Apa saja Aplikasi Sistem Penyimpanan Alpabetis?

 on Thursday, April 16, 2015  

Aplikasi Sistem Penyimpanan Alpabetis
Banyak perusahaan telah merancang sistem alpabetis. Tentu saja hal ini dilakukan dengan peralatan dan karakter tertentu yang diharapkan dapat membantu kecepatan dalam penyimpanan dan penemuan kembali arsip, serta pengawasan yang ketat dalam mengantisipasi kesalahan penyimpanan. 4 (Empat) dari sistem alpabetis yang ada dibahas dalam tulisan ini, adalah

1) Variadex System
Variadex system dirancang oleh Kardex system Inc. Marietta, Ohio. Dalam sistem ini penataan alpabetis menggunakan warna tertentu untuk memudah penyimpanan dan penemuan kembali arsip. Setiap huruf alpabet diberi warna oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu. Guide Alpabetis ditempatkan pada posisi pertama, posisi kedua untuk folder campuran, posisi ketiga dan ke empat untuk folder individual; terdapat guide khusus untuk nama yang memerlukan tempat yang besar atau untuk nama-nama yang frekuensi penggunaannya tinggi. Tanda arsip keluar (out indicator) mendapat tab pada posisi kelima. Semua tab folder berwarna tertentu ada di belakang guide yang berwarna sama.

Warna tab ditentukan oleh huruf kedua dari unit yang dijadikan patokan. Bila huruf kedua adalah a, b, c, atau d maka warnanya adalah oranye, bila huruf kedua adalah e, f, g, atau h warnanya kuning. Bila huruf keduanya i, j, k, l, m, atau n warna yang digunakan hijau, bila huruf keduanya r, s, t, u, v, w, x, dan z warnanya adalah ungu. Sebagai contoh, folder untuk nama Natusch akan diberi tab berwarna oranye dan folder untuk nama Neuman diberi tab berwarna kuning, folder untuk nama Nicholas diberi tab berwarna hijau, folder untuk Nowel diberi tab berwarna biru, dan folder untuk nama Nugent atau Nystrom diberi tab berwarna ungu.

2) Alpha Code System
Alpha code system diproduksi TAB Product Company, Palo alto, California. Sistem ini digunakan untuk penataan di rak sebagai ganti penataan di dalam laci. Folder yang menampung label berkode warna pada sisi terbuka dibagi dari bagian atas, dan hanya guide yang diperlukan yang diberi huruf alpabet. Tab folder yang panjang berisi 3 label; 2 label berwarna diwakili 2 huruf pertama dari nama folder yang disimpan, dan label ketiga berwarna putih berisi nama lengkap. A berwarna merah dan C berwarna oranye. Setiap huruf alpabetis dicetak dengan warna berbeda atau dengan satu atau dua garis berwarna sehingga tiap 2 huruf pertama setiap folder akan mudah terlihat. Sebab dari 2 warna yang terlihat terdiri atas 10 warna spectrum warna yang diformulasikan secara khusus sehingga seandainya warna itu menyilaukan, menjadi tidak menyilaukan lagi.

Keuntungan sistem ini adalah:
  • penyimpanan dengan menggunakan rak terbuka akan lebih cepat dilakukan daripada menggunakan laci-laci yang harus dibuka dan ditutup
  • Setiap folder yang salah simpan akan cepat terlihat sebab warnanya tidak sama dengan warna yang lain;
  • Label dalam folder dan guide dapat dilihat dari sisi lain;
  • Seperangkat guide alpabetis a-z diperlukan, sedangkan sub bagian tidak diperlukan lagi. Namun kerugian sistem ini adalah sistem warna yang tidak sesuai dengan ketentuan, meskipun sistem alpabetis dikelola secara menyeluruh dengan warna berbeda.
3) Super Ideal System
Super ideal system dibuat oleh Shaw Waker of Muskegon, Michigan. Sistem ini mempunyain guide alpabetis yang dinomori secara berurutan dengan tab one fifth cut yang ditegakkan pada bagian pertama dan kedua. Folder campuran dengan tab one fifth cut diberi nomor untuk menghubungkannya dengan guide yang diikuti pada posisi I. Folder nama individual dengan one third cut ditegakkan dalam posisi dua dan tiga. Guide nama dengan guide one third cut ada pada bagian kanan. Guide keluar dengan tab one third cut pada posisi ketiga. Notasi pada beberapa guide dan tab folder campuran digunakan (contoh BE, BL, BR). Notasi tertutup ganda digunakan pada huruf-huruf alpabetis yang berisi kombinasi huruf yang banyak dipergunakan (Contoh; B, C, H, M).

