sebutkan macam-macam paragraf induktif dan contohnnya?

 on Saturday, April 19, 2014  

paragraf induktif terdiri atas tiga macam, di antaranya:

1. Generalisasi
Generalisasi merupakan pola pengembangan sebuah paragraf yang dibentuk melalui penarikan sebuah gagasan atau simpulan umum berdasarkan perihal atau kejadian.

Contoh:
Pada pembelajaran ini, Anda akan membaca intensif teks bacaan. Dalam teks tersebut, terdapat paragraf-paragraf yang dikembangkan secara deduktif dan induktif. Saat membaca intensif tersebut, Anda akan mendeskripsikan, membedakan, dan menganalisis paragraf berpola induktif dan deduktif. Dengan belajar pola pengembangan paragraf, Anda dapat terlatih dalam menulis berbagai macam tulisan. Dua anak kecil ditemukan tewas di pinggir Jalan Jendral Sudirman. Seminggu kemudian, seorang anak wanita hilang ketika pulang dari sekolah. Sehari kemudian, polisi menemukan bercak-bercak darah di kursi belakang mobil Anwar. Polisi juga menemukan potret dua orang anak yang tewas di Jalan Jenderal Sudirman dalam kantung celana Anwar. Dengan demikian, Anwar adalah orang yang dapat dimintai pertanggungjawaban tentang hilangnya tiga anak itu.

Simpulan generalisasi tersebut ditandai dengan memberikan pernyataan yang bersifat khusus untuk mendapatkan simpulan yang bersifat umum. Dapat diketahui bahwa pikiran utama atau kesimpulan
paragraf tersebut ditandai dengan kata dengan demikian. Secara lengkap adalah Dengan demikian, Anwar adalah orang yang dapat dimintai pertanggungjawaban tentang hilangnya tiga anak itu.

2. Analogi
Berbeda dengan perbandingan dan pertentangan yang memberi sejumlah ketidaksamaan dan perbedaan antara dua hal analogi merupakan perbandingan yang sistematis dari dua hal yang berbeda,
tetapi dengan memperlihatkan kesamaan segi atau fungsi dari kedua hal tadi. Analogi biasanya digunakan untuk membandingkan sesuatu yang tidak atau kurang dikenal dengan sesuatu yang dikenal baik oleh umum untuk menjelaskan hal yang kurang dikenal umum.

Contoh:
Pencabangan suatu bahasa proto menjadi dua bahasa baru atau lebih, serta tiap-tiap bahasa baru itu dapat bercabang pula dan seterusnya, dapat disamakan dengan pencabangan sebatang pohon. Pada suatu waktu, batang pohon tadi mengeluarkan cabang-cabang baru, tiap cabang kemudian bertunas dan bertumbuh menjadi cabang-cabang baru. Cabang-cabang yang baru ini kemudian mengeluarkan ranting-ranting yang baru. Demikian seterusnya. Begitu pula pencabangan pada bahasa.

3. Sebab-akibat
Pengembangan sebuah paragraf dapat pula menggunakan sebabakibat. Sebab dapat bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Akan tetapi, sebabakibat
ini dapat juga terbalik, akibat yang menjadi gagasan utamanya dan untuk memahami sepenuhnya akibat itu perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagai perinciannya.

Contoh:
Melihat sepintas lalu masyarakat kota bandar kita terkesan oleh kesibukan-kesibukan kerja dan lalu lintas sehari-hari. Hubungan dagang dengan relasi-relasi dari luar daerah pulau ataupun asing yang pembesarannya harus selekas mungkin diadakan berhubung terikatnya perahu layar pada angin musim; pemuatan barang-barang ekspor dan pembongkaran barangbarang impor, semuanya itu tidak memungkinkan orang bekerja pelan-pelan seperti menanti menguningnya padi di musim panen.
Kiranya inilah yang membentuk tipe manusia pesisiran, yang lain dari tipe manusia pedalaman.
;
sebutkan macam-macam paragraf induktif dan contohnnya? 4.5 5 tati Saturday, April 19, 2014 paragraf induktif terdiri atas tiga macam, di antaranya: 1. Generalisasi Generalisasi merupakan pola pengembangan sebuah paragraf yang dibe...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.