Apa saja Faktor-Faktor Tata Rias Tari?

 on Tuesday, September 23, 2014  

 Tata rias tari tergolong pada tata rias pertunjukan. Tata rias wajah atau make-up yang Anda kenal sekarang ini, secara relatif merupakan hasil penemuan abad modern. Pada zaman dahulu, seni tari tidak begitu mengindahkan seni tata rias wajah, yang penting sampai pada tujuannya saja. Biasanya, untuk menegaskan maksud atau tujuan dipergunakan topeng dengan berbagai ukuran atau rias muka yang tidak tampak wajar, sehingga sering tampak terlampau tebal dengan garis-garis yang kurang halus. Dengan adanya perkembangan teknologi terutama adanya lampu yang dipergunakan untuk penerangan panggung, maka untuk mengungkapkan ekspresi yang diinginkan, penguasaan teknik rias sangatlah penting. Akibat adanya penemuan listrik/lampu, pencahayaan pentas yang tadinya bersifat tradisional beralih pada pencahayaan modern. Ini memungkinkan dihasilkannya teknik rias muka yang lebih sempurna, tipis dan wajar. Untuk menghasilkan rias panggung yang wajar dan tepat, perlu
diperhatikan adanya faktor-faktor sebagai berikut.

a. Tata Rias Penari
Hal yang paling menonjol dalam tata rias penari adalah rias watak yang bertujuan untuk mengungkap gambaran watak manusia melalui ekspresi wajahnya.

b. Anatomi Wajah
Pemahaman mengenai anatomi wajah sangat penting terutama berhubungan erat dengan penentuan bayangan dan kesempurnaan pencahayaan.

c. Pencahayaan dan Bayangan
Wajah manusia berbentuk tiga dimensi. Oleh sebab itu, kesalahan memberi bayangan pada wajah mungkin saja akan mengubah watak tokoh.

d. Efek Warna terhadap Pigmen
Menurut para ahli pigmen manusia tidak berwarna, tetapi mempunyai kemampuan menyerap beberapa sinar serta memantulkannya sesuai dengan sifat warna tertentu. Oleh karena itu, seorang penata rias harus mengenal warna-warna dasar dengan berbagai pencampuran warna dan efek perubahannya bila dioleskan pada kulit manusia. Pemahaman tentang kulit manusia pun akan membantu menghasilkan rias wajah yang wajar.

e. Organisasi Warna Rias
Pengetahuan tentang warna akan membantu penata rias dalam mengolah warna untuk membantu pembentukan karakter dan untuk kepentingan pentas di atas panggung.

f. Efek Cahaya pada Tata Rias
Pengetahuan efek cahaya akan membantu penata rias dalam menentukan warna-warna yang sesuai dengan kondisi cahaya saat pementasan tari. Oleh karena itu, kerja sama dengan penata cahaya adalah hal yang tidak dapat dihindarkan.

g. Bahan-Bahan Tata Rias
Bahan tata rias merupakan hal utama dalam merias penari. Pengetahuan tentang bahan-bahan rias adalah mutlak. Adapun bahan-bahan tata rias yang biasa digunakan dalam penataan rias tari adalah sebagai berikut.
1) Foundation (dasar bedak)
2) Liners (alat yang digunakan untuk eyeshadow, lip colour, shadow, dan highlight)
3) Powder (bedak)
4) Eyebrow pencil (pensil alis mata)
5) Rouge (perona pipi)
6) Powder puffs (pemulas bedak)
7) Powder brushes (sikat halus untuk membersihkan kelebihan bedak)
8) Eye shadow (perona mata)
9) Paint brushes (untuk menggambarkan efek khusus pada mata, biasanya terbuat dari bulu musang)
10) Cold cream (untuk membersihkan wajah)
11) Lipstik (perona bibir)
12) Rias muka korektif (teknik yang digunakan untuk penyempurnaan riasan muka)
;
Apa saja Faktor-Faktor Tata Rias Tari? 4.5 5 tati Tuesday, September 23, 2014  Tata rias tari tergolong pada tata rias pertunjukan. Tata rias wajah atau make-up yang Anda kenal sekarang ini, secara relatif merupakan ha...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.