Jelaskan bahan non logam Plastik Thermoplastik dan juga asbes?

 on Thursday, April 30, 2015  

Plastik Thermoplastik
Termoplastik merupakan bahan yang menjadi plastis karena pemanasan dan bentuknya dapat diubah dalam keadaan plastis. Macam Plastik Thermosetting dan Kegunaannya :
(a) Polietin

Terbentuk dari polimerisasi etilen yang dicampur dengan berbagai bahan tambahan yang cocok untuk dituang, misalnya lebih dari 2% karbon hitam untuk memperbaiki stabilitas bahan terhadap sinar matahari langsung, lebih dari 10% karet agar tidak mudah pecah dan pigmen untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Polietin tahan terhadap larutan kimia, ulet, fleksibel terhadap pengaruh suhu, suhu pelunakannya rendah dan dapat dicetak menjadi berbagai macam bentuk.Polietin banyak dipergunakan untuk isolasi listrik, alat dapur, boneka dan sebagai lembaran untuk pembungkus.

(b) Polivinil Khlorida (PVC)
PVC tahan terhadap zat kimia dan larutan keras, dipergunakan untuk pembuatan tangki kimia, pipa-pipa, isolasi kawat listrik, dan mantel.

(c) Polistiren
Polistiren merupakan bahan yang rapuh dan transparan sehingga harus ditambah bahan lain untuk memperoleh sifat yang ulet, misalnya ditambah 5-25% kopolimer styrene butadiene.Polistiren tahan asam, mudah dimuaikan seperti busa padat, dipergunakan untuk isolator listrik, bagian-bagian refrigerator, tempat makanan, boneka, busa padat, komponen body motor, dan kotak bateray.

(d) Poliamida dan Poliester/nilon
Poliamida dan Poliester dihasilkan dengan reaksi kondensasi polimerisasi, poliamida disebut juga nilon.Nilon sangat kuat, ulet, dan tahan gesek, flexible, zat kimia, tahan larutan keras dan mempunyai ketahanan tumbuk tinggi dan suhu pelunakannya tinggi (200°C).Nilon menyerap air menyebabkan berkurangnya kekuatan.Nilon dibuat serat dan dicetak untuk perlengkapan listrik, roda gigi, katup dan bantalan.

c. Asbes
Suatu jenis mineral yang terdiri atas asam kersik dan magnesium berbentuk serat, tidak kuat dan mudah putus tetapi tidak bisa terbakar sehingga tahan suhu tinggi.Mineral Khrisotil seratnya bervariasi panjang dan pendek, banyak terdapat di Pulau seram.Jenis mineral Antopilit seratnya juga bervariasi tetapi tidak dapat dipintal dan lebih tahan asam, banyak terdapat di Kebumen, Jawa Tengah.

Asbes berwarna kelabu keperak-perakan, tidak dapat terbakar dan tahan panas tinggi. Asbes berkualitas tinggi digunakan untuk pelapis rem mobil, serat asbes murni digunakan untuk keperluan kimia, tali dan kain asbes digunakan untuk pembuatan kaos tangan, baju tahan api, isolasi listrik dan panas, bahan paking dan peredam bunyi.Asbes juga dapat dipergunakan sebagai bahan bangunan.
Asbes digiling diusahakan diperoleh serat yang panjang karena harganya lebih tinggi dan pemakaiannya lebih banyak.Serat hasil penggilingan sangat lunak sehingga dicampur kapas untuk dipintal.
;
Jelaskan bahan non logam Plastik Thermoplastik dan juga asbes? 4.5 5 tati Thursday, April 30, 2015 Plastik Thermoplastik Termoplastik merupakan bahan yang menjadi plastis karena pemanasan dan bentuknya dapat diubah dalam keadaan plastis. M...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.