Oleh karena itu karena itu keuntungan sistem ini adalah tidak mengandalkan pada warna, dan folder file standar dan label dapat digunakan. Folder campuran mempunyai tab pada ukuran yang sama dan posisi seperti guide primer sehingga memudahkan petugas penyimpan untuk melihat alpabetis secara keseluruhan. Penggunaan huruf dan nomor pada tab guide memungkinkan dilakukannya dua kali pengecekan secara sepat dan benar. Kerugiannya adalah bahwa penambahan folder individu untuk disimpan, akan mengacaukan tatanan, sejak beberapa kombinasi posisi tab ketiga dan keempat disimpan bersamaan. Tampilan berkas yang disimpan di laci kelihatan kacau. Hal ini tidak akan menjadi masalah bila folder disimpan dalam penataan yang lurus. Salah simpan lebih sering terjadi pada saat hanya mengandalkan penataan secara alpabetis saja tanpa warna yang dapat digunakan untukmengecek.

4) Alpha–Z System
Alpha-Z system yang diproduksi oleh Smead Manufacturing Company Hatings, Minnesota merupakan metode pemberian kode warna pada laci. Berkas rak terbuka dengan elemen building block yang secara sederhana ditambahkan bersama berkas yang berkembang. Folder mempunyai tab akhir dengan tanda tiga label. Label tersedia dalam 13 warna dengan huruf warna putih di atas latar belakang berwarna, untuk setengah bagian pertama dari alpabetis dan huruf berwarna pada latar belakang putih untuk menandai huruf alpabet. Label pertama menampung nama yang diketik berwarna dan huruf alpabet pada unit pertama nama. Label kedua dan ketiga diberi kode warna

untuk menghubungkan dengan huruf II dan II pada unit pertama dari nama yang disimpan. Semua label mudah dibaca dan setiap sisi folder bagian alpabetis mudah dilihat dalam label yang disisipkan dan ditempel pada bagian atas guide biru yang tebal. Sub bagian dari alpabetis ditentukan oleh perusahaan yang membutuhkan Guide keluar yang kalau dalam 7 warna sesuai dengan warna tempat berkas yang dipindahkan. Keuntungan terbesar dari sistem ini adalah folder dapat ditambahkan dengan sangat mudah sebanyak yang dibutuhkan. Peralatan dari bagianbagian sistem ini mudah didapat di toko-toko terdekat, sebab label yang ditempatkan terbuat dari tab yang biasa namun dilindungi dengan laminating, digosok, dan dilumasi. Proteksi ini membuat folder menjadi kuat meski sering dipegang petugas ketika memindahkan dan menyisipkan.

Kerugiannya, pada saat digunakan warna yang berurutan dapat saja diambil bersamaan, dan warna yang membingungkan akan menyebabkan kesalahan menyimpan. Ini mungkin terasa berat bagi orang yang tidak bisa membedakan dari 13 warna. A merah, B biru tua, C hijau tua, D biru muda, E purple, F oranye, G abu-abu, H coklat tua, I pink, J kuning, K coklat muda, L lavender, dan M hijau muda. Urutan ini diulang lagi dari N - Z.
;
Apa saja Aplikasi Sistem Penyimpanan Alpabetis? 4.5 5 tati Thursday, April 16, 2015 Aplikasi Sistem Penyimpanan Alpabetis Banyak perusahaan telah merancang sistem alpabetis. Tentu saja hal ini dilakukan dengan peralatan dan ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.