Jelaskan plastik Bahan Non logam Buatan?

 on Thursday, April 30, 2015  

Bahan Non logam Buatan
a. Plastik
Plastik berasal dari minyak mineral, gas alam, batu bara, batu kapur, udara, air, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengolahannya dapat dikerjakan pada proses panas dan tekanan. Pada umumnya plastik tahan korosi baik oleh atmosfer maupun oleh beberapa zat kimia, sebagian dapat terapung, cukup ulet dan kuat, dengan pewarnaan wujudnya menjadi menarik, sifat mekaniknya tidak mudah pecah dan rapuh, beberapa bahan plastic koefisien geseknya rendah.
Plastik cenderung memuai yaitu menjadi lebih panjang karena adanya beban, diatas suhu 200°C sifatnya menjadi kurang baik, Terjadi perubahan polimer selama pemakaian karena sinar ultra violet.

1) Plastik Thermosetting
Bahan baku termoseting (resin) berbentuk biji-biji kering dan bahan tambahan dimasukkan kedalam cetakan lalu dipanaskan sampai 1500 C, kemudian ditekan dengan gayakira-kira 150 atm hingga mencair dan memenuhi model. Selanjutnya dipanasi lagi hingga bahan tersebut mengeras, lalu tutup cetakan dibuka dan benda tersebut diangkat. Macam Plastik Thermosetting dan Kegunaannya :

a) Fenol Formaldehida
Bahan ini karena adanya polimer dasar fenol dan formaldehida dengan reaksi kondensasi. Hasil polimer murni berwarna putih susu dan lama-kelamaan menjadi lebih gelap. Butirannya dicetak dicampur dengan bahan pewarna. Salah satu nama dagang Fenolik adalah Bakelit.Pada prinsipnya penggunaan Fenol Formaldehida adalah untuk peralatan listrik, pegangan pintu, bahan laminasi pada isolasi listrik, bahan phenolic resin yaitu lem untuk pembuatan ply wood dan hardboard.

(b) Urea Formaldehida
Urea resin harganya lebih murah daripada Fenolik. Ciri-cirinya adalah warnanya lebih terang dan macam warnaya tak terbatas, tidak berbau, tidak berasa dan tahan air.Urea
Formaldehida digunakan untuk pembuatan lem yang tahan air, tutup botol dan alat makan.

(c) Melamin Formaldehida
Dihasilkan dengan metode yang sama dan mempunyai sifat serupa dengan FenolFormaldehida maupun Urea Formaldehida, tetapi lebih tahan air, alkali dan tahan panas.
Melamin Formaldehida digunakan untuk pembuatan alat-alat makan, peralatan rumah tangga dan bagian yang tahan terhadap larutan.

Dalam penggunaannya kadang-kadang Plastik Thermosetting diberi bahan pengisi/bahan tambahan agar diperoleh sifat yang lebih baik, misalnya untuk meningkatkan kekuatannya. Beberapa Penggunaan Plastik Thermosettting yang telah diberi Bahan Tambah, diantaranya:
  1. Ditambah bahan pengisi serbuk kayu, digunakan untuk bahan yang dapat menahan gaya tumbuk.
  2. Ditambah bahan pengisi mika, dapat digunakan pada bahan yang menahan gaya panas tinggi dan dipakai dalam teknik listrik.
  3. Ditambah bahan pengisi selulosa alfa, lebih lentur dan tahan gaya tumbuk, digunakan untuk pembuatan plastik bening/transparan
  4.  Ditambah bahan pengisi kain kapas, dapat menambah kekuatan dan mengurangi sifat pengerjaan penghalusan.
  5.  Ditambah bahan pengisi kertas, dapat menambah daya tahan beban tumbuk.
  6. Ditambah bahan pengisi asbes, dapat mempertinggi kekuatan panas dan penyekatan tetapi dapat mengurangi sifat pengerjaan penghalusan.
  7. Ditambah bahan pengisi grafit, digunakan untuk pembuatan alat mesin yang bergesekan, misalnya bantalan.
  8.  Ditambah bahan pengisi karbon, lebih tahan terhadap reaksi kimia dan dapat menghantarkan arus listrik.
  9.  Ditambah bahan pengisi kanvas, agar lebih elastis, digunakan untuk pembuatan roda gigi yang tidak berbunyi.
;
Jelaskan plastik Bahan Non logam Buatan? 4.5 5 tati Thursday, April 30, 2015 Bahan Non logam Buatan a. Plastik Plastik berasal dari minyak mineral, gas alam, batu bara, batu kapur, udara, air, binatang dan tumbuh-tumb...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.