Sebutkan tokoh-tokoh sketsa dari mancanegara?

 on Sunday, March 8, 2015  

Tokoh Sketsa
Yang dimaksud dengan tokoh sketsa di sini meliputi tokoh perintis dalam membuat karya sketsa, seniman yang aktif membuat dan memamerkan karya sketsa, mulai dari jaman Renaissance sampai dengan sekarang, baik dari mancanegara maupun dari Indonesia.
 
Dari mancanegara
1) Michelangelo
Michaelangelo Buonarroti atau nama lengkapnya Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni, yang kurang lebih berarti Malaikat Mikail, adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissance, lahir 6 Maret 1475 , dan meninggal 18 Februari 1564 pada umur 88 tahun, Ia terkenal karena sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Beberapa karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langitlangit Kapel Sistina.

2) Leonardo Da Vinci
Leonardo Da Vinci adalah seorang seniman yang memiliki talenta luar biasa. Dia memiliki beberapa keahlian antara lain: arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Nama ayahnya adalah Piero Fruosino di Antonio da Vinci, sedangkan nama ibunya adalah Caterina da Vinci. Leonardo memiliki postur tubuh yang ideal dengan tinggi: 1,94 m. Ia dikenal dunia sebagai seorang maestro seni lukis, dan digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai genius universal. Leonardo Da Vinci dilahirkan pada tanggal 15 April 1452, di Vinci, Italia, dan meninggal pada tanggal : 2 Mei 1519, di Amboise, Perancis. Dia hidup pada periode Renaisans Tertinggi. Beberapa karya seninya yang sangat terkenal adalah Vitruvian Man,The Last Supper, Mona Lisa. Satu di antara beberapa karya sketsanya dilakukan dengan teliti, cermat dan detil yaitu tentang gradasi dan bayangan bola.

3) Delacroix
Delacroix memiliki nama lengkap Ferdinand Victor Eugène, adalah seorang pelukis dengan aliran Romantisisme berasal dari Perancis. Delacroix dilahirkan pada tanggal 26 April 1798 dan meninggal pada tanggal 13 Agustus 1863, Dia adalah seorang seniman besar yang memulai awal karirnya sebagai pemimpin sekolah Romantic Perancis.  Karena kepiawaiannya dalam berolah seni, Delacroix dipercaya membuat ilustrasi dari berbagai karya William Shakespeare, penulis Skotlandia Walter Scott dan penulis Jerman Johann Wolfgang von Goethe . Sketsa karya Delacroik dengan judul Sketch for Attila yang dibuat dengan tinta di atas kertas menunjukkan kekuatan garis yang dibuat secara spontan, namun dapat menunjukan ketepatan proporsi, bentuk dan anatomi objek. Hal ini menunjukkan bahwa Delacroik adalah seorang seniman yang sangat mahir membuat sketsa.

4) Auguste Rodin
Aguste Rodin memiliki nama lengkap François-Auguste- René Rodin adalah pematung Perancis dan termasuk salah  satu pematung utama dalam masa modern.

Rodin lahir pada tanggal 12 November 1840 dan meninggal pada tanggal 17 November 1917 dal usia 77 tahun, Di lingkungan seni patung dia dikenal dengan Auguste Rodin Oh-GOOST Roh-DAN berasal dari bahasa Perancis bahasa Perancis yang artinya adalah pematung Perancis dan termasuk salah satu pematung utama dalam masa modern. Salah satu yang mengagumkan dari pematung ini adalah, walaupun dia dididik secara tradisional dan tidak pernah masuk di perguruan seni secara formal, namun Rodin dapat dianggap sebagai salah satu pematung modern terbesar. Patung-patung karyanya yang sangat terkenal dan abadi adalah Le Penseur (Pemikir), dan Le Baiser (Ciuman).

5) Rembrandt
Rembrandt memiliki nama lengkap Rembrandt Harmenszoon van Rijn adalah pelukis BelAnda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Lahir: 15 Juli 1606, Leiden, BelAnda. Meninggal pada tanggal 4 Oktober 1669, di Amsterdam, BelAnda. Nama istrinya Saskia van Uylenburgh (m. 1634–1642). Nama orang tuanya adalah Neeltgen Willemsdochter van Zuytbrouck, Harmen Gerritszoon van Rijn m Universitas Leiden. Salah satu karya seninya yang terkenal adalah De  Nachtwacht.

6) Vincent van Gogh
Vincent van Gogh memiliki nama lengkap Vincent Willem van Gogh adalah yang berasal dari Negara Belanda Dia adalah seorang pelukis pasca-impresionis.Van Gogh dilahirkan pada tanggal 30 Maret 1853 dan meninggal pada tanggal 29 Juli 1890. Lukisan-lukisan dan gambar-gambarnya termasuk karya seni yang terbaik, paling terkenal, dan paling mahal di dunia. Vincent Van Gogh dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa.Salah satu karya sketsanya yang terkenal h bejudul Bedroom in Arles, sketsa ini dibuat oleh Van Gogh dalam beberapa versi dan berikut adalah versi pertama yang dibuat pada tahun 1888.

7) Pablo Picasso
Pablo Picasso memiliki nama lengkap Pablo Ruiz Picasso, adalah seorang maestro seni lukis yang sangat terkenal dari Negara Spanyol. Picassco mengenyam pendidikan di Real Academia de Bellas Artes de San Fernando, aliran lukisannya adalah Kubisme. Dia dijuluki sebagai pelukis revolusioner pada abad ke 20. Pablo Picasso juga seorang jenius seni yang mahir membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Dia dilahirkan di kota Malaga, Spanyol, pada tanggal 25 Oktober 1881, dan meninggal pada tanggal 8 April 1873, di Mougins, Perancis. Banyak karya seni yang telah dihasilkannya, dua di antara  yang sangat terkenal adalah Guernica dan Les Demoiselles d’Avignon.

;
Sebutkan tokoh-tokoh sketsa dari mancanegara? 4.5 5 tati Sunday, March 8, 2015 Tokoh Sketsa Yang dimaksud dengan tokoh sketsa di sini meliputi tokoh perintis dalam membuat karya sketsa, seniman yang aktif membuat dan m...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.