Ap yang dimaksud Kualitas Benda Produksi?

 on Friday, April 24, 2015  

Kualitas Benda Produksi
Jika diminta membuat benda kerja, maka tentulah benda kerja tersebut harus dibuat sesuai dengan keinginan pemesan atau pemakai benda kerja tersebut. Jika persyaratan yang diinginkan oleh pelanggan terpenuhi dan benda yang dibuat tersebut memuaskan pelanggan, maka akan muncul kepuasan pelanggan yang pada akhirnya muncul penilaian bahwa benda kerja tersebut berkualitas.

Di dunia industri, pembuatan benda kerja dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas, karenanya untuk mencapai kepuasan pelanggan benda kerja yang di buat harus memenuhi berbagai jenis kualitas, diantaranya adalah kuaitas fungsional, kualitas perencanaan, kualitas gambar,kualitas material, kualitas geometris, kualitas psikologis, kualitas sumberdaya manusia dan kualitas manajemen industri yang membuatnya.

Diantara banyak kualitas yang harus dipenuhi, kualitas fungsional merupakan kualitas yang penting dilihat dari kemampuan benda kerja yang diproduksi untuk dapat bermanfaat/berfungsi sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mendapatkan kualitas ini maka bentuk, ukuran dan kehalusan benda kerja diperhatikan agar memenuhi kualitas yang diinginkan. Pemenuhan ukuran bentuk dan kekasaran permukaan tersebut dinyatakan kualitas geometris.

Kualitas geometris dapat dicapai jika benda kerja memenuhi persyaratan spesifikasi Geometris yang meliputi Ukuran/dimensi (dimension), bentuk (form), dan kekasaran permukaan (surface roughness)benda produksi yang dibuat memiliki persyaratan yang harus dipenuhi sehingga dapat dinyatakan bahwa produk tersebut berkualitas. Salah satu kualitas yang harus dipenuhi adalah kualitas geometris tang terdiri dari kualitas terhadap bentuk, ukuran atau dimensi, kekasaran permukaan. Akan tetapi dalam kenyataannya sulit diperoleh hasil yang sangat sempurna dalam arti ukuran, bentuk dan kehalusan yang sangat tepat. Kalau suatu komponen mesin yang kita buat ternyata mempunyai ukuran yang sangat tepat dengan bentuk yang sangat sempurna serta kehalusan permukaan komponen yang sangat halus, maka keadaan yang demikian ini barulah dikatakan bahwa komponen mesin tersebut memiliki karakteristik geometris yang ideal.

Karena di dalam proses pembuatannya banyak faktor yang terlibat sehingga faktor ini dapat mempengaruhi hasil yang diperoleh. Faktor-faktor tersebut antar lain yaitu:
  1. Cara penyetelan mesin perkakas yang tidak mungkin diperoleh proses penyayatan logam dengan sangat teliti,
  2.  Metode pengukuran yang kurang tepat,
  3.  Gerakan mesin perkakas yang kadang-kadang menimbulkan penyimpangan baik gerakan translasi maupun rotasi,
  4.  Keausan perkakas potong yang pasti terjadi meskipun kecil,
  5.  Adanya perubahan temperatur yang mempengaruhi struktur benda kerja dan juga mesin perkakas,
  6. dan faktor yang terakhir adalah adanya gaya-gaya pemotongan baik yang ditimbulkan oleh mesin perkakas itu sendiri maupun yang timbul pada benda kerja.

Yang dapat kita lakukan hanyalah berusaha mengurangi adanya penyimpangan-penyimpangan sekecil mungkin, walaupun tidak mungkin menguranginya sampai seratus persen Untuk memperoleh suatu produk yang memiliki karakteristik geometris ideal menurut ukuran yang dapat diperbuat oleh manusia tidaklah semata-mata dipengaruhi oleh proses pengerjaannya pada mesin, melainkan juga dipengaruhi oleh bagaimana manusia merencanakannya dan bagaimana pula kondisi materialnya. Oleh karena itu, bagian perencanaan suatu komponen sudah seharusnya memperhatikan tentang perbedaan-perbedaan ukuran yang diijinkan sehingga fungsi dari komponen yang dibuat terpenuhi sesuai dengan tujuan. Jadi, bagian perencanaan harus memperhatikan masalah kualitas desain. Di samping itu perlu pula diperhatikan masalah kualitas materialnya.

Bagaimana kekuatannya, bagaimana kekerasannya, dan sebagainya. Karena, kualitas material juga akan berpengaruh pada kuaitas fungsional.Dengan demikian, apabila bagian perencanaan telah merencanakan suatu komponen dengan perhitungan-perhitungan tertentu, kemudian dalam proses pengerjaannya pada mesin perkakas dapatmengurangisekecil mungkinadanyapenyimpangan-penyimpangan, maka dapat diharapkan diperolehnya suatu produk yang memiliki karakteristik geometris ideal menurut ukuran kemampuan manusia. Dan sekaligus dengan cara ini pula maka kualitas fungsional dari komponen yang dibuat bisa dipenuhi sesuai dengan tujuan.
;
Ap yang dimaksud Kualitas Benda Produksi? 4.5 5 tati Friday, April 24, 2015 Kualitas Benda Produksi Jika diminta membuat benda kerja, maka tentulah benda kerja tersebut harus dibuat sesuai dengan keinginan pemesan at...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.