Peralatan dan Fungsi Tata Suara

 on Friday, March 13, 2015  

Persyaratan bagi calon penata suara adalah harus memahami tentang jenis peralatan teknis tata suara. Peralatan tata suara antara lain adalah: microphone, audio mixer, power amplifier, audio speaker, dan peralatan pendukung lain. Pemahaman sangat penting bagi penata suara jika dihadapkan pada masalah teknis dilapangan.
 
a. Microphone
Prinsip kerja microphone adalah udara yang bergerak akan menggetarkan peralatan bagian dalam microphone. Getaran diubah menjadi sinyal elektrik dalam bentuk gelombang frekuensi. Microphone adalah alat yang dipergunakan untuk menangkap suara sebelum suara tersebut dapat diperdengarkan kembali melalui pengeras suara (loudspeaker). Dengan pengertian sempit, microphone adalah alat pengubah (tranduser) tegangan akustik menjadi getaran elektrik (listrik).

Penggunaan microphone (multi microphone) untuk
menangkap berbagai sumber suara, baik dari segi karakter, lokasi,
akustik ruangan maupun situasi. Oleh karena itu dalam penataan
tata suara memerlukan perencanaan yang baik, karena setiap
sumber suara menghendaki microphone. Dengan demikian, selain
memahami peralatan pemroses suara, penata suara harus
memahami teknik penataan suara, dan memiliki mengasah citarasa
bunyi atau suara.

1) Tipe atau jenis Microphone
Saat ini banyak tipe atau jenis microphone yang memiliki
kemampuan berbeda-beda, hal tersebut untuk memenuhi
kepuasan atau cita rasa manusia terhadap suara. Untuk
memenuhi kepuasan tersebut, maka diciptakan microphone
untuk pidato, penyanyi dan microphone untuk instrumen atau
alat musik. Setiap jenis microphone menghasilkan suara sesuai
dengan karakteristik dan spesifikasi. Salah satu unsur
keberhasilan dalam penataan suara adalah pemilihan dan
penggunaan microphone yang tepat. Tipe atau jenis microphone antara lain:

a) Dynamic Microphone 
Microphone ini menggunakan sistim kerja magnetic dan lilitan (coil). Cara kerja microphone ini adalah ketika sumber suara menggetarkan membran, maka membran akan bergetar bersama lilitan yang berada di tengah-tengah magnet permanent. Getaran lilitan yang memotong garis medan magnet mengakibatkan perubahan tegangan arus listrik (energi) pada kedua ujung kawat lilitan yang akan diteruskan kepada penguat amplifier. Besar kecilnya energi yang dihasilkan oleh lilitan tersebut sangat tergantung dari intensitas dan frekuensi suara yang membentur membran  microphone.

b) Condensor Microphone
Microphone condenser bekerja dengan perubahan reaktansi (capasitor) dan tegangan (catu daya), akibat getaran membran menimbulkan perubahan arus sesuai dengan sumber suara yang diterima oleh membran microphone. Dua lempengan logam yang dipasang saling berhadapan yang diberi catu daya memiliki sifat sebagai      capasitor (c) dan perubahan salah satu lempengan akibat getaran membran menghasilkan rektansi (Xc), karena  tegangan yang diberikan tetap maka arus yang mengalir   menghasilkan perbedaan frekuensi capasitor (Fc) sesuai     dengan kuat dan lemahnya suara yang membentur      membran microphone. Condensor microphone level output rendah dan impedansi tinggi, sehingga output frekuensi responnya terpengaruh oleh panjang kabel penghubung ke amplifier, pengoperasian microphone ini menggunakan catu daya yang cukup.

Microphone tanpa kabel (wireless mic)
Jenis microphone ini dilengkapi dengan pemancar (transmitter) dan pesawat penerima (reciever). Cara kerja microphone ini sangat tergantung pada catudaya (bateray). Kelebihan microphone ini adalah sangat nyaman karena pemakai dapat bergerak bebas tanpa terganggu kabel  microphone. Wireless microphone memiliki tiga bagian,
(1) Tranduser, berfungsi mengubah sinyal akustik menjadi sinyal elektrik.
(2) Transmitter atau unit pemancar, sinyal elektrik microphone diteruskan ke transmiter sebagi masukansinyal untuk diproses dan dipancarkan atauditransmisikan.
(3) Reciever, yaitu unit penerima pancaran sinyal. Sinyal di udara yang ditangkap oleh reciever diproses sebagaimasukan atau input audio mixer.
;
Peralatan dan Fungsi Tata Suara 4.5 5 tati Friday, March 13, 2015 Persyaratan bagi calon penata suara adalah harus memahami tentang jenis peralatan teknis tata suara. Peralatan tata suara antara lain adala...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.