Apa saja Upaya Manusia dalam Konservasi Air?

 on Sunday, September 28, 2014  

Konservasi air merupakan upaya untuk melakukan pemrosesan air sehingga diperoleh air yang memenuhi syarat sebagai air bersih dan sehat dari segi
a. Jumlah atau kuantitas air bersih yang di perlukan.
b. Kualitas, memenuhi syarat kesehatan yang higienis
c. Efek pada konservasi lain yang saling menunjang
Dari segi jumlah, seperti telah diungkapkan di depan pemrosesan
memerlukan waktu yang panjang dan dana yang besar. Namun hal ini tetap perlu dilanjutkan dalam usaha memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat banyak. Lebih-lebih dengan perkembangan pemukiman dan industri yang memerlukan jumlah air banyak, maka diperlukan pemikiran dalam hal:
a. Upaya mengurangi kehilangan air di tempat penyimpanan atau penampungan serta
    saat didistribusikan.
b. Mengusahakan jumlah air sebanyak yang dibutuhkan masyarakat dengan menghilangkan
    mineral dan garam-garam yang terlarut dalam air.
c. Meniadakan air yang terbuang sia-sia akibat pengelolaan yang tidak baik.
d. Memperhitungkan kebutuhan air tawar dan penyediaan secara cermat, tujuannya agar
    biaya konsumsi dan biaya produksi seimbang.

Upaya Memperoleh Kualitas air tawar
Berbagai gejala yang memungkinkan air tawar tercemar antara lain lewat abrasi laut. Akibatnya air sumur tercemar oleh air laut. Hal ini perlu mendapatkan pemecahan. Salah satu cara adalah mengupayakan penampungan air hujan ke dalam tanah secara langsung, sehingga air hujan langsung masuk ke dalam tanah lewat resapan-resapan yang dibuat oleh masing-masing rumah tangga. Upaya menghindari pemcemaran air yang berupa limbah rumah tangga dan industri, hal yang perlu dilakukan adalah melakukan proses ulang limbah padat, cair dan gas sebelum dibuang ke daerah aliran sungai. Di samping itu pengambilan air tanah perlu mempertimbangkan berbagai aspek kualitas dan kuantitas; khususnya kualitas air minum. Pencemaran air dapat memberi akibat kurang menguntungkan bahkan berakibat buruk bagi hidup dan kehidupan manusia.

Konservasi Mineral
Meskipun mineral di dalam bumi tak dapat dieksploitasi secara terus menerus untuk menghasilkan devisa Negara, namun ada beberapa usaha yang perlu dilakukan untuk konservasi mineral ini. Usaha konservasi mineral untuk mencukupi kebutuhan hidup dan kehidupan manusia di muka bumi ini yang paling penting adalah upaya peningkatan sumber daya manusia dalam mengeksploitasi sumber daya alam tersebut. Hal yang perlu dilakukan antara lain peningkatan pengetahuan, keterampilan dalam teknik eksplorasi. Tujuannya adalah agar semua kekayaan alam dapat digali secara cermat dan tahan lama. Di samping itu perlu pula ditingkatkan efisiensi dalam proses penambangan dan pengolahan hasil tambang serta perhitungan ekonomis dalam penambangan. Hal yang tak boleh dilupakan adalah perbaikan lingkungan pada daerah eksplorasi tambang. Kerusakan sumber daya alam berkait dengan penambangan segera diperbaiki. Cara yang ditempuh adalah secara preventif mencegah gagalnya eksplorasi dan memberbaiki daerah yang rusak akibat eksplorasi. Perlu diperhitungkan pula aspek kerugian yang berkaitan dengan efek negatif terhadap sumber daya yang lain. Menggunakan kembali mineral yang sudah ditambang dan digunakan secara cermat dan sebaik-baiknya.

Salah satu masalah yang perlu menjadi pertimbangan dalam pemanfaatan mineral adalah kesangsian kita terhadap cadangan mineral di masa mendatang. Dalam jangka peendek mungkin saja kebutuhan kita terpenuhi, tetapi dalam jangka panjang tentu perlu dicermati kembali. Dalam jangka panjang mineral seperti emas, platina, batubara, uranium, perak, mercuri akan habis. Oleh sebab itu tiga hal yang perlu mendapatkan perhatian antara lain:
a. menemukan bahan pengganti akan sumber daya mineral tersebut agar dalam jangka panjang tidak memunculkan masalah yang rumit.
b. Melakukan daur ulang terhadap mineral.
c. Melakukan pelestarian sumber daya alam yang memuat mineral yang dibutuhkan. Pelestarian
    ini berkait dengan proses daur ulang dan mengganti sumber mineral alternatif yang lebih lestari.
;
Apa saja Upaya Manusia dalam Konservasi Air? 4.5 5 tati Sunday, September 28, 2014 Konservasi air merupakan upaya untuk melakukan pemrosesan air sehingga diperoleh air yang memenuhi syarat sebagai air bersih dan sehat dari ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.