Apa saja faktor penting dalam Merias Korektif agar sempurna?

 on Friday, March 6, 2015  

Merias Korektif
Tata rias merupakan seni menghias wajah yang bertujuan untuk memperindah dan mempercantik penampilan wajah. Tata rias korektif yang benar akan dapat menutupi beberapa kekurangan pada wajahdan membuat penampilan wajah terlihat fresh. Untuk mewujudkan hal itu, maka penata rias perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

a. Kenali pemeran
Mengenali pemeran sebelum merias adalah langkah awal kerja penata rias korektif, sama halnya seorang dokter ketika memeriksa pasien. Langkah awal disebut diagnosis wajah calon pemeran dan hal yang perlu didiagnosis adalah jenis kulit wajah,bentuk wajah, bentuk mata, bentuk alis, bentuk hidung, bentuk bibir, bentuk dagu, warna kulit wajah, dan kelainan pada kulit wajah. Hasil diagnosis digunakan sebagai dasar untuk menentukan alat  dan bahan rias. Semakin tepat diagnosis penata rias, maka sangat membantu jenis dan alat bahan tata rias yang akan digunakan untuk meriasnya.

1) Mengenali bentuk wajah.
Bentuk wajah merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan dalam tata rias, karena setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda. Secara umum terdapat beberapa tipe bentuk wajah, dan bentuk wajah, oval dipandang sebagai bentuk wajah yang paling ideal. Tipe bentuk wajah ditentukan oleh kedudukan dan menonjolnya tulang muka. Cara menentukan bentuk wajah dapat dilakukan langkah sebagai berikut:

a) Siapkan alat pengukur (pita ukuran), ukur panjang wajah mulai batas tumbuhnya rambut di bagian dahi, sampai batas bawah dagu. Misalnya diperoleh ukuran panjang wajah 21 cm.
 
b) Ukuran panjang wajah yang telah diperoleh kemudian dibagi tiga. Misalnya panjang wajah 21 cm dibagi 3 hasilnya 7 cm.
 
c) Ukur dari bagian bawah puncak hidung sampai batas bawah dagu. Apabila ukuran tersebut jumlahnya 7 cm, maka sama seperti hasil pembagian, dan bentuk wajah ini termasuk tipe wajah oval. Jika hasil pengukuran hasilnya lebih panjang dari 7 cm, maka tipe bentuk wajah ini termasuk panjang. Sebaliknya jika ukuran lebih pendek dari 7 cm, berarti termasuk tipe wajah bentuk bulat.
 
d) Bentuk wajah persegi, bisa dilihat dari perbandingan ukuran lebar pelipis dengan lebar rahang. Jika ukurannya sama, berarti termasuk tipe wajah bentuk persegi. Lebar pelipis diukur dari pelipis kiri ke pelipis kanan, demikian pula untuk lebar rahang.
 
e) Bentuk wajah segi tiga (bentuk hati, heart) bisa dilihat dari perbandingan ukuran lebar pelipis dengan lebar rahang bentuk memanjang. Jika ukuran lebar pelipis lebih besar   dari lebar rahang, berarti termasuk tipe bentuk wajah segi tiga, sebaliknya jika lebar rahang lebih besar dari lebar pelipis, berarti termasuk tipe bentuk wajah segi tiga terbalik atau bentuk buah pear.

;
Apa saja faktor penting dalam Merias Korektif agar sempurna? 4.5 5 tati Friday, March 6, 2015 Merias Korektif Tata rias merupakan seni menghias wajah yang bertujuan untuk memperindah dan mempercantik penampilan wajah. Tata rias kor...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.