Apa saja Macam-macam Bidang Pandangan pada saat Syuting

 on Wednesday, March 11, 2015  

PAN, PANNING yaitu gerakan kamera secara horizontal (mendatar) dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari sumbu vertikalnya. Sapuan ke kanan disebut PAN RIGHT, sapuan ke kiri disebut 

PAN LEFT.
Pan right kamera bergerak memutar ke kanan
Pan left kamera bergerak memutar ke kiri

TILTING MOVEMENT adalah gerak kamera naik turun diatas sumbu horizontalnya. Gerak ke atas disebut TILT UP, gerak ke bawah disebut TILT DOWN.
Tilt up, mendongak ke atas
Tilt down, mendongak ke bawah

TRACKING MOVEMENT adalah gerak kamera yang maju, mundur, bergeser ke samping kanan atau ke samping kiri.. Gerak maju disebut TRACK IN, gerak mundur disebut TRACK BACK, gerak ke kanan TRACK RIGHT gerak ke kiri disebut TRACK LEFT. Untuk menjaga agar gerak kamera terasa lembut, kaki tripod diberi dolly yang beroda.
Dolly, Track adalah gerakan di atas tripot atau dolly mendekati atau menjauhi obyek.
Dolly in: mendekati subyek
Dolly out: menjauhi subyek

PEDESTAL, adalah gerakan kamera di atas pedestal yang bisa dinaikturunkan. Sekarang banyak digunakan Porta-Jip Traveller.
Pedestal up, kamera dinaikkan
Pedestal down, kamera diturunkan

CRAB, adalah gerakan kamera secara lateral atau menyamping berjalan sejajar dengan subyek yang sedang berjalan
Crab left, bergerak ke kiri
Crab right, bergerak ke kanan

ARC, adalah gerakan kamera memutar mengitari obyek dari kiri ke kanan atau sebaliknya

ZOOM, adalah gerakan lensa zoom mendekati atau menjauhi obyek secara optikal dengan mengubah panjang focal lensa dari sudut pandang sempit ke sudut pandang lebar atau sebaliknya.
Zoom in : mendekatkan obyek dari long shot ke close up
Zoom out : menjauhkan obyek dari close up ke long shot

TRAVELING MOVEMENT adalah gerak kamera yang mengikuti gerak obyek, bisa dengan dipanggul atau berjalan kaki atau juga dengan menggunakan kendaraan. Penggunaan gerak ini berfungsi sebagai subyektif, kamera bertindak sebagai mata pemain.

FOLLOWING MOVEMENT adalah gerak kamera yang mengikuti gerakan obyek. Kemanapun obyek bergerak kamera mengikutinya namun posisi kamera tetap pada sumbunya. Sering digunakan untuk melibatkan penonton ke dalam jalinan cerita yang disajikan (disebut kamera subyektif), penonton akan merasa selalu dekat dengan obyek dimaksud.
;
Apa saja Macam-macam Bidang Pandangan pada saat Syuting 4.5 5 tati Wednesday, March 11, 2015 PAN, PANNING yaitu gerakan kamera secara horizontal (mendatar) dari kiri ke kanan atau sebaliknya dari sumbu vertikalnya. Sapuan ke kanan d...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.