Apa Pengertian Metanol

 on Wednesday, March 25, 2015  

Metanol, yang juga dikenal sebagai metilalkohol, wood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimiaCH3OH. Metanol merupakan bentuk alkohol paling sederhana. Pada "keadaan atmosfer" berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khas (berbau lebih ringan daripada etanol). Metanol digunakan sebagai bahan baku pembuatan asam asetat dengan metode karbonilasi methanol.
Metanol diproduksi secara alami oleh metabolisme anaerobik oleh bakteri. Hasil proses tersebut adalah uap metanol (dalam jumlah kecil) di udara. Setelah beberapa hari, uap metanol tersebut akan teroksidasi oleh oksigen dengan bantuan sinar matahari menjadi karbondioksida dan air.






Iodida
Peran iodida adalah hanya untuk mempromosikan konversi methanol menjadi metil iodide:
MeOH + HI  MeI + H2O
Setelah metil iodida telah terbentuk maka diteruskan ke reaktor katalis. Siklus katalitik dimulai dengan penambahan oksidatif metil iodida ke dalam [Rh(CO)2I2]- sehingga terbentuk kompleks [MeRh(CO)I3]-

Rhodium (cis−[Rh(CO)2I2]−)


Rhodium (cis−[Rh(CO)2I2]−) berperan sebagai katalis dalam proses pembuatan asam asetat dalam skala industri. Katalis ini sangat aktif sehingga akan memberikan reaksi dan distribusi produk yang baik.Struktur katalis kompleksRhodium (cis−[Rh(CO)2I2]−) dapat dilihat seperti gambar berikut:



Iridium ([Ir(CO)2I2]−)


Iridium ([Ir(CO)2I2]−) berperan sebagai katalis dalam proses pembuatan asam asetatdalam skala industri.Penggunaan iridium memungkinkan penggunaan air lebih sedikit dalamcampuran reaksi.Struktur katalis kompleksIr[(CO)2I2]– dapat dilihat seperti gambar berikut:
;
Apa Pengertian Metanol 4.5 5 tati Wednesday, March 25, 2015 Metanol, yang juga dikenal sebagai metilalkohol, wood alcohol atau spiritus, adalah senyawa kimia dengan rumus kimiaCH3OH. Metanol merupakan...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.