Jelaskan senyawa Aldehida dan Keton?

 on Sunday, March 22, 2015  

Aldehid adalah suatu senyawa yang mengandung gugus aldehida yaitu gugus karbonil (C=O) yang terikat pada sebuah atau dua buah unsur hidrogen. Rumus umum struktur aldehid adalah R–CHO. Aldehid disintesis dari alkohol dengan cara menghilangkan satu atom hidrogen (alkohol dehidrogenatum). Aldehida mempunyai paling sedikit satu atom hidrogen yang melekat pada gugus karbonil. Gugus lainnya dapat berupa gugus hidrogen, alkil atau aril.






Ciri-ciri aldehida :
  1. Sifat-sifat kimia aldehid dan keton umumnya serupa, hanya berbeda dalam derajatnya. Aldehid dan keton dengan unsur C pendek umumnya larut dalam air.
  2. Merupakan senyawa polar dengan titik didih aldehid lebih tinggi dari senyawa non polar.
  3. Formaldehid/metanal/ H-CHO (suatu aldehid): gas yang baunya sangat menyengat (baunya tajam) merupakan satu-satunya aldehid yang berbentuk gas pada suhu kamar dan tak berwarna.
  4. Larutan formaldehid dengan pelarut air dengan konsentrasi 40% disebut dengan formalin. Penggunaan formaldehida sebagai desinfektan, mengeraskan protein (mengawetkan contoh-contoh biologik), membuat damar buatan.
  5. Akrolein/propanal/ CH2=CH-CHO merupakan suatu aldehid berbentuk cairan, baunya tajam dan sangat reaktif.


Keton adalah suatu senyawa organik yang mempunyai sebuah gugus karbonil (C=O) terikat pada dua gugus alkil, dua gugus aril atau sebuah alkil dan sebuah aril. Rumus umum struktur keton adalah (R)2-C=O atau R1-CO-R2. R pada struktur keton di atas merupakan gugus aril maupun gugus alkil.
Contoh senyawa keton: dimetil keton = aseton = (CH3)2-C=O
1) Sifat : cairan tak berwarna, mudah menguap, pelarut yang baik.
2) Penggunaan : sebagai pelarut.
Contoh lain : asetofenon = metil fenil keton
1) Sifat : berhablur, tak berwarna
2) Penggunaan:sebagai hipnotik, sebagai fenasil klorida (kloroasetofenon) dipakai sebagai gas
    air mata


Tatanama aldehida dan keton
Dalam sistem IUPAC, aldehida diberi akhiran –al (berasal dari suku pertama aldehida). Contoh-contohnya sebagai berikut.



Karena aldehida telah lama dikenal, nama-nama umum masih sering digunakan. Nama-nama tersebut dicantumkan dibawah nama IUPAC-nya. Karena nama ini sering digunakan, anda perlu juga mempelajarinya juga. Untuk aldehida yang mempunyai subtituen, penomoran rantai dimulai dari karbon aldehida sebagai mana contoh berikut :



Untuk aldehida siklik, digunakan awalan-karbaldehida. Aldehida aromatik sering mempunyai nama umum. Dalam sistem IUPAC, keton diberi akhiran-on (dari suku kata terakhir keton). Penomoran dilakukan sehingga gugus karbonil mendapat nomor kecil. Biasanya keton diberi nama dengan menambahkan kata keton setelah  nama-nama gugus alkil atau aril yang melekat pada gugus karbonil. Sama halnya dengan aldehida nama umum sering digunakan. Contohnya adalah sebagai berikut :

;
Jelaskan senyawa Aldehida dan Keton? 4.5 5 tati Sunday, March 22, 2015 Aldehid adalah suatu senyawa yang mengandung gugus aldehida yaitu gugus karbonil (C=O) yang terikat pada sebuah atau dua buah unsur hidrogen...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.