Komposisi Tata Letak dalam penciptaan karya seni ?

 on Saturday, April 11, 2015  

Komposisi Tata Letak
Komposisi (composition) adalah usaha untuk mendapatkan keseimbangan bentuk dalam mengorganisasikan unsur-unsur terpenting dalam penciptaan karya seni dan atau media komunikasi grafis yang harmonis, komunikatif, dan persuasif. Kaidah-kaidah komposisi yang harus diketahui adalah :
  1. Proporsi (proportion), merupakan perbandingan ukuran yang digunakan untuk   menentukan perbandingan yang tepat antara panjang dan lebar antara gambar dengan bidang gambar.
  2.  Keseimbangan (balance), yaitu kesamaan dari unsur-unsur tertentu yang berlawanan ataupun bertentangan. Dalam bidang desain, yaitu suatu keadaan ketik di semua bagian pada karya tidak ada yang lebih terbebani, atau di semua bagian bebannya sama sehingga akan membawa rasa tenang dan enak dilihat.
  3.  Irama atau ritme, yaitu adanya pengulangan dan gerakan yang ajek, teratur, terus menerus, yang bisa divisualisasikan dengan garis, tekstur, bidang, bentuk, maupun warna.
  4.  Kesatuan (unity), artinya seluruh unsur yang dipergunakan harus saling berhubungan dengan baik, mengandung makna dan menarik. Beberapa hubungan tersebut antara lain hubungan kesamaan, hubungan kemiripan, hubungan keselarasan, hubungan keterikatan, hubungan keterkaitan danhubungan kedekatan.
  5. Pusat perhatian (focus of interest), menyangkut peletakan unsur yang menjadi perhatian utama atau paling dominan untuk disampaikan. Misalnya judul, peletakannya bergantung kepada pertimbangan estetika, komunikatif, dan persuasif.
  6. Kontras (contrast), merupakan perbedaan keadaan unsur-unsur atau antara organisasi unsur yang dapat dicapai dengan perbedaan tinggirendah, panas-dingin warna, termasuk cerah dan suramnya. Selain kaidah-kaidah di atas, perlu mempertimbangkan berat dan ringannya bidang. Keseimbangan dapat dicapai dengan bidang yang tidak selalu sama besar, tetapi didapat dari unsur lain, misalnya warna ataupun bentuk. Gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa keseimbangan sangat dipengaruhi oleh unsur lain.


Untuk meletakkan unsure gambar dan teks dapat dilakukan dengan susunan vertikal, horizontal, diagonal maupun bersinggungan. Hal ini hanya merupakan pola dasar dan desainer harus selalu mengembangkan berbagai pola peletakan sesuai dengan misinya.

Alan Swann dalam buku Basic Design and Lay Out menyatakan bahwa keputusan pertama yang harus diambil di dalam mendesain adalah menyangkut bentuk, ukuran, dan proporsi. Langkah-langkah dasarnya sebagai berikut :
1. Menentukan bentuk (shape).








2. Menentukan peletakan








3. Menentukan proporsi




 
4. Menentukan lay ot




5. Menentukan bentuk (shape) yang sudah dipilih





6. Menentukan proporsi yang paling baik

7. Menambahkan ruang-ruang untuk naskah (body copy)





8. Membuat bentuk-bentuk alternatif





9. Menentukan posisi teks yang akan menjadi kepala (judul)

10. Mengubah ukuran judul

11. Melengkapi judul dengan garis-garis naskah

12. Memasukkan bentuk (shape)
13. Melakukan variasi antara bentuk, garis naskah, dan judul

14. Menentukan jenis huruf judul baru, jenis huruf naskah. Melakukan eksperimen dengan mengubah jenis huruf naskah maupun judul.

15. Bereksperimen dengan jenis-jenis huruf untuk desain, misalnya jenis huruf dekorati



16. Menambahkan warna pada judul diikuti warna pada teks. Penting untuk memahami
      psikologi warna dan pengaruhnya kepada karakteristik sasaran.
17. Memasukkan ilustrasi dan memperhatikan kesesuaian dengan huruf, baik judul maupun naskah.
18. Memasukkan ilustrasi baik foto-foto maupun hand drawing dan menyesuaikan dengan
      jenis huruf, baik judul maupun naskah.
;
Komposisi Tata Letak dalam penciptaan karya seni ? 4.5 5 tati Saturday, April 11, 2015 Komposisi Tata Letak Komposisi (composition) adalah usaha untuk mendapatkan keseimbangan bentuk dalam mengorganisasikan unsur-unsur terpenti...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.