sebutkan contoh tari dari amerika?

 on Sunday, September 28, 2014  

Tari Tango
Buenos Aires (Argentina) ditemukan oleh tim ekspedisi Spanyol pada tahun 1536. Kemudian pada tahun 1580, mulai berdatangan imigran asal Prancis, Italia, dan Spanyol ke kota Buenos Aires, dan menjadikan kota tersebut kota besar. Pada tahun 1816 mulai dikenalkan tari Wals, kemudian Polka, Mazurka, dan Schottische. Tari Andalusan dan tari Polka digabung dengan ritmik suku Indian ((3/8, 5/8, 6/8, 9/8) dan jadilah sebuah tarian Argentina yang dikenal dengan nama Milonga. Tarian ini awalnya ditarikan oleh penari wanita Andalusan dalam bentuk tari tunggal. Tambahan langkah yang dilakukan oleh penari keturunan Afrika-Argentina pada Tari Milonga menghasilkan tari baru yang dikenal dengan nama Tango.Tari Tango berkarakter sensual dan romantis, indah, passionate, kadang berkesan melankolis, dan sedih menyayat-nyayat. Tari Tango dilakukan secara berpasangan. Gerakan tari Tango yang akan Anda pelajari terbagi atas gerakan untuk penari pria dan penari wanita.

a. Gerakan penari pria
Berikut ini gerakan penari pria dalam tari Tango.
1) Berdiri berhadapan dengan pasangan. Letakkan lengan kanan pada punggung
     bagian bawah pasangan dan tegakkan badan bagian atas.
2) Tumpukan berat badan pada kaki.
3) Gunakan tangan kanan untuk menarik pasangan Anda. Lakukan dengan santai.
4) Angkat lengan kiri Anda ke samping dengan lengan bagian atas sejajar dengan bahu.
    Tempelkan telapak tangan Anda pada telapak tangan pasangan Anda.
5) Bergeraklah bersama pasangan Anda dengan melangkahkan kaki kiri Anda
    ke depan, kemudian kaki kanan Anda juga melangkah ke depan.
6) Gerakkan kaki kiri ke samping kaki kanan sehingga berat badan Anda
    bertumpu pada kaki kanan. Anda sekarang berada pada posisi awal.
b. Gerakan penari wanita
Berikut ini gerakan penari wanita dalam tari Tango.
1) Berdiri berhadapan dengan pasangan Anda. Letakkan tangan kiri Anda pada lengan bagian
     atas pasangan Anda.
2) Tumpukan berat badan pada kaki.
3) Angkat lengan kanan ke samping dan letakkan telapak tangan Anda pada telapak tangan pasangan
4) Berdiri dengan kedua kaki berdekatan.

Tari Chacarera
Tari Chacarera merupakan tari berpasangan yang berasal dari bagian barat laut Argentina. Tarian ini berkembang pada abad 19. Tari Chacarera biasanya diiringi oleh alat musik gitar, violin, akordeon dan bombo legüero (sejenis alat musik dari daerah latin) dengan melodi berketukan 6/8 yang diikuti melodi bombo yang berketukan ¾. Tarian ini dapat ditarikan secara berpasangan atau berkelompok dengan membentuk putaran. Sekitar tahun 1850, masyarakat bagian barat laut Argentina mulai menarikan tarian ini, khususnya di Santiago del Estero. Nama tarian ini berasal dari kata Chacra yang berarti lahan pertanian. Tarian ini hidup di daerah pedesaan, tetapi lambat laun masyarakat kota pun mulai mengenalnya. Pada awal abad ke-20 tarian ini mulai berkembang di Buenos Aires, tetapi dalam perkembangannya masih kalah oleh tari Tango. Baru pada tahun 1960- an tarian ini mulai populer dan mulai dikenal di berbagai kota, bahkan di luar Argentina, seperti di Bolivia.

;
sebutkan contoh tari dari amerika? 4.5 5 tati Sunday, September 28, 2014 Tari Tango Buenos Aires (Argentina) ditemukan oleh tim ekspedisi Spanyol pada tahun 1536. Kemudian pada tahun 1580, mulai berdatangan imigra...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.