Jelaskan struktur molekul Prostaglandin?

 on Tuesday, March 24, 2015  

Prostaglandin
Prostaglandin merupakan lipida yang dibangun oleh 20 atom karbon pembentuk rantai utamanya. Prostaglandin merupakan lipida yang mengandung gugus hidroksil (OH) di posisi atom C nomor 11 dan C nomor 15, dan memiliki ikatan rangkap pada atom C no 13.














Molekul prostaglandin
Prostaglandin dihasilkan oleh jaringan yang sedang terluka atau sakit yang disintesis dari asam lemak tak jenuh rantai panjang yaitu asam arakidonat. Kehadiran obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dapat menghambat proses pembentukan molekul ini. Proses pembentukan prostaglandin dari asam arakidonat, ditunjukkan oleh persamaan reaksi di bawah ini.




3). Gliserol
Gliserol merupakan senyawa alkohol yang memiliki 3 gugus hidroksil. Gliserol memiliki nama baku 1,2,3- propanatriol. Senyawa ini berwujud cair, tidak berwarna dengan titik didih 290oC. Titik didih tinggi yang dimiliki oleh senyawa dengan bobot molekul 92,09 g/mol ini disebabkan adanya ikatan hidrogen yang sangat kuat antar molekul gliserol. Gliserol merupakan bahan baku pembentuk trigliserida, yang dapat membentuk ikatan ester dengan asam lemak.



4). Trigliserida
Trigliserida merupakan lipida yang memiliki struktur ester, yang tersusun oleh tiga molekul asam lemak bebas dan satu molekul gliserol seperti yang ditunjukan pada gambar berikut.



Reaksi kimia untuk trigliserida pada prinsipnya memiliki kesamaan dengan senyawa alkena dan ester, misalnya trigliserida dapat terhidrogenasi oleh gas Hidrogen yang dikatalisis oleh logam nikel atau logam platina, reaksi untuk senyawa tersebut disajikan dalam persamaan reaksi pada gambar berikut.




Reaksi hidrolisis pada trigliserida akan menghasilkan gliserol dan asam lemak. Reaksi ini dapat berlangsung dalam suasana asam atau basa atau dapat pula dengan bantuan enzim. Reaksi hidrolisis dari trigliserida dapat dilihat pada persamaan di bawah ini




5). Wax
Wax merupakan jenis lipida yang dibentuk oleh senyawa asam lemak jenuh dengan alkohol yang memiliki rantai karbon panjang. Sehingga senyawa ini berbentuk ester. Senyawa ini dapat diamati pada daun yang mengandung lilin. Fungsi lapisan wax pada daun ini tidak lain untuk mengurangi penguapan, demikian pula yang ditemukan pada permukaan buah.



Senyawa wax yang pertama atau Besswax dapat ditemukan pada lilin, semir sepatu atau juga dimanfaatkan untuk kertas yang berlilin atau memiliki permukaan yang licin. Carnauba wax dipergunakan untuk lantai maupun peralatan kayu pelitur, sedangkan Jojoba wax dapat dipergunakan sebagai bahan kosmetika dan juga lilin.
;
Jelaskan struktur molekul Prostaglandin? 4.5 5 tati Tuesday, March 24, 2015 Prostaglandin Prostaglandin merupakan lipida yang dibangun oleh 20 atom karbon pembentuk rantai utamanya. Prostaglandin merupakan lipida yan...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.