sebutkan metode penyampaian informasi melalui penyajian karangan eksposisi ?

 on Saturday, October 4, 2014  

Karangan eksposisi
Pada dasarnya, karangan eksposisi mengungkapkan metode dan teknik analisis yang harus dapat menjelaskan, menguraikan, atau me nerangkan suatu gagasan kepada pembaca. Cara-cara yang biasa digunakan untuk menyampaikan informasi melalui penyajian karangan eksposisi adalah sebagai berikut

1) Metode identifikasi
Metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsurunsur pengenal suatu objek sehingga para pembaca lebih mengenal objek tersebut.

2) Metode perbandingan
Metode yang berusaha membandingkan suatu objek yang digarapnya melalui perbandingan dengan suatu objek lain yang telah dikenal.

3) Metode ilustrasi
Metode yang dilakukan dengan cara menjelaskan suatu kaidah yang abstrak dengan membeberkan contoh-contoh konkret.

4) Metode klasifikasi
Metode yang dilakukan dengan cara membagi atau mengelompokkan suatu objek ke dalam kelompok tertentu berdasarkan ciri-ciri khusus atau tertentu.

5) Metode definisi
Metode yang dilakukan dengan cara membatasi suatu ruang atau hal yang didefinisikan.

6) Metode analisis
Metode yang dilakukan dengan cara membagi suatu subjek ke dalam komponen-komponennya. Fakta yang ada dalam karangan eksposisi dipakai hanya sebagai alat untuk mengkonkretkan, yaitu membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan itu lebih konkret.

;
sebutkan metode penyampaian informasi melalui penyajian karangan eksposisi ? 4.5 5 tati Saturday, October 4, 2014 Karangan eksposisi Pada dasarnya, karangan eksposisi mengungkapkan metode dan teknik analisis yang harus dapat menjelaskan, menguraikan, ata...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.