setelah membaca teks dan berdikusi,siswa mampu
menjelaskan(asal,keunikan gerakan)salah satu tarian adat(tari kipas) dengan
benar
M.
MATERI POKOK
Bahasa indonesia
Bacaan rumah
adat panjang dan rumah adat lontik
Matematika
Membedakan
sudut lancip,siku siku,tumpul.
SBdp
Tari kipas
pakarena
URAIAN DAN
MATERI
BAHASA
INDONESIA
Rumah Panjang merupakan
rumah tradisional suku
Dayak Kalimantan. Rumah ini memiliki
bentuk
memanjang dengan panjang kurang lebih
50 meter.
Keunikan rumah ini terlihat dari
bentuk bangunannya
yang panjang. Banyak kepala keluarga
yang tinggal di
dalamnya. Namun sayang sekali, rumah
unik seperti ini
sudah jarang ditemukan. Hanya beberapa
bangunan
saja yang bertahan dan masih
berpenghuni.
Rumah Lontik merupakan
rumah adat Riau, disebut
juga rumah lancang. Bentuk atapnya
melengkung ke
atas, agak runcing, seperti tanduk
kerbau. Dindingnya
miring seperti perahu atau lancang.
Hal itu
melambangkan penghormatan kepada Tuhan
dan
sesama.
Rumah adat Lontik dipengaruhi oleh
kebudayaan
Minangkabau. Rumah ini banyak terdapat
di daerah
perbatasan Sumatra Barat. Jumlah anak
tangga ru
MATEMATIKA
1. Sudut Lancip
Suatu sudut disebut sudut lancip jika
ukuran sudutnya antara 0 dan 90 derajat
(0 < sudut lancip < 90
2. Sudut Siku-Siku
Suatu sudut disebut sudut siku-siku
jika ukurannya adalah 90 derajat.
3. Sudut Tumpul
Suatu sudut disebut sudut tumpul jika
ukuran sudutnya antara 90 dan 180 derajat
(90 < sudut tumpul < 180 ).
SBdP
Tari kipas pakarena merupakan kesenian
tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi
Selatan. Tarian ini sudah menjadi
tradisi
di kalangan masyarakat Gowa yang
merupakan bekas Kerajaan Gowa.
Kisahnya berawal dari perpisahan
antara
penghuni Boting Langi (negeri
khayangan)
dan penghuni Lino (bumi) pada zaman
dahulu. Konon, sebelum berpisah,
penghuni
Boting Langi sempat mengajarkan kepada
penghuni Lino cara menjalani hidup
RANGKUMAN MATERI
Dari gambar rumah adat siswa dapat
menemukan beberapa sudut,di antaranya sudut lancipyaitu suatu sudut di sebut
lancip jika ukuranya antara 0 dan 90 derajat,sudut tumpul adalah sudut jika
ukuranya antara 90 dan 180,sudut siku siku jika ukuranya adalah 90 derajat
SUMBER BAHAN
-Buku tematik terpadu kurikulum 2013
kelas IV tema indahnya kebersamaan Terbitan kementrian pendidikan dan
kebudayaan.
.
BAHASA
INDONESIA
LEMBAR KERJA 1.
Amati benda-benda yang ada di
sekitarmu. Ambillah lima benda yang kalian anggap sebagai
sumber bunyi. Pastikan bahwa benda
yang kamu temukan berbeda cara membunyikannya
(ditiup, digesek, dipetik, dipukul,
dan ditekan).
Catatlah
hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!
No
|
Nama Benda
|
Cara menghasilkan bunyi
|
1.
|
Seruling
|
Ditiup
|
2.
|
........................
|
................................
|
3.
|
........................
|
................................
|
4.
|
........................
|
...............................
|
5.
|
........................
|
...............................
|
LEMBAR KERJA 2.
Tuliskan pengalamanmu menjaga
hubungan yang baik dengan teman di sekolah sebagai
bentuk pengamalan
nilai-nilai Pancasila!
No
|
Sila ke
|
Pengalamanmu
|
1.
|
................
|
................................................................................................
|
2.
|
................
|
................................................................................................
|
3.
|
................
|
................................................................................................
|
4.
|
................
|
................................................................................................
|
5.
|
................
|
................................................................................................
|
LEMBAR KERJA 3.
Apa yang akan kamu lakukan agar tercipta
keharmonisan dalam kehidupanmu?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PENILAIAN NON TES:
Penilaian Kinerja
1. Kinerja dalam menyelesaikan tugas kelompok.
Daftar periksa eksplorasi benda yang
menghasilkan bunyi
KRITERIA
|
KETERANGAN
|
|
SUDAH
|
BELUM
|
|
Aku sudah dapat menyebutkan 5 benda yang menghasilkan
bunyi.
|
DESKRIPSI MEDIA
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
indonesia
3.1 Mengenali
infoormasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya,gerak, energi
panas,bunyi,dan cahaya,dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru
MATEMATIKA
3.6 Mengenal sudut siku siku melalui pengamatan dan membandingkanya
dengan sudut yang berbeda
SBdP
3.4 mengenal tari daerah dan
keunikan gerakanya
Tema :Idahnya
kebersamaan
Jenis/nama media
:Gambar rumah adat dan
gambar tari pakarena
Bahan yang di gunakan
:Kertas bufalo
Kertas manila
Gunting
Lem
Cara penggunaan :Gambar
di pasang di papan tulis,siswa mengamati gambar lalu
Siswa
menunjukan sudut yg ada pada gambar
Penilai peserta
plpg
No comments:
Post a Comment