Apa saja alat--alat untuk bernyanyi dalam tubuh kita

 on Monday, March 9, 2015  

Alat-alat untuk bernyanyi dalam tubuh kita yang utama adalah:
1. Pita suara
Seperti halnya dalam memainkan instrument tiup, bibir yang tebal dan kaku tidak dapat menghasilkan suara yang baik, pita suara disini pada prinsipnya sama seperti halnya bibir. Pita suara sangat besar pengaruhnya terhadap suara yang dihasilkan. Pita suara dan tenggorokan ini harus selalu dilatih agar supaya bersifat luwes dan tidak tegang dan kaku. Hal ini dapat dilakukan dengan selalu memulai latihan bernyanyi dengan tahapan yang lembut terlebih dahulu karena bernyanyi dengan keras membuat pita suara kita menjadi tegang. Latihan dalam tahapan ini ada berbagai cara misalnya menyanyikan tangga nada atau hanya beberapa nada dengan vokal atau dengan  konsonan.

Seperti diuraikan diatas bahwa hendaknya meskipun hanya latihan teknik diharapkan tetap dalam suasana yang menyenangkan sehingga siswa tidak merasa terbebani. Karena dalam latihan ini biasanya timbul ketegangan dalam pita suara sebaiknya perlu disisipkan lagu yang sedang menjadi kegemaran dari siswa untuk menghilangkan ketegangan. Kecenderungan untuk mengangkat kepala ke atas setiap kali kita menyanyikan nada-nada yang tinggi akan membuat pita suara menjadi tegang. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kepala dalam posisi menghadap ke depan.

2. Rahang
Peranan dari bagian tubuh ini juga penting sehingga perlu dilatih agar dalam membuka dan menutup dapat lancar dan luwes. Hal ini perlu disadari oleh setiap orang yang akan latihan bernyanyi karena apabila kita akan menyanyikan nada-nada tinggi peranan rahang ini sangat dominan.

3. Ruang mulut
Sebaiknya pada waktu kita bernyanyi tidak terlalu memikirkan bagaimana bentuk wajah kita sehingga kita tidak takut dalam membuka mulut. Tetapi kita juga hendaknya dalam menggunakan bagian tubuh ini secara wajar dan tidak dibuat-buat.

4. Lidah
Alat tubuh ini sangat besar pengaruhnya terhadap pembentukanhuruf hidup selain rongga mulut kita.
;
Apa saja alat--alat untuk bernyanyi dalam tubuh kita 4.5 5 tati Monday, March 9, 2015 Alat-alat untuk bernyanyi dalam tubuh kita yang utama adalah: 1. Pita suara Seperti halnya dalam memainkan instrument tiup, bibir yang tebal...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.