Setting Lokasi ( Blocking Area/Location Set)

 on Wednesday, March 11, 2015  

Shooting in door (syuting dalam ruangan) biasanya dilakukan untuk siaran berita, shooting green/blue screen, talk show dan lain-lain Shooting Out door (syuting di luar ruangan, tempat terbuka, area publik) biasanya dilakukan untuk acara petualangan, bencana alam, kondisi sosial masyarakat dan sebagainya.

Latihan Merekam Gambar dengan Pergerakan Zoom
Agar supaya gambar zooming yang diambil memiliki kualitas bagus diperlukan latihan. Langkah-langkah merekam gambar dengan zoom shot :
  1. Menyalakan camcorder, lalu memastikan mode camcorder berada pada “movie mode”.
  2. Berikutnya mulai melakukan perekaman. Posisi badan dan tangan telah dalam posisi yang benar dalam memegang camcorder. Menggunakan tripod merupakan jalan terbaik untuk membuat zoom shoot. Kamera dipegang dengan mantap tetapi rileks.
  3. Menekan sekali pada tombol pause dan record ditunggu selama lima detik, selanjutnya mulaui perekaman.
  4. Selanjutnya secara perlahan melakukan zoom dengan menggunakan toggle zoom. Toggle zoom ditekan kea rah kiri secara perlahan untuk melakukan Zoom In, Toggle zoom ditekan kearah kanan untuk melakukan Zoom Out.
  5. Pada posisi akhir kamera didiamkan sejenak selama lima detik. Lalu tombol Pause dan Record ditekan kembali untuk menghentikan perekaman.

Video Editing
Editing adalah suatu proses mengatur dan menyusun rangkaian shoot demi shoot menjadi satu scene, scene demi scene menjadi satu sequence, akhirnya merupakan suatu rangkaian shoot dari suatu rangkaian cerita yang utuh. Ada dua sistem pengeditan video, yaitu sistem analog dan sistem digital. Perbedaannya adalah dalam sistem analog pengeditannya dengan cara memindahkan langsung gambar dari pita video master ke pita video yang baru, dibutuhkan dua Video Cassette Recorder (VCR) yang masing-masing dihubungkan pada sebuah TV monitor. VCR pertama berfungsi sebagai sumber gambar. VCR kedua berfungsi sebagai penampung gambar sumber. VCR pertama disebut ‘SLAVE’, sedangkan VCR kedua disebut ‘MASTER’. Kalau hanya tersedia satu buah VCR untuk proses pengeditan maka camcorder dapat difungsikan sebagai ‘SLAVE’.

Pada sistem digital maka pengeditan dilakukan dengan memindahkan seluruh hasil rekaman dari pita kaset asli menjadi data digital yang disimpan dalam hard disk komputer. Pengeditan dilakukan dengan menggunakan data tersebut yang harus ditunjang oleh seperangkat komputer yang telah dilengkapi dengan piranti lunak (software) untuk pengeditan video seperti Pinnacle, Matrox, dan Adobe Premiere.

;
Setting Lokasi ( Blocking Area/Location Set) 4.5 5 tati Wednesday, March 11, 2015 Shooting in door (syuting dalam ruangan) biasanya dilakukan untuk siaran berita, shooting green/blue screen, talk show dan lain-lain Shootin...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.