jelaskan Keunikan Tari Nusantara Bagian Barat?

 on Saturday, September 20, 2014  

 1. Keunikan Tari Nusantara Bagian Barat
Keunikan Tari Daerah Sumatra
Karya seni tari yang menonjol di daerah Sumatra di antaranya merupakan karya seni tari yang terdapat di daerah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Riau.

1) Nangroe Aceh Darussalam (NAD)
Keunikan tari dari NAD adalah gerakannya yang lincah, luwes, dan ringan. Tarian dari NAD pada umumnya diiringi musik yang sumbernya bisa dari alat musik (rebana) atau anggota tubuh penari, seperti petikan jemari, tepukan tangan, atau tepukan dada. Tari Saman atau Seudati adalah contoh tarian khas Aceh yang sudah sangat terkenal di Nusantara bahkan di dunia.

Pada tari Saman, posisi penari duduk berlutut dan berat badan tertekan pada kedua telapak kaki. Pola ruang pada tari saman terbatas pada ketinggian posisi badan, dari posisi duduk berlutut berubah ke posisi di atas lutut yang disebut berlembuku. Gerakan ini merupakan level paling tinggi. Adapun level paling rendah saat penari membungkuk ke depan 45O yang disebut tungkuk atau saat penari miring ke belakang sampai 60O yang disebut langat. Ada pula gerakan tari Saman yang disertai miring ke kiri atau ke kanan yang disebut singkeh. Selain itu, ada gerak badan dalam posisi duduk melenggang ke kanandepan atau ke kiri-belakang yang disebut lingang. Dalam tari Saman, gerakan tangan yang sangat dominan karena berfungsi sebagai gerak dan musik. Gerakan tangan dalam tari Saman antara lain sebagai berikut.
• Cerkop, yaitu gerakan kedua tangan berhimpit dan searah.
• Cilok, yaitu gerak ujung jari telunjuk seakan mengambil sebuah benda ringan seperti garam.
• Tepok, yaitu gerakan tangan yang dilakukan dalam berbagai posisi,
   misalnya horizontal atau baling-baling

Adapun gerak kepala dalam tari Saman adalah sebagai berikut.
• Anguk, yaitu gerakan kepala seperti mengangguk dalam tempo lambat sampai cepat.
• Girek, yaitu gerakan kepala berputar seperti baling-baling.
   Tari Saman dilakukan tanpa alat musik. Adapun pengiring tari Saman adalah gerakan tangan
   dan badan penari. Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan bunyi-bunyian bertempo
   sedang sampai cepat.
• Tepukan kedua belah tangan, biasanya bertempo sedang sampai cepat.
• Tepuk kedua telapak tangan ke dada, biasanya bertempo cepat.
• Tepukan sebelah telapak tangan ke dada, biasanya bertempo sedang.
• Gesekan ibu jari dengan jari tengah, biasanya bertempo sedang.
Dalam pertunjukkan tari Saman, semua gerakan tersebut digabungkan  sehingga menghasilkan tarian yang indah. Kekuatan tari Saman tidak hanya dari syair yang dilakukan saja, namun gerakan yang kompak juga menjadi nilai lebih dalam tarian ini.

2) Sumatra Utara
Gerakan ringan, lincah, energik, dan dinamis merupakan keunikan tarian dari daerah Sumatra Utara. Gerakan tersebut diwujudkan dalam bentuk lenggangan tangan dan loncatan kaki, seperti yang terdapat pada gerakan tari Serampang Dua Belas. Gerak jari-jari tangan yang turun naik, memutar, dan sedikit merunduk merupakan gerakan tari Tor-Tor. Tarian dari daerah Sumatra Utara ini, sebagian besar merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasangan.

Tari Tor-Tor adalah tarian yang gerakannya seirama dengan iringan musik (magondangi) yang dimainkan dengan alat-alat musik tradisional seperti gondang, suling, terompet batak, dan lain-lain. Menurut sejarahnya, tari Tor-Tor digunakan dalam acara ritual yang berhubungan dengan roh, dimana roh tersebut dipanggil dan “masuk” ke patung-patung batu yang merupakan simbol dari leluhur, lalu patung tersebut tersebut bergerak seperti menari akan tetapi gerakannya kaku. Gerakan tersebut meliputi gerakan kaki (jinjit-jinjit) dan gerakan tangan.

3) Sumatra Barat
Tarian dari Sumatra Barat banyak ditarikan secara berpasangan/kelompok oleh kaum pria dan wanita. Pada umumnya, tarian memiliki gerakan aktif dinamis namun tetap berada dalam alur dan tatanan yang khas. Ciri khas tarian ini terletak pada prinsip tarian yang belajar kepada alam. Oleh karena itu, dinamika gerakan tari-tari tradisi Sumatra Barat selalu merupakan perlambang dari unsur alam sehingga menjadikan gerakan tarian ini bersifat maknawi. Tarian ini banyak menggunakan gerakan tangan dengan jemari terbuka, patah-patah, dan menyiku berkesan berat penuh makna. Tarian ini pun menggunakan gerak badan yang turun-naik dan memutar. Gerak tari ini diwujudkan di antaranya dalam tari Piring, tari Payung, tari Randai, tari Pasambahan, dan tari Indang.

Tari Piring dapat dilakukan secara berpasangan/kelompok dengan ragam gerakan yang bersifat dinamis dan cepat serta diiringi oleh bunyi piring berdentik yang dibawa oleh para penari. Pada tarian ini, kedua belah tangan penari membawa piring diiringi oleh suara ansambel talempong yang dinamis. Pola lantai pada tari piring mengambil gerakan-gerakan pencak. Tari Piring menggambarkan kegembiraan, kebersamaan, kesejahteraan, dan kemakmuran rakyat Minangkabau.
;
jelaskan Keunikan Tari Nusantara Bagian Barat? 4.5 5 tati Saturday, September 20, 2014  1. Keunikan Tari Nusantara Bagian Barat Keunikan Tari Daerah Sumatra Karya seni tari yang menonjol di daerah Sumatra di antaranya merupaka...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.