sebutkan sembilan hal yang terdapat dalam prinsip-prinsip good governance?

 on Saturday, April 12, 2014  

Ada sembilan hal yang terdapat dalam prinsipprinsip good governance, yaitu sebagai berikut.

a. Partisipasi masyarakat
Semua warga masyarakat memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan, baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui lembagalembaga perwakilan yang sah).

b. Tegaknya supremasi hukum
Segala hukum, termasuk hukum HAM, harus bersikap adil dan berlaku sama terhadap setiap orang atau warga negara.

c. Keterbukaan
Seluruh informasi, baik pemerintahan maupun nonpemerintahan serta informasi lan, harus dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan informasi yang tersedia harus memadai agar dapat dimengerti dan dipantau.

d. Peduli pada stokeholder
Pelayanan semua pihak yang berkepentingan harus dilakukan tanpa diskriminasi atau perbedaan proses birokrasi.
 
e. Berorientasi pada konsensus
Berusaha seoptimal mungkin menjembatani kepentingan-kepentingan yang berbeda demi terbangunnya konsensus yang disepakati bersama.

f. Kesetaraan
Semua warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk memperbaiki atau mempertahankan kesejahteraan sewajarnya (inklusivitas).

g. Efektivitas dan efisiensi
Proses-proses pemerintahan dan lembaga-lembaga mampu mengorganisasikan dan menggunakan sumber-sumber daya yang ada seoptimal mungkin.

h. Akuntabilitas
Para pengambil keputusan, baik di pemerintahan, swasta, ataupun organisasi-organisasi di masyarakat, bertanggungjawab kepada masyarakat maupun lembaga-lembaga yang berkepentingan.

i. Visi strategis
Para pemimpin dan masyarakat memiliki perspektif yang luas dan jauh ke depan mengenai tata pemerintahan yang baik dan pembangunan manusia, kepekaan terhadap apa saja yang dibutuhkan untuk mewujudkan perkembangan perspektif tersebut, memahami atas kompleksitas kesejahteraan, budaya, dan sosial.

;
sebutkan sembilan hal yang terdapat dalam prinsip-prinsip good governance? 4.5 5 tati Saturday, April 12, 2014 Ada sembilan hal yang terdapat dalam prinsipprinsip good governance, yaitu sebagai berikut. a. Partisipasi masyarakat Semua warga masyaraka...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.