jelaskan profil cina sebagai negara berkembang?

 on Sunday, September 28, 2014  

Cina
Giantic Size merupakan sebutan untuk negara ini, di samping sebutan negara Tirai bambu. Ekonomi Cina saat ini berkembang dengan pesat yang ditandai bangkitnya sektor industri. Kesohoran Cina juga ditentukan oleh persebaran penduduk di seluruh penjuru dunia sehingga menghasilkan China Town, yaitu perkampungan dengan ciri khas kebudayaan Cina.
a. Letak dan Luas
Cina terletak di kawasan Asia Timur (Gambar 6.16), dan secara astronomis terletak antara 180 LU - 54° LU dan 73° BT - 135° BT. Negara ini merupakan suatu daratan yang luasnya sekitar 9.592.961 km2.
Sebelah utara : Mongolia
Sebelah timur : Laut Cina Timur dan Laut Kuning
Sebelah selatan : Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, dan Vietnam
Sebelah barat : Kazakstan, Tadzikistan, dan Afganistan
b. Bentang Alam
Bentang alam Cina dibedakan menjadi dua, yaitu Cina Utara dan Cina Selatan. Kedua wilayah tersebut dibatasi oleh Pegunungan Sinling yang membujur dari arah tenggara ke barat laut.
1) Cina Utara
Wilayah Cina Utara didominasi dataran rendah yang luas dan berdebu. Wilayah ini terdapat Gurun Gobi (Gambar 6.17) dan Gurun Ordos yang menghasil tanah loss, yaitu tanah subur yang terbentuk karena pengendapan debu gurun pasir. Wilayah ini banyak dijumpai sabana dan stepa juga banyak ditemukan lahan pertanian.

2) Cina Selatan
Berbeda dengan Cina Utara, Cina Selatan didominasi dataran tinggi yang kompleks. Wilayah ini meliputi daerah Sungai Yang Tse Kiang, Pegunungan Cina Selatan, Plato Yunan, Plato Kwei Chow dan Daerah Lembah Szechwan. Wilayah ini merupakan satu rangkaian dengan Pegunungan Himalaya. Di wilayah ini juga terdapat Pegunungan Tien syan, Pegunungan Kwenlun, dan Dataran Tinggi Tibet. Danau yang terdapat di daerah ini adalah Danau Lopnor. Sungai-sungai yang mengalir di Cina di antaranya Sungai Yang tse Kiang (5.520 km), bermuara di laut Cina Selatan dan merupakan sungai terpanjang di Benua Asia. Sungai Hwang Ho atau sungai Kuning (4.700 km), bermuara di Laut Kuning

c. Penduduk
Cina mempunyai penduduk terbesar di dunia, oleh karena itu Cina selalu melakukan berbagai upaya penanggulangan besarnya jumlah penduduk. Salah satu kebijaksanaan kependudukan adalah kebijakan satu keluargasatu anak. Sebagian besar penduduk Cina adalah ras Cina han (93%) dan beberapa etnik lain, yaitu Tibet, Kazakh, Mongol (Gambar 6.19), dan Uighur. Sebagian besar penduduk Cina menganut agama Kong Hu Cu, Budha, dan Tao. Penduduk Cina yang menganut agama islam terdapat di Propinsi Xiang dengan ibu kotanya Urumchi.

d. Perekonomian
1) Pertanian
Terdapat dua wilayah pertanian, yaitu di Cina utara dan Cina Selatan. Cina utara merupakan daerah pertanian gandum yang ditanam pada musim semi di sepanjang Mongolia masuk ke daerah Manchuria. Cina selatan merupakan daerah pertanian padi dan gandum di daerah Yang Tse. Selain itu, padi juga ditanam di daerah Cina Barat Laut dan Szechwan. Cina juga menghasilkan teh yang berkualitas yaitu di Zhejiang (Gambar 6.20).

2) Pertambangan
Hasil pertambangan Cina antara lain batubara, bijih besi, mangan, timah, merkuri (raksa), timah hitam, seng dan minyak bumi. Batubara di tambang di utara Sungai Yang Tse, Fooshin, Kailan, Huainan, Jixi, Hegang, dan Datong. Adapun minyak bumi ditambang di Jongaria, Lembah Tsaidam, Karidor Gansu, Lembah Szechwan, dan Taheng.

3) Industri
Hasil industri Cina, antara lain tekstil semen, pupuk, alat-alat pertanian, lokomotif, kapal, traktor, dan truk. Kawasan industrinya terpusat di daerah pantai, meliputi Kota Shanghai, Beijing, Tianjin, dan Kota Shenyang.

4) Perdagangan
Barang-barang yang diimpor Cina, antara lain mesin, logam, kapas, dan biji-bijian. Barang ekspor utamanya yaitu tekstil, kendaraan bermotor, teh, buah-buahan, sayuran, dan minyak bumi. Mitra dagang terbesar Cina yaitu Jepang, Amerika Serikat, Jerman, dan Singapura.
5) Perikanan
Meskipun tidak sebesar Jepang, Cina merupakan penghasil ikan yang cukup besar di dunia. Rata-rata produksi ikan di Cina mencapai 6 juta ton/ tahun. Daerah perikanan di Cina, antara lain Guangzou, Luda, Qingdao, Shanghai, dan Lu-sun.
;
jelaskan profil cina sebagai negara berkembang? 4.5 5 tati Sunday, September 28, 2014 Cina Giantic Size merupakan sebutan untuk negara ini, di samping sebutan negara Tirai bambu. Ekonomi Cina saat ini berkembang dengan pesat y...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.