bagaimana mengatur Mobilitas Pemain dalam seni pertunjukkan?

 on Sunday, September 14, 2014  

Mobilitas Pemain
Selain mengatur dan menempatkan posisi pemain di atas pentas, blocking juga mengatur mobilitas atau perpindahan pemain dari titik satu ke titik yang lain. Jika perpindahan para pemain tidak diatur dengan baik maka lalulintas pemain akan menjadi semrawut sehingga fokus pertunjukan menjadi kabur yang akibatnya makna lakon tidak sampai. Untuk menghindari hal tersebut perlu diatur mobilitas pemain dengan pertimbangan peristiwa, fokus, dinamika lakon, dan pengaturan arah  gerak.

* Peristiwa memberikan gambaran watak kejadian yang ada di atas panggung. Watak kejadian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk mengatur mobilitas pemain. Misalnya, dalam peristiwa duka, perpindahan pemain dari titik satu ke titik dilakukan dengan tenang. Pergerakan antarpemain dibatasi. Sebaliknya dalam peristiwa kekacauan, perpindahan para pemain dapat dilangsungkan dengan cepat.

* Fokus yang telah ditetapkan pada pemain tertentu dalam
situasi tertentu harus didukung oleh mobilitas pemain lainnya. Artinya, gerak, posisi, dan ekspresi pemain lain harus menguatkan gerak, posisi, dan ekspresi pemain yang menjadi fokus. Jika intensitas gerak semua pemain sama, maka fokus tidak akan tercipta dan makna adegan yang dimaksudkan melalui laku aksi pemain yang menjadi fokus menjadi kabur. Hal ini mempengaruhi dinamika lakon secara keseluruhan.

* Dinamika lakon mempengaruhi pergerakan pemain di atas pentas. Perubahan situasi dalam jalinan peristiwa lakon harus dibarengi dengan perubahan laku aksi setiap pemain yang terlibat di dalamnya. Oleh karena itu, mobilitas pemain perlu diatur dan disesuaikan dengan dinamika laku lakon di atas pentas.

* Pengaturan arah gerak ditetapkan untuk mengatur pergerakan dan perpindahan pemain secara teknis. Dengan mengatur arah gerak setiap pemain, laku aksi menjadi kelihatan kaku dan mekanis tetapi perpindahan pemain menjadi teratur sehingga setiap laku aksi dapat ditangkap oleh mata penonton.

Pengaturan mobilitas pemain seperti tersebut di atas merupakan hal penting yang harus dipahami oleh sutradara. Tidak ada artinya seorang pemain bermain dengan sangat baik jika pola gerak dan perpindahan pemain lain tidak mendukung. Dalam teater, semua pemain, semua peran memegang kedudukan yang sama karena saling mendukung untuk menciptakan harmoni lakon. Oleh karena itu, mobilitas semua pemain yang terlibat dalam pertunjukan harus diatur dengan baik sehingga makna lakon yang hendak disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penonton dan pertunjukan berjalan menarik.
;
bagaimana mengatur Mobilitas Pemain dalam seni pertunjukkan? 4.5 5 tati Sunday, September 14, 2014 Mobilitas Pemain Selain mengatur dan menempatkan posisi pemain di atas pentas, blocking juga mengatur mobilitas atau perpindahan pemain dari...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.