jelaskan prosedur perubahan konstitusi menurut C.F. Strong?

 on Wednesday, October 29, 2014  

Menurut C.F. Strong, ada empat macam prosedur perubahan kosntitusi adalah sebagai berikut.
a. Perubahan konstitusi yang dilakukan oleh pemegang kekuasaan legislatif, akan tetap yang dilaksanakan menurut pembatasanpembatasan tertentu. Perubahan ini terjadi melalui tiga macam kemungkinan sebagai berikut.

1) Pertama, untuk mengubah konstitusi, sidang pemegang kekuasaan legislatif harus dihadiri
    oleh sekurang-kurangnya sejumlah anggota tertentu (kuorum) yang ditentukan secara pasti.

2) Kedua, untuk mengubah konstitusi maka lembaga perwakilan rakyat harus dibubarkan
    terlebih dahulu dan kemudian diselenggarakan pemilihan umum. Lembaga perwakilan rakyat
    harus diperbaharui inilah yang kemudian melaksanakan wewenangnya untuk mengubah konstitusi.

3) Ketiga, adalah cara yang terjadi dan berlaku dalam sistem majelis dua kamar. Untuk
    mengubah konstitusi, kedua kamar lembaga perwakilan rakyat harus mengadakan
    sidang gabungan. Sidang gabungan inilah, dengan syaratsyarat seperti dalam cara pertama,
    yang berwenang mengubah kosntitusi.

b. Perubahan konstitusi yang dilakukan rakyat melalui suatu referendum. Apabila ada kehendak untuk mengubah konstitusi maka lembaga negara yang diberi wewenang untuk itu mengajukan usul perubahan kepada rakyat melalui suatu referendum. Usul perubahan konstitusi yang dimaksud disiapkan lebih dulu oleh badan yang diberi wewenang untuk itu. Dalam referendum atau plebisit ini rakyat menyampaikan pendapatnya dengan jalan menerima atau menolak usul perubahan yang telah disampaikan kepada mereka. Penentuan diterima atau ditolaknya suatu usul perubahan diatur dalam konstitusi.

c. Perubahan konstitusi yang berlaku pada negara serikat yang dilakukan oleh sejumlah negara bagian. Perubahan konstitusi pada negara serikat harus dilakukan dengan persetujuan sebagian terbesar negara-negara tersebut. Hal ini dilakukan karena konstitusi dalam negara serikat dianggap sebagai perjanjian antara negara-negara bagian. Usul perubahan konstitusi mungkin diajukan oleh negara serikat, dalam hal ini adalah lembaga perwakilannya, akan tetapi kata akhir berada pada negara-negara bagian. Di samping itu, usul perubahan dapat pula berasal dari negara-negara bagian.

d. Perubahan konstitusi yang dilakukan dalam suatu konvensi atau dilakukan oleh suatu lembaga negara khusus yang dibentuk hanya untuk keperluan perubahan. Cara ini dapat dijalankan baik pada negara kesatuan ataupun negara serikat. Apabila ada kehendak untuk mengubah konstitusi, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dibentuklah suatu lembaga negara khusus yang tugas serta wewenangnya hanya mengubah konstitusi. Usul perubahan dapat berasal dari pemegang kekuasaan perundang-undangan dan dapat pula berasal dari pemegang kekuasaan perundangundangan dan dapat pula berasal dari lembaga negara khusus tersebut. Apabila lembaga negara khusus dimaksud telah melaksanakan tugas serta wewenang sampai selesai,dengan sendirinya lembaga itu bubar.

;
jelaskan prosedur perubahan konstitusi menurut C.F. Strong? 4.5 5 tati Wednesday, October 29, 2014 Menurut C.F. Strong, ada empat macam prosedur perubahan kosntitusi adalah sebagai berikut. a. Perubahan konstitusi yang dilakukan oleh peme...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.