jelaskan mengenai hutan kerangas,hutan batu kapur,Hutan pada Batu Ultrabasik?

 on Tuesday, October 21, 2014  

Hutan Kerangas
Hutan kerangas terdapat pada tanah-tanah podsol dari pasir kuarsa yang miskin hara dan sangat masam, serta keadaan iklim yang sama dengan hutan hujan dataran rendah. Akan tetapi, struktur fisiognomi dan floranya berbeda dari hutan hujan dataran rendah.
Adapun ciri-ciri hutan kerangas sebagai berikut.

a) Pohon-pohonnya kerdil dan jarang serta atapnya terbuka, sedangkan jenis tumbuhan di
    bawahnya rapat dan berkayu.

b) Tumbuhan yang dominan adalah jenis jambu. Jenis-jenis  pohon utama lainnya adalah
    cemara, perepat darat,  blangeran, giam padi, giam tembaga, gerunggang, melur, melur tali,
    sekel, dan damar. Jenis-jenis perdu dan herba juga terdapat pada hutan ini.Hutan kerangas
    terdapat di Pulau Bangka, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, dan Papua.

Hutan Batu Kapur
Hutan batu kapur terdapat pada areal sempit dengan habitat dan floranya yang khas. Pada hutan ini terdapat jenis-jenis flora endemik (hanya terdapat di tempat-tempat tertentu) dan langka.

 Hutan pada Batu Ultrabasik
Terdapat di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Tanahnya berasal dari serpentinit dan mengandung unsur besi (Fe) serta magnesium (Mg) tinggi, tetapi kandungan silikonnya (Si) rendah. Selain itu, juga mengandung unsur-unsur lain yang merupakan racun bagi tanaman dalam jumlah banyak,

terutama nikel, kobalt, dan kromium. Jenis tumbuhannya bervariasi, mulai dari semak-semak yang terbuka sampai pohon-pohon yang tinggi dan rapat. Susunan tumbuhannya dapat sangat lain (merambat dengan batang berkayu panjang) atau mirip dengan hutan pada tanah-tanah yang lain.
;
jelaskan mengenai hutan kerangas,hutan batu kapur,Hutan pada Batu Ultrabasik? 4.5 5 tati Tuesday, October 21, 2014 Hutan Kerangas Hutan kerangas terdapat pada tanah-tanah podsol dari pasir kuarsa yang miskin hara dan sangat masam, serta keadaan iklim yang...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.