jelaskan tentang Bahan Fero dan Bahan Non Fero pada logam?

 on Tuesday, April 28, 2015  

Bahan Fero
bahan logam dibedakan menjadi Logam Besi (ferro), yaitu semua jenis logam yang mengandung unsur besi hingga 100%. Logam besi sendiri dikelompokkan menjadi baja dan besi tuang. Dari segi proses pembuatan logam besi atau logam ferro juga dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

a. Baja, Adalah sebuah paduan dari besi karbon dan unsur-unsur lain, dimana kadar karbonnya jarang melebihi 2%. Jenis-jenis baja seperti baja bukan paduan (baja konstruksi), baja paduan (baja perkakas dan baja khusus).

b. Besi tuang, adalah paduan dari besi, karbon dan hampir selalu silicium serta unsur-unsur lain. Kadar karbonnya biasanya terletak antara 2,5 dan 4%, tetapi dalam hal khusus dapat lebih rendah atau lebih tinggi. Jenis-jenis besi tuang seperti besi tuang putih, besi tuang kelabu, besi tuang noduler.

 Bahan Non Fero
Logam Bukan Besi (Non Ferro) adalah semua logam yang tidak mengandung unsur besi atau hanya sedikit mengandung unsur besi. Logam bukan besi dikelompokkan lagi menjadi logam berat dan logam ringan. Logam berat, Adalah logam bukan besi yang mempunyai berat jenis tinggi (masa jenis > 5000 kg/m3). Logam yang paling penting adalah tembaga (Cu) karena logam ini banyak juga digunakan dalam bentuk murni, tetapi kebanyakan sebagai paduan tembaga seperti kuningan dan perunggu. Jenis logam berat yang lain seperti timbel (timah hitam), timah putih, nikel, dan chrom.


Logam ringan, adalah logam-logam bukan besi yang mempunyai berat jenis rendah (masa jenis < 5000 kg/m3), terutama Aluminium dan Magnesium. Aluminium banyak dipakai dalam bentuk murni, tetapi lebih sering sebagai aluminium paduan. Aluminium banyak juga dipadu dengan silicium (silumin), tembaga (duralium), dan magnesium. Magnesium boleh dikata tidak digunakan dalam dunia teknik dalam keadaan tidak terpadu. Paduan-paduan magnesium dinyatakan juga dengan nama kumpulan elektron. Titanium jarang sekali dipakai dalam dunia teknik, oleh karena sangat mahal harganya. Ia merupakan bahan yang sangat ringan dengan kekuatan yang tinggi karena itu dipakai dalam penjelajahan ruang angkasa.
;
jelaskan tentang Bahan Fero dan Bahan Non Fero pada logam? 4.5 5 tati Tuesday, April 28, 2015 Bahan Fero bahan logam dibedakan menjadi Logam Besi (ferro), yaitu semua jenis logam yang mengandung unsur besi hingga 100%. Logam besi send...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.